Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gelato Rasa Bandrek hingga Nasi Uduk Pandan di SIAL Interfood 2017

Kompas.com - 24/11/2017, 20:05 WIB
Muhammad Irzal Adiakurnia

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kompetisi gelato pertama di Indonesia hadir dalam pameran makanan dan minuman terbesar Indonesia, SIAL Interfood. Pameran ini digelar pada 22-25 November 2017 di JIExpo Kemayoran, Jakarta.

"Cukup seru walaupun kita adakan pertama kali di Indoesia, varian menunya beragam," ujar Albert dari gerai gelato asal Italia yakni Montebianco selaku penyelenggara kompetisi.

Lomba tersebut diikuti oleh puluhan pendaftar. Namun hanya 12 peserta yang bisa tampil dalam rangkaian acara SIAL Interfood. Semua kontestan diminta menyajikan dua ragam gelato saat babak penyisihan.

Baca juga : Bingung Bedakan Es Krim, Gelato, dan Sorbet?

Tak disangka, banyak ragam sajian gelato yang unik dan cukup menginspirasi juri. Salah satu juri, Chef Ragil Imam Wibowo, mengatakan sajian gelato dengan rasa Indonesia yang disajikan cukup unik.

"Variatif rasanya, terutama yang varian Indonesia yah, ada Bandrek Gelato, Nasi Uduk Pandan Gelato, ada Salted Egg Gelato juga. Unik, kita lihat saja nanti hasilnya," ujar chef Ragil yang juga menekuni varian gelato citarasa Indonesia kepada KompasTravel, Kamis (23/11/2017).

Mesin gelato dari Italia,  yang digunakan Angelica, saat lomba gelato pertama di Indonesia dalam acara SIAL Interfood, Kamis (23/11/2017).KOMPAS.COM / MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIA Mesin gelato dari Italia, yang digunakan Angelica, saat lomba gelato pertama di Indonesia dalam acara SIAL Interfood, Kamis (23/11/2017).
Hingga hari ke dua saat KompasTravel berkunjung, ragam gelato yang telah dibuat peserta antara lain Bandrek Gelato, Nasi Uduk Pandan Gelato, Salted Egg Gelato, Chocolate Velvet Gelato, Beef Bacon Gelato, Rujak Aceh Sorbetto, dan masih banyak lagi.

Selama acara, ragam gelato buatan para peserta yang telah dibuat disajikan pada pengunjung. Pengunjung yang ingin mencoba dipersilahkan untuk membelinya dengan harga Rp 50.000 untuk lima cup.

Pengunjung bisa langsung menilai dan memberikan dukungan pada tembok score peserta. Pengunjung tinggal menempelkan sticker poin pada tiga gelato yang dirasa paling mereka suka.

Baca juga : Tips Memilih Gelato

Tembok scoring tersebut jadi bahan penilaian tambahan untuk para juri yang menilai kompetisi gelato ini. Selain Chef Ragil, juri lainnya ialah Roberto Geraci yang merupakan konsultan gelato yang datang langsung dari Italia.

Kompetisi ini berlangsung selama SIAL Interfood diselenggarakan, mulai tanggal 22-24 November 2017 untuk babak penyisihan. Pada 25 November, akan ada babak penentuan juara satu sampai tiga.

"Kesulitannya mengoperasikan mesin tipe baru yang belum pernah sebelumnya. Untungnya tapi ada asisten dari panitia, jadi terbantu," ucap Angela (20), salah satu peserta lomba.

********************

Mau paket wisata gratis ke Thailand bersama 1 (satu) orang teman? Ikuti kuis kerja sama Omega Hotel Management dan Kompas.com dalam CORDELA VACATION pada link INI. Hadiah sudah termasuk tiket pesawat (PP), penginapan, dan paket tur di Bangkok.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com