Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Cara yang Benar Memesan Mi Aceh di Aceh

Kompas.com - 01/12/2017, 22:06 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Penulis

BANDA ACEH, KOMPAS.com - "Mi Acehnya, satu ya," mungkin begitu kata pelanggan saat memesan kuliner khas Serambi Mekah yang populer dan tak boleh dilewatkan. Mungkin, kalimat itu bisa disebutkan bila Anda memesan di warung mi aceh di Jakarta atau di luar Aceh. Namun, bagaimana bila Anda memesan di daerah asalnya?

"Kalau ada yang tanya mi aceh di Aceh itu pasti bukan orang Aceh. itu pasti orang luar. kalau orang Aceh pesen ya mi. Tergantung mau mi apa mi goreng, mi rebus," kata pemilik sebuah warung kopi di bilangan Kota Banda Aceh, Chek Yukee saat ditemui KompasTravel, Kamis (30/11/2017) siang.

Biasanya, pelayan warung mi atau warung kopi di Aceh akan langsung menanyakan kepada pengunjung. Yukee menyebut, pelayan akan memberi tiga pilihan mi.

"Ada mi goreng, mi goreng basah, mi rebus. Mi goreng basah agak berkuah. Itu namanya mi tumis," ujarnya.

Baca juga : Jangan Cari Warung Mi Aceh di Aceh, Kenapa?

Pengunjung, menurut Yukee, tak perlu menyebutkan "mi aceh" saat memesan di warung-warung mi atau warung kopi di Aceh. Ia menganjurkan untuk langsung memesan seperti orang lokal.

"Kalau orang Aceh, pesen langsung mi. Ada juga sekarang yang suka pesen mi pakai telur goreng," tambahnya.

Pemandu wisata dari operator perjalanan "Keliling Aceh", Hasbi Azhar mengatakan biasanya di warung-warung mi atau kopi, pelayan langsung menawarkan mi. Tak ada pelayan yang menyebut "mi aceh" ketika akan mencatat pesanan.

"Kalau ada yang bilang 'bang saya pesen mie aceh' nah ini pasti tamu. Gak bisa dibantah," ujar Hasbi kepada KompasTravel sambil tertawa.

Baca juga : Rujak Unik dari Aceh, Berbahan Dasar Batok Kelapa

Penamaan mi aceh untuk warung dan hidangan biasanya digunakan di luar daerah Aceh. Penambahan nama daerah biasanya dipakai sebagai penanda asal kuliner.

Mi aceh sendiri merupakan salah satu kuliner khas yang memiliki bahan dasar mi disajikan dengan taburan acar bawang, emping, potongan mentimun serta irisan jeruk nipis.

Mi ini terkadang disajikan dengan tambahan udang, cumi, ataupun daging sapi untuk menambah cita rasanya.

Mi aceh biasanya disajikan dengan tiga cara yaitu goreng, tumis, dan rebus. Perbedaan penyajian tersebut terletak pada kuahnya.

********************

Mau paket wisata gratis ke Thailand bersama 1 (satu) orang teman? Ikuti kuis kerja sama Omega Hotel Management dan Kompas.com dalam CORDELA VACATION pada link INI. Hadiah sudah termasuk tiket pesawat (PP), penginapan, dan paket tur di Bangkok.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com