Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Asita Luncurkan Situs dan Apps untuk Agen Tour & Travel

Kompas.com - 13/12/2017, 16:06 WIB
Muhammad Irzal Adiakurnia

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Baru-baru ini Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) mengeluarkan platform digital yakni bookingina.com. Kini, Asosiasi Tour dan Travel Agent (Asita) juga mengakomodir seluruh anggotanya dalam satu platform digital yakni Asita Go.

"Visi kita melindungi anggota yang tersebar seluruh Indonesia dengan platform digital ini," ujar Asnawi Bahar selaku Ketua Umum Asita saat dijumpai KompasTravel dalam acara Rakornas Pariwisata IV 2017, di Jakarta, Selasa (12/12/2017).

Baca juga : PHRI Luncurkan Situs Tandingan Online Travel Agent

Asita Go nantinya akan menjadi ajang bagi para agen travel menjual paket wisata.

"Jadi sekarang masih B to B (buyer to buyer), nanti proyeksi di 2018 sudah bisa B to C, artinya dibeli langsung oleh customer (wisatawan)," terang Asnawi.

Selain bentuk digitalisasi, Asita Go nantinya akan menjadi tempat sharing economy antar agen. Sehingga kekhawatiran anggota Asita tentang serangan digitalisasi dari perusahaan luar bisa diseimbangkan.

"Persoalannya kan kita menguatkan internal dulu, ada 7000-an anggota di Asita yang berada di daerah, nah ini sedang kita sosialisasikan dulu sampai semua di daerah bisa kuat," terangnya.

Baca juga : Ketua Asita: Biro Perjalanan Tidak Akan Bernasib seperti Wartel

Sekretaris Jendral Asita, N Rusmiati, menambahkan platform digital tersebut sudah tersedia dalam bentuk situs mobile maupun desktop, juga aplikasi pada Android.

"Nantinya di sini langsung keluar paket-paket dari Asita di 43 provinsi. Agen dan wisatwan bisa langsung milih berbagai jasa tur travel dari seluruh Indonesia, semua destinasi," terang N Rusmiati dalam kesempatan yang sama.

Tak lupa, untuk bisa terintegrasi dengan Kementerian Pariwisata, platform ini nantinya juga bisa diakses dari situs resmi indonesia.travel.

"Nanti kita akan nempel ke situsnya indonesia.travel, dalam rangka misi tertentu juga, menguatkan industri dalam negeri," tutupnya.

********************

Mau paket wisata gratis ke Thailand bersama 1 (satu) orang teman? Ikuti kuis kerja sama Omega Hotel Management dan Kompas.com dalam CORDELA VACATION pada link INI. Hadiah sudah termasuk tiket pesawat (PP), penginapan, dan paket tur di Bangkok.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com