Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Celebes Travel Mart 2017 Diharapkan Datangkan Wisatawan ke Sulsel

Kompas.com - 24/11/2017, 18:07 WIB
Anggita Muslimah Maulidya Prahara Senja

Penulis


MAKASSAR, KOMPAS.com – Ketua Dewan Pengurus Pusat Association of the Indonesian Tours & Travel Agencies (Asita), Asnawi Bahar, berharap adanya peningkatan jumlah wisatawan yang datang ke Sulawesi Selatan usai berlangsungnya Celebes Travel Mart 2017.

“Celebes Travel Mart (CTM) sudah beberapa kali kita laksanakan. Dari acara ini tentunya berguna untuk membangun network sesama internal industri pariwisata. Saya harap ada peningkatan wisatawan yang datang minimal 10 persen dalam satu tahun,” kata Asnawi di sela-sela Celebes Travel Mart 2017, Grand Clarion Hotel, Makassar, Sulawesi Selatan, Rabu (22/11/2017).

Adapun CTM adalah pameran wisata antar pengusaha (business to business) yang diselenggarakan di Sulawesi. Berbeda dengan CTM tahun-tahun sebelumnya, CTM 2017 ini menonjolkan seluruh destinasi wisata yang ada di Sulawesi.

Baca juga : Gorengan Hingga Es Pisang Ijo, Takjil Favorit Warga Makassar

Asnawi mengatakan untuk meningkatkan jumlah wisatawan yang datang, tentu membutuhkan sinergi dari daerah lain juga pemerintah pusat. Makassar sendiri, kata dia, merupakan pintu masuk Indonesia bagian timur sehingga dapat dibuat paket-paket wisata yang menarik.

“Harus memiliki target yang jelas, agen perjalanan juga harus lebih profesional, dan destinasi wisata di-branding lagi. Kemudian juga akses destinasi menjadi penting buat kita. Maka harus ada sinergitas,” kata dia.

Baca juga : Kuliner Wajib di Makassar Tak Hanya Coto dan Palubasa!

Ketua Asita Sulawesi Selatan, Didi Leonardo Manaba mengatakan tahun ini CTM fokus untuk menjual pariwisata yang ada di Sulawesi. Hal ini juga bisa menguntungkan untuk Sulawesi Selatan khususnya Makassar sebagai pintu masuk Indonesia bagian timur.

“Semua yang ada di Sulawesi ini harus dijual. Kita main gate wilayah (Indonesia bagian) timur. Waktunya kita fokus menjual Sulawesi,” kata Didi.

Dalam acara CTM 2017 ada sekitar 75 pembeli dan penjual paket wisata yang ada di Sulawesi, Mulai dari hotel, agen perjalanan, maupun booth destinasi pariwisata seperti Indonesia, Malaysia, Singapura, dan China. Paket wisata yang ditawarkan sendiri beragam, mulai dari wisata gunung, sejarah, budaya, hingga kuliner.

********************

Mau paket wisata gratis ke Thailand bersama 1 (satu) orang teman? Ikuti kuis kerja sama Omega Hotel Management dan Kompas.com dalam CORDELA VACATION pada link INI. Hadiah sudah termasuk tiket pesawat (PP), penginapan, dan paket tur di Bangkok.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com