Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yogya Terus Diguyur Hujan, Tunda Wisata Anda ke Goa Jomblang

Kompas.com - 28/11/2017, 20:05 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Salah satu destinasi wisata andalan Yogyakarta, Goa Jomblang di Kabupaten Gunungkidul, mengalami banjir. Lantaran air yang tinggi dan mengisi goa, wisata Goa Jomblang ditutup sementara sejak Selasa (28/11/2017).

"Fenomena seperti ini adalah hal yang biasa, setiap lima tahunan. Jadi untuk sementara aktivitas semua goa di Gunungkidul ditutup untuk beberapa hari, menunggu ketinggian air menurun," kata Ketua Asosiasi Wisata Goa Indonesia, Cahyo Alkantana kepada KompasTravel, Selasa (28/11/2017).

Cahyo yang juga pengelola wisata Goa Jomblang Gunungkidul memberi analogi kawasan batu gamping di Gunungkidul layaknya sebuah spons berpori yang menyerap air.

"Kawasan batu gamping itu larinya semua air itu ke goa, ada sekitar 700 goa sehingga menimbulkan efek bottleneck. Goanya penuh semua. Nanti akan surut sendiri airnya ke laut, selama curah hujan menurun," jelas Cahyo.

Baca juga : Mengunjungi Hutan Purba di Dasar Goa Jomblang

Ia mengatakan pada Selasa (28/11/2017) ketinggian air terus naik karena intensitas hujan selama dua hari yang cukup tinggi. Bahkan ada rumah penduduk di daerah Gunungkidul yang tampak tergenang air sampai setinggi atap. Menurut Cahyo, rumah penduduk tersebut berada di posisi permukaan tanah yang rendah.

Goa Jomblang di Kabupaten Gunungkidul, DIY.(BARRY KUSUMA) Goa Jomblang di Kabupaten Gunungkidul, DIY.(BARRY KUSUMA)

"Saya kira besok sudah mulai surut. Begitu intensitas air hujan menurun itu otomatis (surut). Diperkirakan tiga hari lagi, Jumat (1/12/2017) sudah normal kembali," sebut Cahyo.

Goa Jomblang merupakan salah satu destinasi wisata alam andalan di Kabupaten Gunungkidul. Baru-baru ini Goa Jomblang mendapat penghargaan Anugerah Pesona Indonesia 2017. Goa Jomblang Meraih peringkat pertama dalam kategori wisata unik terpopuler se-Nusantara merupakan satu di antara 500 gua yang ada di kawasan pengunungan karst.

Baca juga : Mau Turun ke Goa Jomblang? Ini Dia Syaratnya...

Wisatawan umumnya menuruni gua dengan Single Rope Technique (SRT), turun secara vertikal dengan bantuan tali ke dasar goa. Kemudian berpose di pancaran sinar matahari yang masuk dari atas gua.

********************

Mau paket wisata gratis ke Thailand bersama 1 (satu) orang teman? Ikuti kuis kerja sama Omega Hotel Management dan Kompas.com dalam CORDELA VACATION pada link INI. Hadiah sudah termasuk tiket pesawat (PP), penginapan, dan paket tur di Bangkok.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com