Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 15/12/2017, 09:15 WIB
Muhammad Irzal Adiakurnia

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Kereta Api Indonesia (KAI) telah merilis aplikasi KAI Access versi terbarunya. Dari aplikasi tersebut penumpang akan semakin dimudahkan dengan layanan serba singkat, mulai check-in hingga pesan porter.

Direktur Utama KAI Edi Sukmoro mengatakan, proses check-in online menggunakan aplikasi KAI Access terbaru, sudah bisa dilakukan dari dua jam sebelum keberangkatan.

"Jadi, tidak perlu lagi melakukan check-in dan cetak boarding pass di mesin check-in counter di stasiun. Langsung saja menuju boarding gate untuk pemeriksaan identitas dengan menunjukkan e-boarding pass kepada petugas,” ujarnya dalam siaran pers yang diterima KompasTravel, Kamis (14/12/2017).

Baca juga : PT. Kereta Api Indonesia Beri Diskon 40 Persen, Intip Di Sini...

Selain itu, KAI Access terbaru ini juga dilengkapi dengan menu ‘Train’ untuk pemesanan tiket, dan menu ‘Meals’ untuk fitur layanan pesan preorder menu makanan restorasi kereta api.

"Ke depan akan dilengkapi dengan ‘e-Moda’, fitur layanan tambahan preorder jasa antar ke stasiun, maupun jemput di stasiun menggunakan moda transportasi lainnya. Juga ‘Porter’, yaitu fitur layanan tambahan preorder jasa angkut barang/bagasi oleh petugas porter stasiun," kata Agus Komarudin, Humas PT KAI.

Baca juga : Sekarang Naik Kereta Api Bisa Check In Melalui E-Boarding Pass

Meski terjadi cukup banyak pembaruan, fitur lama juga masih dipertahankan. Seperti fitur pendukung “My Trips” yakni riwayat pemesanan tiket kereta, lalu fitur “Deals” yang berisi Info promo-promo menarik terkait kereta api.

Selain itu yang tak kalah penting, fitur “Remind Me” yakni fitur pengingat perjalanan yang dapat diatur setting waktu (10-60 menit) sebelum keberangkatan KA. Fitur “Location” yakni fitur untuk mengetahui lokasi terkini dari kereta yang dinaiki oleh penumpang.

Juga fitur “e-Magazine” yakni majalah elektronik yang berisi berita seputar KA untuk dapat menemani perjalanan penumpang. Terakhir fitur “Chat with Loko”, di mana ikon 'Si Loko' hadir sebagai asisten pribadi perjalanan penumpang.

Cara mendapatkan aplikasi KAI Access terbaru, cukup unduh atau perbarui aplikasi yang lama di Playstore untuk pengguna Android dan App Store untuk sistem operasi iOS/iPhone. (*)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com