Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dagingnya Putih Legit dan Gurih, Ini Dia Durian Si Susu dari Bogor!

Kompas.com - 29/11/2017, 12:18 WIB
Muhammad Irzal Adiakurnia

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Musim durian tiba, saatnya berburu durian lokal yang istimewa. Lupakan dulu durian monthong thailand yang sepanjang tahun ada, ini salah satu jenis baru namanya durian Si Susu.

Tanah Rancamaya, memang jadi pusatnya berbagai jenis durian super asal Bogor, Jawa Barat. Sudah beragam jenis durian yang keluar menjadi jawara di berbagai kontes daerah maupun nasional. Seperti durian matahari, durian si mimang dan yang lainnya.

(Baca juga : Durian Lay yang Sempat Terbuang, Kini Menjadi Durian Favorit)

Salah satu unggulan baru yang diperkenalkan pada maniak durian ialah durian si susu. Jika lazimnya daging durian berwarna kuning atau orange, durian ini berwarna putih seperti susu.

Saat KompasTravel disuguhkan bentuk fisik si susu, kulit dan daging duriannya terlihat sama warna. Sehingga tak terlihat pemisah antara keduanya.

Salah satu penggemar durian si susu dalam acara Festival Wisata Durian, Minggu (25/11/2017).KOMPAS.COM / MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIA Salah satu penggemar durian si susu dalam acara Festival Wisata Durian, Minggu (25/11/2017).
"Ini unggulan baru nih, dari hari pertama festival durian banyak yang suka," ujar Asep Saepudin, salah satu penjual yang juga petani kebun durian Rancamaya, Bogor kepada KompasTravel, dalam acara Wisata Durian, Minggu (25/11/2017).

Salah satu pengunjung yang memesan durian si susu untuk kedua kali ialah Amrin (47). Ia mengaku baru pertama kali mencicipi durian si susu, dan ternyata cocok.

"Rasanya legit, selain manis tapi ada gurihnya," ujar Amrin kepada KompasTravel dalam acara yang sama.

(Baca juga : Beginilah jika Juara Durian Malaysia Ditanam di Indonesia)

Saat KompasTravel mencobanya, putihnya daging durian menempel di mulut dengan sedikit serat. Seratnya tak sekuat durian monthong alias lebih lembut.

Soal rasa, memang terasa manis yang sedang, dengan variasi rasa lain di akhir. Mungkin ini yang disebut Amrin, rasa gurih.

Mencium durian Bengkulu, di Festival Wisata Durian, mulai 20 November hingga 3 Desember 2017. 
KOMPAS.COM / MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIA Mencium durian Bengkulu, di Festival Wisata Durian, mulai 20 November hingga 3 Desember 2017.
Dalam satu hari itu, penjual asal Rancamaya, Bogor berhasil menjual durian si susu sebanyak tujuh buah.

Sayangnya durian ini belum dikembangbiakkan, sehingga buahnya masih terbatas di satu pohon dengan usia puluhan tahun. Menurut Asep, untuk sekali panen sendiri pohon tersebut baru sanggup menghasilkan sekitar 20 buah.

Bagi yang penasaran ingin mencoba, Anda bisa mengunjungi acara Wisata Durian tersebut, mulai 20 November hingga 3 Desember 2017. Juga bisa datang langsung ke Kebun Durian Ciaden, Jalan Rancamaya RT 04 RW 07, Bogor Selatan.

Harga di festival mencapai Rp 150.000 per kilogram. Dalam satu buah durian musangking ala Rancamaya ini, beratnya sekitar dua kilogram.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com