Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 26/11/2017, 20:06 WIB
Anggita Muslimah Maulidya Prahara Senja

Penulis

MAKASSAR, KOMPAS.comSulawesi Selatan adalah salah satu provinsi yang memiliki keindahan alam melimpah. Apalagi, Kota Makassar menjadi hub untuk menuju ke Indonesia bagian timur. 

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Sulawesi Selatan, Musaffar Syah, mengatakan ada tiga destinasi wisata yang diunggulkan di sana. Yaitu Toraja, Bulukumba, dan Rammang-Rammang.

“Sulawesi Selatan itu indah. Ada Toraja negeri di atas awan, Bulukumba pantai dengan pasir putih yang halus, dan Rammang-rammang yang sebentar lagi ditetapkan menjadi geopark taman nasional,” kata Musaffar saat ditemui KompasTravel beberapa waktu lalu di Makassar.

Baca juga : 4 Destinasi yang Wajib Dikunjungi di Sinjai, Sulawesi Selatan

Musaffar mengatakan ketiga destinasi wisata tersebut sudah bisa mewakili Sulawesi Selatan dari keindahan laut, pegunungan, hingga peninggalan sejarah purbakala. Namun Musaffar menegaskan masih banyak obyek wisata lain yang ditawarkan.

Toraja

Menurut Musaffar, di Toraja banyak obyek wisata yang dapat dinikmati. Salah satunya adalah negeri di atas awan tepatnya di Lolai, Kecamatan Kapalapitu, Toraja Utara. Ketinggiannya sekitar 1.400 meter di atas permukaan laut. Pada malam hari hingga pukul 10.00 pagi, wisatawan seakan berada di atas awan.

Kuburan batu yang diperkirakan berusia ratusan tahun di Kete Kesu, Kabupaten Toraja Utara, Sulawesi Selatan, Senin (17/11/2014).KOMPAS.COM/I MADE ASDHIANA Kuburan batu yang diperkirakan berusia ratusan tahun di Kete Kesu, Kabupaten Toraja Utara, Sulawesi Selatan, Senin (17/11/2014).

Toraja merupakan penghasil kopi yang kini sudah dikenal di nusantara maupun mancanegara. Kata Musaffar, di sana wisatawan dapat merasakan nikmatnya kopi tersebut.

Toraja juga masih kental dengan adat istiadatnya, salah satunya upacara kematian yang tidak ada di daerah lain.

Bulukumba

Nah, ini adalah salah satu destinasi yang harus dikunjungi di Sulawesi Selatan. Di sana para wisatawan dapat menikmati indahnya pantai dan pasir putih. Beberapa obyek wisata yang bisa dikunjungi antara lain Pantai Apparalang, Pantai Bara, Pantai Bira, dan Pulau Kambing.

Destinasi wisata Pantai Tanjung Bira yang terletak Bonto Bahari, Bulukumba, Sulawesi Selatan. Destinasi wisata Pantai Tanjung Bira yang terletak Bonto Bahari, Bulukumba, Sulawesi Selatan.

Bagi wisatawan yang lebih senang dengan wisata laut, maka bisa berkunjung ke beberapa obyek wisata tersebut. Sebab atraksi lainnya juga Anda bisa snorkeling di sekitar Pulau Kambing untuk melihat indahnya pesona dalam laut.

Rammang-rammang

Destinasi ini terletak di Dusun Rammang-Rammang, Desa Salenrang, Kecamatan Bontoa, Kabupaten Maros, Provinsi Sulawesi Selatan. Di sana terdapat barisan pegunungan kapur. Musaffar mengatakan karst di Rammang-rammang adalah nomor satu terbesar di dunia. Di sana juga terdapat situs-situs bukti sejarah dari manusia purba.

Selain pegunungan kapur, terdapat pula sebuah telaga yang berada antara bebatuan besar dan menjadi tempat berkumpulnya air dari pegunungan.

********************

Mau paket wisata gratis ke Thailand bersama 1 (satu) orang teman? Ikuti kuis kerja sama Omega Hotel Management dan Kompas.com dalam CORDELA VACATION pada link INI. Hadiah sudah termasuk tiket pesawat (PP), penginapan, dan paket tur di Bangkok.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com