Tips Icip-icip Makanan di Festival Kuliner ala Bondan Winarno - Kompas.com

Tips Icip-icip Makanan di Festival Kuliner ala Bondan Winarno

Muhammad Irzal Adiakurnia
Kompas.com - 29/11/2017, 17:00 WIB
Suasana saat Festival Kuliner Serpong (FKS) di Summarecon Mall Serpong, Tangerang, Banten, Minggu (20/8/2017). FKS kali ini berlangsung dari 10 Agustus-10 September, mengangkat tema khas Jawa Barat dengan menyajikan hidangan otentik tanah Pasundan seperti kupat tahu, cireng, nasi jamblang, batagor, liwetan, dan masih banyak lagi.KOMPAS.com/ANDREAS LUKAS ALTOBELI Suasana saat Festival Kuliner Serpong (FKS) di Summarecon Mall Serpong, Tangerang, Banten, Minggu (20/8/2017). FKS kali ini berlangsung dari 10 Agustus-10 September, mengangkat tema khas Jawa Barat dengan menyajikan hidangan otentik tanah Pasundan seperti kupat tahu, cireng, nasi jamblang, batagor, liwetan, dan masih banyak lagi.

JAKARTA, KOMPAS.com - Presenter kuliner Bondan Haryo Winarno wafat dalam usia 67 tahun di Rumah Sakit Harapan Kita, Jakarta, Rabu (29/11/2017) pagi. Semasa hidupnya, Bondan dikenal sebagai wartawan, pengamat kuliner, dan presenter program televisi acara kuliner.

Dalam berbagai kesempatan, ia kerap bercerita tentang kuliner Indonesia dan juga menulis buku-buku tentang kuliner. Tak terkecuali tentang festival kuliner. Bondan Winarno memberikan tips untuk wisatawan yang ingin berwisata kuliner dalam festival kuliner.

(Baca juga : Jejak Buku Kuliner Karya Bondan Winarno)

Menurut sang pakar kuliner 'maknyus', sebelum mencicipi kuliner ialah know what you eat. Inti pesan tersebut terbagi dua, Anda harus tahu gizi makanannya, dan menjaga pola makannya.

“Ini agak sulit dibicarakan, tapi intinya satu, know what you eat,” kata Bondan kepada KompasTravel usai Talkshow Kuliner – Mengembalikan Citra Kuliner Nusantara ke Hotel Berbintang, Sabtu (10/10/2015).

Pahami perihal gizi dalam makanan

Memahami gizi dalam makanan yang kita makan merupakan satu hal yang amat penting menurutnya. Jika disepelekan, tak heran kini Indonesia jadi nomor empat penderita diabetes tertinggi di dunia.

Bondan menyarankan pengunjung sebelum melakukan ‘icip-icip’ di festival kuliner untuk memahami kandungan apa yang ia makan. Ia menyarankan pengunjung melakukan riset terlebih dahulu.

Minimal, Anda kenali sumber-sumber gizi di makanan seperti vitamin, karbohidrat, lemak jenuh, dan yang lainnya.

Penjual membuat serabi pada Festival Kuliner Serpong (FKS) di Summarecon Mall Serpong, Tangerang, Banten, Minggu (20/8/2017). FKS kali ini berlangsung dari 10 Agustus-10 September, mengangkat tema khas Jawa Barat dengan menyajikan hidangan otentik tanah Pasundan seperti kupat tahu, cireng, nasi jamblang, batagor, liwetan, dan masih banyak lagi.KOMPAS.com/ANDREAS LUKAS ALTOBELI Penjual membuat serabi pada Festival Kuliner Serpong (FKS) di Summarecon Mall Serpong, Tangerang, Banten, Minggu (20/8/2017). FKS kali ini berlangsung dari 10 Agustus-10 September, mengangkat tema khas Jawa Barat dengan menyajikan hidangan otentik tanah Pasundan seperti kupat tahu, cireng, nasi jamblang, batagor, liwetan, dan masih banyak lagi.
Jaga pola makan sebelum datang ke festival kuliner

Datang ke festival kuliner untuk mencicip banyak ragam makanan memang tidak salah. Namun, menurutnya itu perlu dipersiapkan sebelumnya.

Tentu dengan menjaga pola makan sebelumnya. Tidak semua makanan di makan, bahkan perlu kedisiplinan yang ketat.

(Baca juga : Ragam Olahan Nasi Maknyus ala Bondan Winarno)

“Saya misalnya, kalau di luar semua saya makan, saya tidak mau ‘jaim’ ya, tapi di rumah saya ketat sekali,” terangnya.

Bondan sendiri tidak mengonsumsi gula dan nasi putih di rumah atau dalam kesehariannya. Meski di luar ia tampak memakan dan mencoba apa saja, tapi ia mengaku tak melakukan itu setiap hari.

PenulisMuhammad Irzal Adiakurnia
EditorWahyu Adityo Prodjo
Komentar

Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM