Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 25/11/2017, 16:37 WIB
Muhammad Irzal Adiakurnia

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Musim durian telah tiba, di tahun ini panen durian di beberapa daerah lebih awal dari dua tahun kemarin. Berbagai daerah pemasok durian mulai Medan, Bogor, Semarang, Pati, Magelang, hingga Jawa Timur mulai bersiap panen raya.

Jika tahun kemarin, panen durian terjadi di awal tahun, bahkan ada yang gagal panen seperti di Semarang, Banjarnegara, dan DIY. Kini di bulan November 2017, beberapa petani durian menghubungi KompasTravel, bahwa duriannya sudah siap panen.

"Ini sudah banyak mas, malah mulai menipis panennya. Mungkin sampai bulan Januari, masih ada," ujar Waluyo, salah satu petani durian di Gunung Pati, Semarang kepada KompasTravel,  Senin (13/11/2017).

(Baca juga : Sebaiknya Anda Tahu, Ini Etika Para Penjual Durian!)

Durian yang sudah siap panen dari Gunung Pati sendiri, ialah durian monti (montong unung pati), dan durian daut yang terkenal dengan manis tebal dengan warna kuning keputihan.

Sementara itu, salah satu petani yang pernah menyabet gelar juara durian dengan durian kumbokarnonya, Giyanto mengatakan kebunnya sudah mulai panen. Kebun durian kumbokarnonya berada di Desa Candimulyo, Magelang.

Durian kumbokarno berasal dari Magelang, tepatnya Desa Candi Mulyo. KOMPAS.com/Muhammad Irzal Adiakurnia Durian kumbokarno berasal dari Magelang, tepatnya Desa Candi Mulyo.
"Sudah mulai panen mas, tapi unggulannya belum keluar nih. Desember mungkin," tuturnya dalam pesan singkat pada KompasTravel, Rabu (15/11/2017).

(Baca juga : Ini Untung-Rugi jika Menikmati Durian Kupas)

Sedangkan di Pandeglang, Banten yang tahun 2016 menyabet juara umum di beberapa kompetisi durian unggul juga sudah mulai panen, meski kuota belum mencapai puncaknya.

"Sudah bisa pesan mas, sudah banyak yang beli satu pohon. Tapi kalau buat panen raya belum cukup, nanti harus disiapkan dulu pohon-pohon juaranya," terang Hamid, salah satu petani durian Si Wong di Pandeglang, Banten pada KompasTravel, Jumat (24/11/2017).

Bagi yang ingin memesan langsung dari pohonnya, lebih baik memesan jauh-jauh hari sebelum kedatangan Anda. Waluyo dari kebun durian Watusimbar, Gunung Pati, mengatakan harus konfirmasi lewat telpon minimal dua hari sebelum kedatangan.

Keistimewaan datang langsung ke kebunnya, tentunya Anda akan mendapat harga yang lebih murah dari festival atau super market. Anda juga bisa berbincang langsung mengenai durian dengan petani, dan menyantapnya langsung di kebunnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com