Liburan ke London, Jangan Lupa Kunjungi Destinasi Gratis Ini! - Kompas.com
BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan British Embassy

Liburan ke London, Jangan Lupa Kunjungi Destinasi Gratis Ini!

Alek Kurniawan
Kompas.com - 28/11/2017, 17:35 WIB
Suasana magis kota London di waktu senja.British Embassy Suasana magis kota London di waktu senja.

KOMPAS.comLondon adalah salah satu kota di dunia yang menawarkan ragam wisata gratis yang dapat dinikmati pelancong.

Dengan begitu, tak hanya orang yang berkantong tebal saja yang bisa liburan ke London. Pelancong dengan bujet rendah pun dapat menjelajah ibu kota Inggris ini.

Banyaknya pilihan destinasi wisata gratis di London merupakan satu dari banyaknya faktor yang membuat kota ini ramah bagi turis.

Mengutip visitlondon.com, Kamis (9/11/2017), destinasi gratis di London yang paling diburu adalah galeri dan museum. Saat ini, London memang mempunyai 250 galeri atau museum dan 24 di antaranya bisa dikunjungi secara gratis.

Selain dapat belajar tentang sejarah, berkunjung ke galeri dan museum pengunjung juga bisa melihat berbagai karya seni indah yang telah diciptakan oleh seniman ternama dunia.

Penasaran untuk berkunjung? Berikut ini Kompas.com rangkumkan beberapa tempat yang bisa Anda kunjungi tanpa harus merogoh kocek.

1. British Museum

British Museum merupakan salah satu museum yang paling banyak dikunjungi oleh wisatawan dan warga London. Hampir sekitar 6 juta pengunjung datang ke museum ini setiap tahunnya.

British Museum sendiri didirikan pada 1753 dan merupakan museum publik nasional pertama di dunia. Sejak kali pertama didirikan sampai sekarang, museum ini menggratiskan semua pengunjung yang datang.

Beragam koleksi antik mulai dari awal mula peradaban manusia purba sampai peninggalan kerajaan pada abad ke-20 terpajang lengkap di museum ini. Selain itu, Anda juga bisa menyaksikan berbagai pameran dengan tema dan seni tertentu setiap harinya.

2. Museum of London

Ingin mengetahui tentang sejarah awal kota London? Maka kunjungilah Museum of London. Museum yang berlokasi di 150 London Wall ini menghadirkan koleksi bersejarah ibu kota Inggris mulai dari zaman pra-sejarah sampai masa kini.

Salah satu sudut di Museum of London.museumoflondon.org.uk Salah satu sudut di Museum of London.

Koleksi seperti ribuan kerangka manusia, mulai dari zaman Romawi hingga abad pertengahan, bisa Anda temui di sini.

Kehidupan warga London pada zaman dahulu pun bisa Anda rasakan dengan hadirnya tembok bekas benteng London yang bergaya arsitektur Romawi, abad pertengahan, dan zaman Victoria.

3. National Gallery

Tertelak di jantung kota London di kawasan Trafalgar Square, terdapat bangunan kokoh dengan pilar-pilar besarnya. Bangunan tersebut merupakan National Gallery yang telah berdiri sejak 1824.

Berbeda dengan kedua museum di atas, museum ini memamerkan karya seni lukis dari para pelukis ternama dunia. Jadi, bagi Anda yang menyukai karya seni lukis, berkunjung ke National Gallery merupakan agenda wajib bila berlibur ke London.

 Pengunjung menikmati karya seni lukisan di National Gallery London.visitlondon.com Pengunjung menikmati karya seni lukisan di National Gallery London.

Terlebih, pengunjung yang datang ke museum ini tidak dikenakan biaya tiket masuk.

Dari 2.300 karya seni yang dipamerkan, salah satunya merupakan karya dari pelukis terkenal Belanda, Vincent van Gogh, dengan karya “Sunflowers”-nya.

Museum ini buka setiap hari, termasuk akhir pekan dan hari libur. Namun, patut diperhatikan bahwa museum ini akan tutup pada Natal dan tahun baru.

4. Tate Modern

Bila National Gallery lebih memamerkan karya abad pertengahan, maka Tate Modern merupakan galeri yang menghadirkan berbagai karya seni modern dan seni kontemporer dari 1900 hingga saat ini.

Berbagai karya seni dari seniman terkenal, seperti Picasso dan Andy Warhol, terdapat di galeri yang berlokasi di Bankside London. Terdapat juga berbagai pameran yang diadakan setiap harinya dengan tema-tema tertentu.

5. Victoria and Albert Museum

Di pintu utama V&A Museum, pengunjung langsung disuguhi karya seni yang menawan.visitlondon.com Di pintu utama V&A Museum, pengunjung langsung disuguhi karya seni yang menawan.

Victoria and Albert Museum lebih populer dengan sebutan V&A. Dibangun pada 1899, peletakan batu pertama pada pembangunan museum ini dilakukan oleh Ratu Victoria. Sejak dibangun sampai sekarang, museum V&A merupakan salah satu museum termegah di dunia dengan ragam koleksinya.

Terdapat sekitar 150 galeri besar di tujuh lantai yang bisa Anda jelajah secara cuma-cuma. Koleksi seni terapan, seperti berbagai perabotan, keramik, pahatan, lukisan, poster, perhiasan, logam, kaca, tekstil, dan pakaian, bisa Anda temui di sini.

Salah satu galeri di V&A Museum tentang masa peradaban Romawi.timeout.com Salah satu galeri di V&A Museum tentang masa peradaban Romawi.

Anda bisa mengunjungi museum ini setiap harinya pukul 10.00-17.45 waktu setempat. Untuk menuju ke sini, Anda bisa menggunakan kereta subway dan turun di Stasiun South Kensington. Dari sana, Anda cukup berjalan sekitar 5 menit untuk sampai di museum termegah di Inggris.

Saatnya berlibur ke London!

Dari kelima galeri dan museum di atas, manakah yang paling ingin Anda kunjungi? Bila sudah menentukannya, maka segeralah atur perjalanan Anda untuk berlibur ke London.

Langkah berikutnya yang bisa Anda tempuh adalah membuat visa Inggris. Dilansir dari situs resmi UK Visas and Immigration, saat ini membuat visa Inggris terbilang mudah dengan 3 langkah yang bisa Anda coba.

Pertama check, yakni memeriksa segala berkas yang dibutuhkan secara online. Kedua adalah apply, yakni setelah beres mengisi formulir aplikasi secara online, Anda bisa langsung membuat janji dan membayar biaya secara online pula.

Ketiga, sesuaikan visa dengan kebutuhan Anda. Dalam hal ini, terdapat servis pembuatan visa secara kilat, yakni 3-5 hari pembuatan. Jadi, Anda bisa menyesuaikan servis dengan kebutuhan Anda.

Untuk informasi secara lengkap mengenai visa Inggris, Anda bisa langsung mengunjungi laman 123ukvisa.campaign.gov.uk.

Selamat berlibur dan selamat bersenang-senang di London!

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
PenulisAlek Kurniawan
EditorDimas Wahyu
Komentar
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM