Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cuaca Jakarta Ekstrem, Yuk Cari Tempat Wisata yang Aman

Kompas.com - 29/11/2017, 06:05 WIB
Anggita Muslimah Maulidya Prahara Senja

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com – Badan Metereologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) pada Senin (27/11/2017) malam mendeteksi adanya siklon tropis yang tumbuh sangat dekat dengan pesisir selatan Pulau Jawa.

Deputi Bidang Meteorologi BMKG, Mulyono Rahadi Prabowo mengatakan siklon tropis tersebut menyebabkan perubahan cuaca di sekitar lintasannya.

“Dampak yang ditimbulkan adanya siklon tropis cempaka berupa cuaca ekstrem. Potensi hujan lebat dan angin kencang di berbagai wilayah termasuk Jakarta. Wilayah lainnya yaitu Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, dan Jawa Timur,” kata Mulyono, Selasa (28/11/2017).

Baca juga : Unik dan Wajib Coba! Ada Es Krim Pakai Cone Jagung Bakar di Jakarta

Nah, selama tiga hari mendatang, kabarnya Jakarta akan terdampak siklon tropis yang menyebabkan cuaca ekstrem. Namun jangan khawatir, ada beberapa destinasi yang cocok disambangi meski cuaca di luar tak menentu.

Monumen Nasional

Sebagai ikon Jakarta, Monumen Nasional atau Monas punya banyak tempat menarik. Anda bisa mampir ke Museum Sejarah Nasional yang berada di area dasar Tugu Monas. Museum ini berisikan wisata sejarah tentang perjuangan bangsa Indonesia mempertahankan kemerdekaan.

Kondisi Monunen Nasional Senin 20/11/2017. Setiap Senin kawasan monas ditutup untuk dilakukan perawatanKompas.com/Setyo Adi Kondisi Monunen Nasional Senin 20/11/2017. Setiap Senin kawasan monas ditutup untuk dilakukan perawatan

Selain bermain ke museum, Anda juga naik ke tugu Monas untuk melihat Jakarta dari ketinggian 115 meter. Para pengunjung dikenakan tarif masuk, yaitu Rp 20.000 untuk dewasa dan Rp 10.000 untuk anak-anak.

Galeri Nasional

Galeri Nasional cocok untuk para pecinta seni dan sejarah. Galeri yang terletak di daerah Gambir, Jakarta Pusat ini menyuguhkan pameran seni berkala seperti seni rupa dan seni lukis.

Bel kebun dan meriam yang digunakan pada masa penjajahan Belanda di Banda dipamerkan dalam Pameran bertema Banda, Warisan untuk Indonesia di Galeri Nasional, Jakarta, Sabtu (23/9/2017). Pameran ini dalam rangka memperingati 350 tahun Perjanjian Breda dan dilaksanakan pada 20 September - 4 Oktober 2017.KOMPAS.com/GARRY ANDREW LOTULUNG Bel kebun dan meriam yang digunakan pada masa penjajahan Belanda di Banda dipamerkan dalam Pameran bertema Banda, Warisan untuk Indonesia di Galeri Nasional, Jakarta, Sabtu (23/9/2017). Pameran ini dalam rangka memperingati 350 tahun Perjanjian Breda dan dilaksanakan pada 20 September - 4 Oktober 2017.

Ada pula kegiatan diskusi, workshop, performance art, juga pemutaran film/video (screening). Untuk berkunjung ke sini Anda tak perlu menyiapkan biaya masuk.

Jakarta Aquarium

Ada sekitar 600 jenis satwa laut dan ribuan ikan yang bisa Anda lihat di Jakarta Aquarium. Akuarium ini berada di pusat perbelanjaan Neo Soho lantai LG 101-LGM 101.

Chambered Nautilus disebut The Living Fossil. Fosil purba yang masih hidup di abad ini, karena telah hidup lebih dari 265 juta tahun yg lalu, sebelum adanya dinosaurus.KOMPAS.COM / MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIA Chambered Nautilus disebut The Living Fossil. Fosil purba yang masih hidup di abad ini, karena telah hidup lebih dari 265 juta tahun yg lalu, sebelum adanya dinosaurus.

Terdapat dua paket wisata, reguler seharga Rp 175.000 tanpa zona 5D Theatre, atau paket premium seharga Rp 225.000 sudah termasuk 5D Theatre. Tarif tersebut berlaku hari kerja dan akhir pekan, mulai pukul 10.00-20.00 WIB.

Ice Skating di Mal Taman Anggrek

Halaman:

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com