Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Tertipu, Ini Ciri Gelato yang Nikmat dan Lezat

Kompas.com - 25/11/2017, 13:07 WIB
Muhammad Irzal Adiakurnia

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Gelato, merupakan salah satu hidangan dingin yang hampir mirip dengan es krim. Hidangan premium ini kini banyak ditiru dengan pencampuran yang salah, agar lebih murah produksinya.

Gelato dan es krim memang memiliki tampilan yang amat mirip. Sedangkan dari segi bisnis, es krim lebih menguntungkan dibanding gelato, karena dengan bahan yang sama, es krim akan mengasilkan dua sampai tiga kali lipat lebih banyak dari gelato.

Oleh karenanya, Anda jangan sampai tertipu saat membeli gelato. Harganya yang lebih mahal dari es krim, mengharuskan Anda lebih cermat dalam memilih gelato mana yang baik.

Para artisan ahli gelato di SIAL Interfood, berbagi tips kepada KompasTravel, bagaimana cara menilai gelato? Bagaimanakah ciri gelato yang bagus dan lezat?

Berikut tips yang dirangkum KompasTravel saat sesi Gelato Competition di SIAL Interfood, Kamis (23/11/2017).

Waffle dengan gelato di atasnya. Kompas.com/Ersianty Wardhani Waffle dengan gelato di atasnya.

1. Lihat Warnanya

Selain kadar lemak yang lebih sedikit dari es krim, gelato juga lebih sedikit mengandung udara. Penyelenggara kompetisi gelato dari Montebianco, Italia, Albert menyebutkan udara dalam gelato hanya 30 persennya dari yang terkandung dalam es krim.

"Udara tersebut masuk dalam partikel es, saat dalam mesin, sehingga mengembang. Namun, es krim mengembang dua-tiga kali lebih besar dari gelato," ujar chef Ragil Imam Wibowo, salah satu chef yang juga peggiat gelato citarasa Indonesia.

Oleh karenanya, gelato akan lebih padat dan warnanya solid. Sedangkan es krim akan lebih bercahaya, karena kadar udara dan airnya lebih banyak dari gelato.

2. Rasa Buah atau Campurannya Sangat Terasa

Gelato yang baik ialah yang sangat terasa campurannya. Semisal gelato rujak, maka harus amat terasa rujaknya, begitupun dengan campuran buah atau makanan lainnya.

Ada oknum yang menyiasati rasa tersebut dengan bubuk rasa, atau hanya ekstraknya saja. Namun, menurut Albert, akan sangat mudah dibedakan saat menikmatinya.

"Gelato yang alami menghasilkan rasa yang alami juga, tidak kimia. Kalau Anda coba gelato dengan rasa mangga campur pisang, maka yang terasa harus mangga dan pisang, bukan rasa aneh campuran keduanya," ujar Albert, penyelenggara kompetisi gelato kepada KompasTravel.

Gelato Stracciatella dan Limone Sorbets dalam satu cup.KOMPAS.COM/JONATHAN ADRIAN Gelato Stracciatella dan Limone Sorbets dalam satu cup.

3. Gelato Tidak Mudah Meleleh

Lebih sedikitnya unsur lemak dan air, juga partikel es yang amat kecil ternyata membuat gelato harusnya tak mudah mencair.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com