Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yogyakarta Cuaca Ekstrem, Wisatawan Diimbau untuk Berhati-hati

Kompas.com - 30/11/2017, 13:06 WIB
Silvita Agmasari

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com — Wisatawan yang berkunjung ke kawasan Yogyakarta dan sekitarnya diimbau untuk berhati-hati terkait cuaca ekstrem. Saat ini beberapa kawasan Yogyakarta dinilai rawan banjir, longsor, dan angin kencang akibat siklon tropis Cempaka.

"Untuk sementara ini, khususnya di daerah seperti Kulon Progo ada jalan yang rusak karena longsor. Di Bantul juga ada jalan yang terkena longsoran batu tetapi sudah diatasi," kata Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Daerah Istimewa Yogyakarta, Aris Riyanto kepada KompasTravel, Kamis (30/11/2017).

Aris juga menjelaskan, destinasi wisata goa di daerah Gunung Kidul yang sempat banjir saat ini telah surut. Para pelaku wisata sedang bergotong-royong membersihkan sampah yang terbawa banjir untuk normalisasi goa. Contohnya Goa Jomblang, Goa Pindul, Goa Kalisuci, dan Goa Tanding.

"Yogya tetap aman dan tetap nyaman untuk dikunjungi, tetapi untuk kali ini lebih hati-hati. Ini (siklon tropis) Cempaka berpindah hari ini (30/11/2017), jadi nanti tinggal proses pembersihan sampah," sebut Aris.

Baca juga : Yogya Terus Diguyur Hujan, Tunda Wisata Anda ke Goa Jomblang

Akibat siklon tropis Cempaka yang melanda Yogyakarta, Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X menetapkan status siaga darurat mulai Selasa (29/11/2017) sampai akhir Januari 2018.

Tiga wilayah di Yogyakarta, yakni Kota Yogyakarta, Kabupaten Sleman, dan Kabupaten Bantul, sudah dinaikkan statusnya menjadi tanggap darurat untuk mengantisipasi bencana susulan. Sementara Kabupaten Gunung Kidul dan Kulon Progo masih siaga darurat.

"Secara situasional bilamana BMKG memberikan informasi adanya perubahan cuaca ekstrem, tidak kemungkinan dari siaga bisa ditingkatkan, tapi kami lihat. Kami evaluasi dari waktu ke waktu," ujar Plt Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DIY Krido Suprayitno di Kepatihan, Jalan Malioboro, Kota Yogyakarta, Rabu (29/11/2017).

********************

Mau paket wisata gratis ke Thailand bersama 1 (satu) orang teman? Ikuti kuis kerja sama Omega Hotel Management dan Kompas.com dalam CORDELA VACATION pada link INI. Hadiah sudah termasuk tiket pesawat (PP), penginapan, dan paket tur di Bangkok.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com