Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menikmati Pesona Natural Tasmania

Kompas.com - 01/12/2017, 08:01 WIB
Ervan Hardoko

Penulis

HOBART, KOMPAS.com - Selain dipakai sebagai nama salah satu tokoh film kartun Looney Tunes, tak banyak yang saya ketahui soal Tasmania.

Hal lain soal Tasmania yang saya ketahui yaitu sebuah pulau yang juga salah satu negara bagian Australia. Hanya itu tak lebih dan tak kurang.

Sehingga, saat KompasTravel mendapat undangan dari Tourism Tasmania dan difasilitasi Dwidaya Tour, maka cita-cita untuk melihat dengan mata kepala sendiri seperti apa Tasmania, bakal terwujud.

Dalam perjalanan ke Tasmania, jalur yang dipilih adalah terbang dari Jakarta Sydney selama kurang lebih tujuh jam, lalu disambung perjalanan ke Hobart, Tasmania selama dua jam.

(Baca juga : Meski Sedang Hamil, Wanita Ini Kelilingi Tasmania Naik Skateboard)

Meski diwarnai keterlambatan penerbangan sambungan ke Hobart, tetapi semua kelelahan sirna saat tiba di kota Hobart, ibu kota Tasmania, Kamis (30/11/2017), matahari bersinar cerah dan hangat.

Rombongan kecil kami disambut Pete, pemandu lokal dari Tourism Tasmania. Tak perlu menunggu waktu lama, Pete langsung membawa kami ke jantung kota Hobart.

Museum of Old and New Art (MONA), salah satu daya tarik wisatawan yang datang ke kota Hobart, Tasmania.Kompas.com/Ervan Hardoko Museum of Old and New Art (MONA), salah satu daya tarik wisatawan yang datang ke kota Hobart, Tasmania.
Selama perjalanan menuju pusat kota, lalu lintas dari bandara Hobart amat lengang dan lancar sehingga perjalanan menjadi menyenangkan.

Di sepanjang perjalanan itu, Pete menceritakan sekilas soal Tasmania.

"Tasmania tidak terlalu ramai, penduduk seluruh pulau ini hanya 500.000 orang dan separuhnya tinggal di kota Hobart," ujar Pete.

Faktanya, Tasmania adalah pulau terbesar ke-26 di dunia dengan luas wilayah 68.401 kilometer persegi atau kurang lebih setara dengan luas Wales di Inggris Raya.

(Baca juga : UNESCO Tolak Permintaan Australia Cabut Status Warisan Dunia Tasmania)

Tasmania dipromosikan sebagai negara bagian paling natural karena 42 persen areanya merupakan wilayah yang dilindungi, termasuk beberapa taman nasional dan situs warisan dunia.

Masih lebih alaminya Tasmania dibanding wilayah lain di Australia juga dirasakan blogger wisata, Kenny Santana.

"Tasmania ini masih lebih alami dibanding Sydney atau Melbourne. Waktu pertama kali ke sini, saya kaget karena suasananya yang masih amat nyaman," ujar Kenny yang sudah dua kali berkunjung ke Tasmania.

"Suasana di Tasmania ini seperti gabungan antara Australia dan Selandia Baru, tak heran karena letak Tasmania juga di antara Australia dan Selandia Baru," tambah dia.

Kota Hobart dilihat dari puncak Gunung Wellington.Kompas.com/Ervan Hardoko Kota Hobart dilihat dari puncak Gunung Wellington.
Lalu apa saya yang bisa disaksikan dan dilakukan di Tasmania oleh para wisatawan?

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com