Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 26/11/2017, 07:06 WIB
Muhammad Irzal Adiakurnia

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Rasa buah pada gelato harus lebih kuat dibanding es krim. Oleh karena itu penggunaan buah dalam gelato perlu trik khusus.

"Dalam buah itu ada rasa asli, gula, dan lemak. Itu yang disesuaikan dengan bahan lain pada gelato," ujar chef Ragil Imam Santoso, salah satu penggiat gelato cita rasa Indonesia saat Gelato Competition di SIAL Interfood, Jakarta, Kamis (23/11/2017).

Baca juga : Gelato Rasa Bandrek hingga Nasi Uduk Pandan di SIAL Interfood 2017

Chef Ragil mengatakan untuk rasa yang kuat, sebaiknya Anda menggunakan buah yang sudah hampir busuk atau sangat matang. Ia lebih suka menyebutnya dengan "buah yang satu hari lagi busuk."

"Untuk tahu buah ini kapan waktu terbaiknya sebelum busuk, memang harus sering digunakan. Nanti tahu waktu presisinya buah ini busuk," terangnya.

Mesin gelato dari Italia,  yang digunakan Angelica, saat lomba gelato pertama di Indonesia dalam acara SIAL Interfood, Kamis (23/11/2017).KOMPAS.COM / MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIA Mesin gelato dari Italia, yang digunakan Angelica, saat lomba gelato pertama di Indonesia dalam acara SIAL Interfood, Kamis (23/11/2017).
Tak ada waktu pasti soal usia buah. Jam terbang pemakaian buah tersebutlah yang mengasah kepekaan sang artisan gelato.

Buah yang sangat matang digunakan karena memiliki kadar gula yang cukup tinggi. Sehingga Anda tak perlu lagi menambahkan gula ke dalam bahan gelato. Cukup gula alami buah.

Baca juga : Ternyata Ini Standar Membuat Gelato yang Nikmat di Italia

Selain rasa, buah juga berkaitan erat dengan lemak pada gelato. Lemak dalam gelato tak hanya berasal dari susu dan kuning telur. Namun juga buah yang menjadi campurannya.

Jika buah sudah mengandung banyak lemak seperti alpukat dan durian, maka lemak tambahan tak diperlukan lagi.

********************

Mau paket wisata gratis ke Thailand bersama 1 (satu) orang teman? Ikuti kuis kerja sama Omega Hotel Management dan Kompas.com dalam CORDELA VACATION pada link INI. Hadiah sudah termasuk tiket pesawat (PP), penginapan, dan paket tur di Bangkok.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com