Menginap di Bali Saat Erupsi Gunung Agung, Seperti Apa Rasanya? - Kompas.com

Menginap di Bali Saat Erupsi Gunung Agung, Seperti Apa Rasanya?

Silvita Agmasari
Kompas.com - 06/12/2017, 18:04 WIB
Warga Bali menonton erupsi Gunung Agung terlihat dari Kubu, Karangasem, Bali, 26 November 2017. Gunung Agung terus menyemburkan asap dan abu vulkanik dengan ketinggian yang terus meningkat, mencapai ketinggian 3.000 meter dari puncak. Letusan juga disertai dentuman yang terdengar sampai radius 12 kilometer.AFP PHOTO / SONNY TUMBELAKA Warga Bali menonton erupsi Gunung Agung terlihat dari Kubu, Karangasem, Bali, 26 November 2017. Gunung Agung terus menyemburkan asap dan abu vulkanik dengan ketinggian yang terus meningkat, mencapai ketinggian 3.000 meter dari puncak. Letusan juga disertai dentuman yang terdengar sampai radius 12 kilometer.

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketika sebuah bencana terjadi di sebuah pulau favorit wisatawan, bukan berarti hal-hal buruk saja yang terjadi. Di Bali, erupsi Gunung Agung justru memerpanjang masa tinggal banyak wisatawan. Tak sedikit wisatawan yang senang karena hal ini. Bagaimana bisa?

Millie Bobby Brown adalah salah satu turis yang terdampak erupsi Gunung Agung. Pemeran Eleven dalam serial Stranger Things ini mengatakan bahwa dirinya memerpanjang liburan di Bali dari empat menjadi 10 hari.

"Hai teman-teman, saya hanya ingin kalian tahu kalau saya sekarang sedang ada di Bali, setelah berwisata dari Australia. Saya tak bisa pulang, dari empat hari liburan jadi 10 hari karena letusan gunung berapi (Gunung Agung).

Saya ingin berterima kasih kepada staf dari @themuliabali karena melayani kami dengan baik ketika harus memperpanjang masa inap. Saya sangat berterima kasih! Juga kepada orang Bali, orang-orang paling manis, baik, dan rendah hati yang pernah saya temui.

Terutama, seluruh doa dan pikiran saya untuk mereka yang terkenda dampak ini. Saya sungguh berharap orang-orang tersebut aman selalu. Seluruh cinta saya untuk Bali," begitu terjemahan dari postingan Instagram Millie Bobby Brown, Kamis (30/11/2017).

Tak hanya Millie, tamu dari hotel Artotel Sanur Bali, Elena Cristina Tutu asal Romania mengatakan maklum dengan adanya bencana alam.

"Kita tak dapat melakukan apa-apa untuk memerbaikinya. Ini bencana alam. Saya sangat puas dengan pengalaman menyenangkan di sini, karena seluruh stafnya sangat baik dan mereka menjaga kami agar aman. Mereka meyakinkan pada kami bahwa semuanya baik, memberi kabar terbaru, jadwal penerbangan, bandara dibuka. Mereka memberi kami waktu inap lebih banyak dari yang diperkirakan," kata Elena lewat video singkat yang dibagikan pihak hotel.

Baca juga : Bandara Ngurah Rai Tutup, Hotel di Bali Tawarkan Diskon hingga Perpanjangan Menginap

Namun tentu saja tak semua tamu mengalami hal yang sama. Evi Elfira (26) asal Jakarta saat erupsi Gunung Agung memutuskan menginap di hotel bujet dekat bandara.

"Hotelnya udah penuh banget. Tidak ada diskon khusus, memang ada beberapa (hotel) tapi kemarin di hotel ini tidak ada diskon khusus," kata Evi yang mengatakan memesan hotel dari agen perjalanan online.

Saat terjadi erupsi Gunung Agung, Menteri Pariwisata Arief Yahya meminta industri hotel dan penerbangan memberikan diskon atau potongan harga khusus kepada penumpang yang terdampak penutupan Bandara Ngurah Rai, Bali, mulai pukul 07.15 WITA , Senin (27/11/2017) sampai 18 jam ke depan.

"Pastikan semua penumpang yang kena pembatalan penerbangan dan terpaksa check in kembali di hotel-hotel diberi special rates, seperti diskon sampai 50 persen,” kata Arief seperti dikutip dari laman resmi Kementerian Pariwisata.

Arief juga meminta kepada pihak maskapai penerbangan berbiaya rendah untuk tidak membebankan biaya pembatalan penerbangan atau biaya perubahan jam terbang kepada para penumpang.

********************

Mau paket wisata gratis ke Thailand bersama 1 (satu) orang teman? Ikuti kuis kerja sama Omega Hotel Management dan Kompas.com dalam CORDELA VACATION pada link INI. Hadiah sudah termasuk tiket pesawat (PP), penginapan, dan paket tur di Bangkok.

PenulisSilvita Agmasari
EditorSri Anindiati Nursastri
Komentar

Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM