Dilarang Memotret Menara Eiffel Saat Malam, Kenapa? - Kompas.com

Dilarang Memotret Menara Eiffel Saat Malam, Kenapa?

WIENDA PUTRI NOVIANTY
Kompas.com - 04/12/2017, 13:04 WIB
Menara Eiffel, Paris, Peranciswww.shutterstock.com Menara Eiffel, Paris, Perancis

KOMPAS.com – Selain Musee du Louvre, Menara Eiffel adalah bangunan paling ikonik di Kota Paris bahkan seluruh Perancis. Wisatawan berlomba-lomba mengabadikan Menara Eiffel dari berbagai sudut, mulai dari pagi hingga malam hari.

Namun, ada baiknya Anda mengurungkan niat untuk memotret Menara Eiffel saat malam. Memotret dan mendistribusikan gambar Menara Eiffel saat malam rupanya dianggap sebagai pelanggaran hak cipta.

Dilansir dari Travel and Leisure, hal tersebut merupakan tindakan ilegal yang peraturannya tercatat dalam hukum hak cipta Uni Eropa. Memotret kerlap-kerlip Menara Eiffel saat malam juga dianggap melanggar hak cipta.

Baca juga : Warga Perancis Serbu Rendang di Pameran Gastronomi Paris

Société d'Exploitation de la Tour Eiffel (SETE) mengatakan bahwa pengunjung yang ingin memotret Menara Eiffel pada malam hari memerlukan izin dari pihak mereka. 

Lampu kerlap-kerlip yang berada di Menara Eiffel ditambahkan pada tahun 1985 dan secara teknis dimiliki oleh sang seniman, Pierre Bideau. Lampu Menara Eiffel akan berkilau dan berkedip selama lima menit setiap jam mulai sore hingga pukul 1 pagi.

Sampai saat ini memang belum ada kasus yang menyeret wisatawan terkait pemotretan Menara Eiffel pada malam hari. Namun, tak ada salahnya Anda menghindari hal tersebut agar tidak tersandung kasus di Perancis.

 ********************

Mau paket wisata gratis ke Thailand bersama 1 (satu) orang teman? Ikuti kuis kerja sama Omega Hotel Management dan Kompas.com dalam CORDELA VACATION pada link INI. Hadiah sudah termasuk tiket pesawat (PP), penginapan, dan paket tur di Bangkok.

PenulisWIENDA PUTRI NOVIANTY
EditorSri Anindiati Nursastri
Komentar

Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM