5 Aktivitas di Bali yang Aman untuk Wisatawan - Kompas.com

5 Aktivitas di Bali yang Aman untuk Wisatawan

Muhammad Irzal Adiakurnia
Kompas.com - 29/11/2017, 07:04 WIB
Para pembaca Kompas.com, pemenang kompetisi Take Me Anywhere, mencoba rafting di Sungai Ayung, Ubud, Gianyar, Sabtu (19/3/2016). Rafting di sungai ini salah satunya dikelola oleh Bali Adventure Tours sejak 1989. Pengarungan dilakukan sejauh 9 km selama 2 jam.KOMPAS.com / FIKRIA HIDAYAT Para pembaca Kompas.com, pemenang kompetisi Take Me Anywhere, mencoba rafting di Sungai Ayung, Ubud, Gianyar, Sabtu (19/3/2016). Rafting di sungai ini salah satunya dikelola oleh Bali Adventure Tours sejak 1989. Pengarungan dilakukan sejauh 9 km selama 2 jam.

KOMPAS.com - Bali masih tergolong aman untuk wisatawan. Anda hanya perlu menghindari Zona Perkiraan Bahaya serta seluruh area dalam radius 8-10 kilometer dari kawah Gunung Agung.

Banyak aktivitas yang masih tergolong aman untuk dilakukan turis. Berikut lima di antaranya.

1. Rafting di Sungai Ayung

Sungai Ayung yang berada di Ubud adalah salah satu lokasi rafting di Bali. Sungai ini cocok bagi para pemula yang mencoba aktivitas rafting. Arusnya tidak terlalu deras, Anda juga akan disuguhi pemandangan indah pedesaan di Ubud.

Pesepeda Bali Adventure Tours melewati kawasan Hutan Taro sesaat setelah meninggalkan titik keberangkatan di Elephant Safari Park, Desa Taro, Kecamatan Tegallalang, Kabupaten Gianyar, Bali, Sabtu (5/3/2016).Amanda Vania / KOMPAS.com Pesepeda Bali Adventure Tours melewati kawasan Hutan Taro sesaat setelah meninggalkan titik keberangkatan di Elephant Safari Park, Desa Taro, Kecamatan Tegallalang, Kabupaten Gianyar, Bali, Sabtu (5/3/2016).

2. Bersepeda dan trekking di Ubud

Bentang sawah yang luas dengan terasering hijau yang sejuk dipandang mata rasanya patut Anda rasakan. Anda bisa menikmatinya dengan cara trekking hingga bersepeda di Ubud, salah satu tempatnya adalah Bukit Campuhan atau Campuhan Ridge Walk.

Di Ubud, banyak pula operator wisata yang menyediakan aktivitas naik sepeda. Anda bisa berkeliling Ubud hingga Kintamani naik sepeda sambil menghirup udara segar.

Pedagang menata kerajinan yang dijual di Pasar Ubud, Bali, beberapa waktu lalu. Ubud, sebagai salah satu kawasan yang dikunjungi banyak wisatawan asing, menjadi tempat yang potensial untuk memasarkan aneka produk kerajinan. Selain dari Bali, kerajinan yang dipasarkan di tempat ini juga dipasok dari sejumlah daerah di Pulau Jawa.KOMPAS/HERU SRI KUMORO Pedagang menata kerajinan yang dijual di Pasar Ubud, Bali, beberapa waktu lalu. Ubud, sebagai salah satu kawasan yang dikunjungi banyak wisatawan asing, menjadi tempat yang potensial untuk memasarkan aneka produk kerajinan. Selain dari Bali, kerajinan yang dipasarkan di tempat ini juga dipasok dari sejumlah daerah di Pulau Jawa.

3. Wisata belanja di Pasar Seni Kuta dan Seminyak

Beragam suvenir mulai dari baju, kain, ukiran, dan beragam kerajinan lain khas Bali dijual di sini. Gambar dan motifnya pun amat beragam, tak semua mencirikan budaya Bali.

Lokasinya strategis dekat pusat keramaian pariwisata Bali, sehingga banyak turis asing yang tertarik membeli. Pasar ini buka dari sekitar pukul 08.00 dan tutup agak malam sekitar pukul 19.00 Wita. Letaknya dekat dengan Pantai Kuta dan Jalan Kartika Plaza.

Wisata air di Pulau Menjangan, Taman Nasional Bali Barat, Kabupaten Jembrana, Bali.KOMPAS.COM/IRA RACHMAWATI Wisata air di Pulau Menjangan, Taman Nasional Bali Barat, Kabupaten Jembrana, Bali.

4. Snorkeling di Pulau Menjangan

Pulau yang jadi salah satu destinasi snorkeling favorit di Bali ini lokasinya kini aman dari radius erupsi Gunung Agung. Terletak di kawasan Taman Nasional Bali Barat, pulau ini menyimpan banyak keindahan bawah laut.

Untuk mencapai lokasi Pulau Menjangan, Anda harus menempuh perjalanan sekitar tiga jam untuk sampai ke pelabuhan Labuan Lalang. Setelah itu baru melanjutkan dengan kapal cepat menuju Pulau Menjangan.

Kerajinan seperti patung jamur dan gajah di Pasar Seni Sukawati, Gianyar, Bali, yang diminati wisatawan.TRIBUN BALI/I PUTU DARMENDRA Kerajinan seperti patung jamur dan gajah di Pasar Seni Sukawati, Gianyar, Bali, yang diminati wisatawan.

5. Melihat proses pembuatan kerajinan lokal

Anda bisa berkunjung ke beberapa industri rumahan kecil dan berinteraksi langsung dengan warga lokal. Salah satu contohnya di Desa Batuan yang terkenal dengan kerajinan pahat batunya.

Selain itu ada Desa Celuk yang terkenal dengan perhiasan peraknya. Sedangkan kerajinan kerajinan topeng Bali yang terkenal bisa Anda lihat di Desa Mas.

Selain itu ada banyak desa lainnya di antara Sanur sampai Ubud yang memiliki produk kerajinan lokal yang unik.

********************

Mau paket wisata gratis ke Thailand bersama 1 (satu) orang teman? Ikuti kuis kerja sama Omega Hotel Management dan Kompas.com dalam CORDELA VACATION pada link INI. Hadiah sudah termasuk tiket pesawat (PP), penginapan, dan paket tur di Bangkok.

PenulisMuhammad Irzal Adiakurnia
EditorSri Anindiati Nursastri
Komentar

Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM