Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini 10 Destinasi yang Disiapkan Sumsel untuk Peserta Asian Games 2018

Kompas.com - 14/12/2017, 14:23 WIB
Muhammad Irzal Adiakurnia

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com – Dalam menyambut puluhan atlet, official, dan supporter dari 45 negara di ajang Asian Games 2018, kota Palembang selaku tuan rumah sudah mulai bersiap. Pariwisata Sumatera Selatan akan memfokuskan pada 10 destinasi unggulannya.

“Palembang itu punya 65 daya tarik wisata. Terkait persiapan destinasi, jadi kami sudah sepakat memfokuskan di 10 destinasi unggulan Palembang,” ujar Irene C. Sinaga, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sumatera Selatan, kepada KompasTravel di sela Rakornas Pariwisata IV-2017 hari ke dua, Rabu (13/11/2017).

Baca juga : Palembang Asiik, Paket Hemat Berwisata di Kota Pempek

Ia menambahkan sebagai destinasi unggulan, Palembang memiliki banyak destinasi yang dihubungkan dengan Sungai Musi. Di antaranya tiga wisata sejarah, termasuk museum yang kunjungan wisatawannya cukup tinggi di Palembang.

“Tiga museum utama pastinya kami tata, karena kunjungan museum di Palembang itu cukup tinggi,” katanya.

Pulau Kemaro di Palembang, Sumatera Selatan, Selasa (22/8/2017).KOMPAS.COM/ I MADE ASDHIANA Pulau Kemaro di Palembang, Sumatera Selatan, Selasa (22/8/2017).
Adapun ke 10 destinasi lain yang ia fokuskan ialah, sebagai berikut:

1. Benteng Kuto Besak

2. Museum Balaputra Dewa

3. Museum Sriwijaya dan Taman Purbakala Kerajaan Sriwijaya (TPKS)

4. Museum Sultan Mahmud Badarudin (SMB) II

5. Kampung Kapitan

6. Kampung Al-Munawar

7. Al-Quran Al-Akbar

8. Bukit Siguntang

9. Pulau Kemaro

10. Pasar 16 Lir

Selain itu juga ada beberapa destinasi wisata lainnya yang berfungsi sebagai tambahan atau penunjang. Destinasi tambahan tersebut juga dipersiapkan sarana dan prasarananya. Salah satunya di Pedestrian Jalan Jenderal Soedirman.

Benteng Kuto Besak di Palembang, Sumatera Selatan, Selasa (22/8/2017).KOMPAS.COM/ I MADE ASDHIANA Benteng Kuto Besak di Palembang, Sumatera Selatan, Selasa (22/8/2017).
Ke 10 Destinasi ini juga telah dimasukkan dalam paket-paket trip jarak dekat Palembang. Seperti paket “Palembang Asik”, juga untuk yang suka budaya disediakan paket “Cinta Budaya, Seperti Kau Mencintaiku”, dan paket-paket lainnya.

Short trip yang kita siapkan bisa untuk satu-dua hari perjalanan (wisata), jadi buat kontingen atlet yang ga punya banyak waktu, sebelu lomba dan sebelum dia pulang,” kata Irene kepada KompasTravel.

Menjelang Asian Games 2018, Indonesia menyambut kehadiran puluhan ribu atlet, official, dan supporter dari 45 negara di Jakarta dan Palembang. Beberapa paket wisata telah disiapkan yakni dengan destinasi Palembang, Banten, Bali, dan Lombok.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com