Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Turis Malaysia Suka Wisata Kuliner saat Liburan ke Aceh

Kompas.com - 01/12/2017, 20:04 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Penulis

BANDA ACEH, KOMPAS.com - Turis Malaysia gemar berwisata kuliner saat liburan ke Aceh. Hal itu diakui oleh beberapa pelaku pariwisata di Aceh, seperti pengusaha kuliner dan operator perjalanan.

Pemilik sebuah warung kopi di bilangan Kota Banda Aceh, Chek Yukee (40) mengatakan berdasarkan pengamatannya, turis Malaysia suka terinspirasi memesan makanan dari rekan perjalanannya. Jika satu orang memesan sebuah makanan, maka lainnya akan turut memesan pula.

"Ada pernah 40 orang Malaysia datang. Dia (satu turis Malaysia) pesan satu, yang lain mau semua," kata Yukee kepada KompasTravel saat ditemui di warungnya, Kamis (30/11/2017).

Baca juga : Jangan Cari Warung Mi Aceh di Aceh, Kenapa?

Menurutnya, turis Malaysia gemar memakan apapun kuliner khas Aceh. Yukee menyebutkan antara lain mi Aceh, kue-kue, hingga minuman, dilahap oleh turis Malaysia.

"Saya belum pernah ditanya terkait masakan halal. Mereka biasanya langsung makan saja," ujarnya.

Pemandu wisata dari operator perjalanan "Keliling Aceh", Hasbi Azhar menambahkan, turis Malaysia biasanya menanyakan status halal bila diajak berwisata kuliner peranakan China. Hasbi mengatakan turis Malaysia pada dasarnya gemar berwisata kuliner dan belanja.

"Dia (turis Malaysia) hampir punya masakan sama seperti kami (Aceh). Sesama rumpun Melayu. Ada masakan yang gak ada (di Malaysia), dia coba makan semua," kata Hasbi kepada KompasTravel pada kesempatan yang sama.

Baca juga : Yuk Cicipi Burger Mesrah Pendopo di Aceh

Menurut Hasbi, turis Malaysia gemar mencoba makanan-makanan khas Aceh. Sepengalamannya memandu turis Malaysia, biasanya mereka suka memesan makanan-makanan khas Aceh.

"Doyan sekali mereka (turis Malaysia). Itulah mereka ciri khasnya. Semua dibilang enak," ujarnya.

Turis Malaysia sendiri merupakan salah satu penyumbang wisatawan terbanyak ke Aceh. Badan Pusat Statistik Provinsi Aceh mencatat kunjungan turis Malaysia ke Aceh pada September 2017 sebanyak 1.888 orang atau meningkat sebanyak 104 orang dibandingkan bulan sebelumnya.

********************

Mau paket wisata gratis ke Thailand bersama 1 (satu) orang teman? Ikuti kuis kerja sama Omega Hotel Management dan Kompas.com dalam CORDELA VACATION pada link INI. Hadiah sudah termasuk tiket pesawat (PP), penginapan, dan paket tur di Bangkok.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com