Dari Dimsum hingga Bakwan Jagung, Ini 5 Restoran Halal di Hongkong - Kompas.com

Dari Dimsum hingga Bakwan Jagung, Ini 5 Restoran Halal di Hongkong

Nabilla Tashandra
Kompas.com - 05/12/2017, 18:06 WIB
Menu dimsum di restoran Lin Heung Kui di daerah Sheung Wan, Hongkong.KOMPAS.com/NABILLA TASHANDRA Menu dimsum di restoran Lin Heung Kui di daerah Sheung Wan, Hongkong.

 

HONGKONG, KOMPAS.com - "Waktu ke Hongkong kok saya susah nemu makanan halal ya," ujar seorang teman mengomentari unggahan Instagram Story saya.

Ternyata, hingga saat ini masih banyak turis muslim, terutama muslim di Indonesia, yang masih kesulitan menemukan makanan halal di Hongkong.

Memang saat kita menginjak Hongkong, hampir setiap restoran menjual makanan dengan olahan daging babi. Restoran lainnya menjual daging ular yang juga tak tergolong makanan halal.

Baca juga : Berburu Foto-foto Instagramable di Old Town Central Hongkong

Padahal, saat ini sudah tak sulit menemukan restoran atau tempat makan halal di Hongkong. Ada panduan mencari restoran halal yang bisa dilihat dari situs resmi Hongkong Tourism Board, yaitu www.discoverhongkong.com atau mengunggah daftar restoran yang bersertifikasi halal di situs The Incorporated Trustees of the Islamic Community Fund of Hong Kong.

Namun, saat berkesempatan berkunjung ke Hongkong selama beberapa hari, saya menemukan sejumlah restoran halal. Tak hanya halal, makanan yang disediakan restoran-restoran tersebut berkualitas tinggi dan rasanya nikmat.

Berikut lima restoran halal yang bisa jadi referensi saat Anda melancong ke Hongkong.

1. Islamic Center Canteen

Dimsum menjadi salah satu menu makanan wajib saat Anda berkunjung ke Hongkong. Namun, di banyak restoran di Hongkong yang menyediakan dimsum dengan olahan daging babi.

Jangan khawatir, kantin Islamic Center bisa menjadi opsi jika Anda ingin menikmati dimsum halal. Lokasinya di Masjid Ammar and Osman Ramju Sadick Islamic Centre, Oi Kwan Road, di daerah Wan Chai.

Salah satu menu Dimsum di kantin Islamic Center, Ammar and Osman Ramju Sadick Islamic Centre, Oi Kwan Road, di daerah Wan Chai, Hongkong.KOMPAS.com/Nabilla Tashandra Salah satu menu Dimsum di kantin Islamic Center, Ammar and Osman Ramju Sadick Islamic Centre, Oi Kwan Road, di daerah Wan Chai, Hongkong.

Beberapa menu di kantin ini merupakan modifikasi olahan daging alternatif selain babi. Misalnya Steamed Beef Balls, yang biasanya menggunakan olahan daging babi di restoran lain. Namun, di kantin Islamic Center hidangan tersebut diganti dengan daging sapi.

Untuk menu dimsum, kisaran harganya antara 13 hingga 20 dolar Hongkong. Tak hanya halal dan murah meriah, Dim Sum di restoran ini juga enak banget.

2. Ma's Restaurant

Terletak di kawasan Sham Sui Po, tepatnya di Cheung Sha Wan Road, Ma's Restaurant menyediakan menu Chinese food yang sudah bersertifikasi halal.

Beberapa hidangan andalan di restoran ini adalah daging kambing goreng atau Lamb Rack Full French dan buntut sapi, Ox Tail with Spicy Sauce in Mini Hot Pot, Sour and Chili Soup (Beef) dan masih banyak lagi. Di samping makanan berat, restoran ini juga menyediakan sejumlah menu dimsum.

Sejumlah menu makanan halal di Mas Restaurant di Cheung Sa Wan Road, Sham Shui Po, Kowloon. Salah satu menu unggulan di restoran tersebut adalah Lamb Chop (tengah).KOMPAS.com/NABILLA TASHANDRA Sejumlah menu makanan halal di Mas Restaurant di Cheung Sa Wan Road, Sham Shui Po, Kowloon. Salah satu menu unggulan di restoran tersebut adalah Lamb Chop (tengah).

Harga per porsinya beragam. Misalnya untuk menu Sour and Chili Soup, Anda hanya perlu merogoh kocek sebesar 47 dolar Hongkong untuk ukuran kecil. Untuk menu sup, restoran ini memberi pilihan porsi kecil, sedang dan besar.

Tuan Ma, pemilik restoran, menyatakan bahwa restorannya menjadi rekomendasi dari hampir semua majalah kuliner terutama untuk kategori restoran halal di Hongkong.

3. Warung Malang

Rindu masakan Indonesia? Anda bisa berkunjung ke Warung Malang. Restoran yang menjual masakan Indonesia ini berlokasi di Dragon Rise Building, Pennington Street, Causeway Bay.

Mulai dari minuman, makanan ringan, hingga berat tersedia lengkap di restoran bergaya dekorasi ala warteg di Tanah Air ini.

Pemilik restoran, Katinem, menjelaskan bahwa restoran itu sudah berdiri sejak 1997 saat pertama kali dirinya tinggal di Hongkong. Beberapa hidangan menjadi favorit para pengunjung, misalnya rendang dan sate.

Nasi tempe penyet dan bakwan menjadi salam satu menu di Warung Malang, restoran makanan Indonesia yang terletak di kawasan Causeway Bay, Hongkong.KOMPAS.com/Nabilla Tashandra Nasi tempe penyet dan bakwan menjadi salam satu menu di Warung Malang, restoran makanan Indonesia yang terletak di kawasan Causeway Bay, Hongkong.

Harganya bervariasi. Sepuluh tusuk sate ayam dibandrol 120 dolar Hongkong, sedangkan sate kambing 160 dolar Hongkong. Namun, Anda bisa memilih menu lontong dengan 5 tusuk sate yang harganya 60 dolar Hongkong (sate ayam) dan 80 dolar (sate kambing).

Jika hanya ingin ngemil ringan, Warung Malang juga menyediakan aneka gorengan gurih, seperti bakwan jagung, tempe mendoan, tahu isi, bakwan sayur, dan lainnya. Bakwan jagung misalnya, harganya 7 dollar Hongkong per buah.

Karena rasa setiap menu makanannya yang sangat Indonesia, Anda bahkan bisa lupa kalau Anda masih berada di Hongkong!

4. Indonesia Restaurant

Satu lagi restoran masakan Indonesia yang halal dan bisa menjadi opsi saat Anda melancong ke Hongkong. Indonesia Restaurant berlokasi di salah satu distrik yang paling ramai di Hongkong, yakni Tsim Sha Tsui, tepatnya di Granville Road.

Beberapa hidangan yang sempat saya pesan saat berkunjung ke sana adalah sate ayam dan sapi, serta gado-gado.

Untuk setengah lusin sate ayam harganya 92 dolar Hongkong. Sedangkan sate sapi 96 dolar Hongkong. Adapun harga gado-gado 84 dolar Hongkong.

Meski satu porsi sate hanya terdiri dari enam tusuk, jangan khawatir kurang kenyang sebab Indonesia Restaurant memotong dadu satenya dengan ukuran cukup besar. Meski potongannya besar, namun teksturnya tetap empuk lho.

5. Bombay Dreams

Bombay Dreams yang terletak di Carfield Commercial Building, Wyndham Street, Central sudah mengantongi sertifikasi halal untuk restorannya.

Restoran masakan India ini memiliki konsep all you can eat yang sifatnya buffet atau prasmanan.

Salah satu menu di restoran masakan India Bombay Dreams, Kurkure Khumb atau jamur yang berisi lada dan keju.KOMPAS.com/Nabilla Tashandra Salah satu menu di restoran masakan India Bombay Dreams, Kurkure Khumb atau jamur yang berisi lada dan keju.

Beberapa menu unggulan restoran ini antara lain Kurkure Khumb (jamur yang diisi dengan lada dan keju), Murgh Tikka Methi Malai (ayam tanpa tulang), dan lainnya.

Selain tampilannya yang menarik, rasa dari masakan-masakan di Bombay Dreams juga sangat menggoyang lidah.

 ********************

Mau paket wisata gratis ke Thailand bersama 1 (satu) orang teman? Ikuti kuis kerja sama Omega Hotel Management dan Kompas.com dalam CORDELA VACATION pada link INI. Hadiah sudah termasuk tiket pesawat (PP), penginapan, dan paket tur di Bangkok.

PenulisNabilla Tashandra
EditorSri Anindiati Nursastri

Komentar

Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM