Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 24/11/2017, 13:53 WIB
Reni Susanti

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com - Google Indonesia melansir data tiga destinasi di Indonesia yang paling banyak dicari dalam mesin pencariaan Google tahun ini. Ketiga destinasi itu yakni Jakarta, Yogyakarta, dan Bandung.

"Sedangkan tiga daerah yang tengah menjadi tren di mesin pencarian Google adalah Pangandaran, Bukittinggi, dan Brastagi," ujar Mira Sumanti, Search Marketing Manager Google Indonesia kepada Kompas.com, belum lama ini.

(Baca juga : 2018, Turis Milenial Lebih Banyak Berlibur ke Destinasi Domestik)

Mira mengatakan, data ini dikumpulkan Google selama 12 bulan terakhir. Pencarian travel di Google memang lebih rendah dibanding news dan musik. Walau pencariannya tidak terlalu sering tapi kebutuhannya tinggi.

(Baca juga : Prediksi Destinasi Favorit Backpacker Tahun 2018)

Terutama saat Ramadhan dan Tahun Baru. Seperti November ini, orang-orang sudah bersiap untuk melakukan liburan panjang. Pencarian di Google pun untuk travel mengalami peningkatan.

Mira Sumanti, Search Marketing Manager Google Indonesia menceritakan tentang sejumlah tempat yang banyak dicari orang di mesin pencari Google tahun ini.KOMPAS.COM/RENI SUSANTI Mira Sumanti, Search Marketing Manager Google Indonesia menceritakan tentang sejumlah tempat yang banyak dicari orang di mesin pencari Google tahun ini.
“Selain tiga daerah tadi, berbagai informasi yang lagi tren dicari orang adalah Padang, Bangka Belitung, dan Medan. Banyaknya daerah baru yang menjadi tren, membuat travel di Indonesia makin keren,” ungkapnya.

Karena itu pula, untuk memudahkan user Google, pihaknya mengkampanyekan #LiburanDenganGoogle, untuk membantu pengguna mengambil keputusan informatif seperti hotel, tempat atraktif, dan lainnya.

Dengan hanya satu klik, masyarakat bisa membandingkan berbagai macam harga yang ditawarkan aplikasi lain.

Misal, ketika ingin mencari hotel, pengguna tidak perlu membuka banyak aplikasi. Cukup dalam satu layar masyarakat bisa melihat perbandingan harga dari berbagai aplikasi seperti Traveloka, Agoda, Pegipegi, dan lainnya.

Sejumlah penari menampilkan tarian tradisional Karo saat berlangsung Pesta Budaya Mejuah-Juah, di Brastagi, Kabupaten Karo, Sumatra Utara, Kamis (26/10/2017). Pesta Budaya Karo yang diikuti ribuan masyarakat tersebut menampilkan tarian dan kesenian budaya suku Karo.ANTARA FOTO/SEPTIANDA PERDANA Sejumlah penari menampilkan tarian tradisional Karo saat berlangsung Pesta Budaya Mejuah-Juah, di Brastagi, Kabupaten Karo, Sumatra Utara, Kamis (26/10/2017). Pesta Budaya Karo yang diikuti ribuan masyarakat tersebut menampilkan tarian dan kesenian budaya suku Karo.
“Pengguna mesin pencari Google di Indonesia setiap tahun meningkat. Pertumbuhannya 30 persen per tahun. Mudah-mudahan inovasi kami di travel ini bisa membantu masyarakat yang ingin berlibur,” kata Mira Sumanti.

********************

Mau paket wisata gratis ke Thailand bersama 1 (satu) orang teman? Ikuti kuis kerja sama Omega Hotel Management dan Kompas.com dalam CORDELA VACATION pada link INI. Hadiah sudah termasuk tiket pesawat (PP), penginapan, dan paket tur di Bangkok.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com