Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Indonesia Punya Mangga Alpukat, Di Inggris Ada Alpukat Tanpa Biji

Kompas.com - 13/12/2017, 14:10 WIB
WIENDA PUTRI NOVIANTY

Penulis

KOMPAS.com – Bila di Indonesia sedang ramai diperbincangkan mangga alpukat, lain lagi di Inggris. Di sana, saat ini tengah ramai terkait kehadiran buah alpukat tanpa biji.

Marks and Spencer, salah satu toko retail supermarket, baru saja menghadirkan inovasi jenis buah alpukat terbaru.

Dilansir dari situs berita the Telegraph, Marks and Spencer meluncurkan jenis alpukat terbaru yang bisa disantap secara menyeluruh karena tidak memiliki biji di dalamnya. Pihak supermarket pun mengatakan bahwa inovasi jenis alpukat terbaru ini bisa mengurangi insiden dapur yang dinamakan “tangan alpukat”.

(Baca juga : Pocok Durian, Ketika Alpukat Dikocok bersama Durian)

Ahli bedah setempat mengatakan bahwa di awal tahun ini, telah tercatat jumlah peningkatan koki amatir atas kecelakan yang mereka sebut dengan "tangan alpukat". Kecelakaan itu terjadi pada saat jari dan jempol teriris akibat lubang licin yang menyebabkan pisau meluncur dan ke tangan.

Bagi orang-orang takut yang terkena musibah “tangan alpukat”, kini tidak perlu khawatir karena berkat inovasi ‘Alpukat Cocktail’. Penikmat buah dapat menikmati alpukat tanpa mengkhawatirkan musibah “tangan alpukat”.

Alpukat tanpa biji ini juga bisa dinikmati hingga ke kulitnya. Meski bisa dimakan seutuhnya, Anda tetap bisa mengupas kulitnya.

Namun ada yang perlu diingat saat menyantap buah ‘Alpukat Cocktail’. Anda harus menunggu sampai buah matang untuk dapat mengupas kulitnya.

(Baca juga : Tak Hanya Mangga, Gerai Ini Suguhkan Dessert Alpukat dan Strawberry)

Anda juga bisa memotong salah satu ujung dari alpukat dan meremas dagingnya sehingga megeluarkan daging yang serupa dengan pasta gigi.

Inovasi buah ‘Alpukat Cocktail’ ini merupakan hasil dari buah alpukat yang belum dieliminasi, kemudian berkembang dan tumbuh menjadi buah tanpa biji. Buahnya sendiri memiliki panjang 5 hingga 8 cm.

Karena bentukannya yang mungil, pihak Marks and Spencer menyebut bahwa buah ini sangat cocok jika dihidangkan untuk salad dan sebagai hiasan. Selain itu bisa disantap sebagai makanan ringan yang sehat dan mudah karena tidak perlu dikupas ataupun dipotong.

(Baca juga : Alpukat, Buah Kaya Manfaat Sehat)

Menurut pihak supermarket, rasa daging buah alpukat yang dihasilkan oleh ‘Alpukat Cocktail’ ini terasa lembut dan creamy. Walaupun berwarna agak pucat namun rasa alpukatnya kaya akan rasa.

Umumnya buah ini tersedia di dalam restoran-restoran ternama. Buahnya sendiri hanya tersedia saat bulan Desember serta dipanen dari Spanyol.

Nyatanya, buah ini juga nikmat dihidangkan dengan digoreng. Buah ‘Cocktail Alpukat’ ini akan tersedia di bulan Desember di setiap toko M&S dengan harga 2 euro atau sekitar Rp 36.300 per buah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com