Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menyusuri Jenewa, Kota Cantik yang Menginspirasi Susi Menantang Anies-Sandi

Kompas.com - 04/12/2017, 18:03 WIB
Bambang P. Jatmiko

Penulis

KOMPAS.com - Jenewa adalah ebuah kota cantik yang terletak di pinggir Danau Geneva atau Lac Leman, Swiss.

Kota ini sangat penting bukan hanya karena kemolekannya, namun juga menjadi hub diplomatik, perdagangan, dan keuangan internasional. Danau Geneva sangatlah istimewa. Hampir seluruh nadi kehidupan Jenewa berada di sekitaran danau ini.

Di sisi sebelah barat Danau Geneva dijumpai kantor PBB dan organisasi-organisasi internasional, serta hotel-hotel mewah bersejarah. Sementara itu kantong-kantong bisnis dan perdagangan lebih banyak berada di selatan danau.

Baca juga : Pesona Danau Geneva yang Dibicarakan Menteri Susi

Berbicara mengenai perekonomian, industri jasa merupakan tulang punggung ekonomi Jenewa. Tak hanya pariwisata, industri jasa yang menopang kota ini adalah sektor keuangan. Banyak sekali private banking terkemuka dunia memilih Jenewa sebagai salah satu pusat kegiatan bisnisnya.

Selain industri jasa, ekonomi Jenewa juga digerakkan oleh industri-industri yang memroduksi perkakas dengan tingkat akurasi tinggi. Dan, salah satu industri yang menonjol dari kota ini adalah pembuatan jam tangan.

Rolex, Patek Philippe, Vacheron Constantin, dan beberapa produsen arloji kelas atas, menjadikan Jenewa sebagai kantor pusatnya.

Kantor produsen jam papan atas, Patek Philippe di Jenewa SwissKOMPAS.com/BAMBANG P. JATMIKO Kantor produsen jam papan atas, Patek Philippe di Jenewa Swiss

Pembuatan jam tangan telah menjadi tradisi di Jenewa dan Swiss pada umumya. Sehingga gerai-gerai penjualan jam dengan berbagai merek dengan mudah dijumpai di berbagai sudut kota ini.

Jenewa juga menghasilkan produk pertanian berkualitas dari para petani yang tinggal di dataran tinggi.

Baca juga : Oh, Jenewa yang Kusayang...

Mengunjungi Jenewa, bagaimanapun, menjadi pengalaman tersendiri. Mengingat kota ini sangat indah dan banyak sekali destinasi penting yang bisa dikunjungi.

Penduduk yang ramah, angka kriminalitas rendah, hingga beragamnya pilihan makanan yang berbahan dasar dairy, menjadikan traveling ke Jenewa sangat valuable.

Saya baru-baru ini berkesempatan mengunjungi Jenewa untuk mengikuti kunjungan kerja Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti ke sejumlah lembaga internasional. Berikut catatan singkatnya.

Transportasi Publik Gratis

Salah satu yang saya anggap hebat dari kota ini adalah transportasi gratis bagi wisatawan. Setiap wisatawan yang menginap di hotel atau penginapan mendapatkan kartu akses gratis ke transportasi publik dalam kota Jenewa.

Kartu akses tersebut diberikan kepada wisatawan saat check in, dan berlaku selama wisatawan menginap di hotel.

Kartu akses transportasi publik di jenewaKOMPAS.com/BAMBANG P. JATMIKO Kartu akses transportasi publik di jenewa

Transportasi yang bisa dinaiki secara gratis dengan kartu ini meliputi trem, bis kota, serta perahu di Danau Geneva. Jaringan tiga moda transportasi publik di Jenewa ini cukup luas dan menjangkau hingga ke pinggiran kota.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com