7 Fakta Tentang Helicity yang Baru Beroperasi - Kompas.com

7 Fakta Tentang Helicity yang Baru Beroperasi

Anggita Muslimah Maulidya Prahara Senja
Kompas.com - 06/12/2017, 19:05 WIB
PT Whitesky Aviation meluncurkan helikopter yang bisa menjadi moda transportasi antar kota yakni Helicity, di Wisma Aldiron, Pancoran, Jakarta Selatan, Senin (4/12/2017). KOMPAS.COM/Anggita Muslimah PT Whitesky Aviation meluncurkan helikopter yang bisa menjadi moda transportasi antar kota yakni Helicity, di Wisma Aldiron, Pancoran, Jakarta Selatan, Senin (4/12/2017).

JAKARTA, KOMPAS.com – Beberapa hari lalu, moda transportasi udara antarkota berupa helikopter baru saja diresmikan. Helicity (Helicopter City Transport) telah diluncurkan oleh PT Whitesky Aviation.

CEO PT Whitesky Aviation, Denon Prawiraatmadja mengatakan bahwa Helicity bukan hanya menawarkan konektivitas transportasi. Pihaknya juga bekerja sama dengan Kementerian Pariwisata untuk mengembangkan pariwisata di Indonesia.

Baca juga : Helicity Beroperasi Hari Ini, Ada Promo Terbang Keliling Jakarta

Moda transportasi helikopter kini bisa digunakan siapa saja. Berikut 7 fakta tentang Helicity yang dihimpun KompasTravel.

1. Baru ada tiga helikopter

Denon mengatakan, hingga saat ini helikopter yang dapat digunakan baru ada tiga armada. Namun rencananya PT Whitesky Aviation akan menambah jumlah tersebut hingga 30 helikopter dalam lima tahun mendatang.

2. Buatan luar negeri

Tiga helikopter yang sudah beroperasi dibuat dan didatangkan langsung dari luar negeri yakni Amerika Serikat dan Perancis. Helikopter tersebut buatan tahun 2017.

3. Terinspirasi dari negara lain

Denon menjelaskan adanya Helicity terinspirasi dari transportasi yang digunakan di negara lain. Bisnis yang dijalankan Denon sudah dimulai sejak 2014. Namun kala itu masih dalam masa penjajakan, pihaknya hanya menyediakan untuk carter helikopter.

“Kita selanjutnya melihat beberapa negara maju ada model bisnis lain. Ada potensi di sini (helikopter sebagai transportasi antarkota). Brasil terbesar untuk kegiatan ini, kita akhirnya meng-copy bisnis ini dan kita kembangkan di sini,” kata dia.

PT Whitesky Aviation meluncurkan helikopter yang bisa menjadi moda transportasi antar kota yakni Helicity, di Wisma Aldiron, Pancoran, Jakarta Selatan, Senin (4/12/2017). KOMPAS.COM/Anggita Muslimah PT Whitesky Aviation meluncurkan helikopter yang bisa menjadi moda transportasi antar kota yakni Helicity, di Wisma Aldiron, Pancoran, Jakarta Selatan, Senin (4/12/2017).

4. Ada beberapa rute

Rute yang ditawarkan beragam antara lain Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, Kepulauan Seribu, Bandung, Sukabumi, Cirebon, dan Bali.

Baca juga : Mau Wisata Naik Helikopter? Ini Rute dan Biayanya

Untuk keberangkatan dari Jakarta, Anda bisa terbang dari lapangan atau helispot di Wisma Aldiron Pancoran. Tujuannya sendiri bisa ditentukan. Bisa hanya berkeliling Jakarta dan Bodetabek, Bandara Soekarno-Hatta, hingga Bandung.

Ada rute Jakarta-Bandung, Jakarta-Bogor, juga Jakarta-Anyer. Ada juga rute Bali-Lombok dan Bali-Gili Trawangan.

5. Biaya naik helikopter mulai Rp 5 juta

Ada promo yang ditawarkan keliling Kota Jakarta mulai 5 Desember 2017 hingga 5 Januari 2018, biayanya Rp 5 juta. Sementara rute Jakarta-Bandung ada harga promo Rp 14 juta. Harga tersebut untuk satu helikopter dengan kapasitas empat orang.

Baca juga : Nantinya Keliling Kota Naik Helikopter Tak Cuma di Jakarta

Di luar harga promo, Anda dapat membayar sesuai dengan jenis helikopter juga sesuai lama penerbangan. Jenis helikopter dibedakan dari isi penumpang yakni empat hingga tujuh penumpang. Sementara hitungan penerbangan dihitung per 15 menit.

Dalam satu kali perjalanan dikenakan biaya helispot take off dan landing sebesar Rp 2 juta. Perlu dicatat, daftar harga tersebut hanya untuk sekali penerbangan dan termasuk asuransi. Juga belum termasuk PPN sebesar 10 persen.

6. Belum Ada penerbangan malam

Denon menjelaskan belum ada penerbangan malam untuk Helicity. Adapun jam penerbangan mulai pukul 06.00 WIB hingga 18.00 WIB. Menurut dia, untuk dapat melakukan penerbangan malam, pilot dan operator helikopter harus memiliki sertifikat penerbangan sendiri. 

7. Reservasi

Anda harus melakukan reservasi terlebih dahulu untuk bisa mencoba naik Helicity. Anda dapat menghubungi nomor call center Helicity atau melalui email.

Baca juga : Bagaimana Cara Pesan Helikopter untuk Transportasi Antarkota?

Denon menyarankan Anda untuk reservasi maksimal enam jam sebelum keberangkatan. Setelah pemesanan, Anda diharuskan melakukan pembayaran penuh minimal tiga jam sebelum keberangkatan.

********************

Mau paket wisata gratis ke Thailand bersama 1 (satu) orang teman? Ikuti kuis kerja sama Omega Hotel Management dan Kompas.com dalam CORDELA VACATION pada link INI. Hadiah sudah termasuk tiket pesawat (PP), penginapan, dan paket tur di Bangkok.

PenulisAnggita Muslimah Maulidya Prahara Senja
EditorSri Anindiati Nursastri
Komentar

Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM