7 Penghargaan Bergengsi untuk Pariwisata Indonesia - Kompas.com

7 Penghargaan Bergengsi untuk Pariwisata Indonesia

Muhammad Irzal Adiakurnia
Kompas.com - 20/12/2017, 08:16 WIB
Pulau BandaShutterstock Pulau Banda

JAKARTA, KOMPAS.com - Sepanjang 2017 ini memang banyak penghargaan yang di dapat oleh Wonderful Indonesia. Tentunya penghagaan tingkat dunia.

Data Kementerian Pariwisata menunjukkan, sejak kurun waktu 2016 Indonesia telah mendapat 46 penghargaan dari berbagai acara di 22 kota.

Berikut KompasTravel rangkum dalam kaleidoskop Pariwisata Indonesia 2017.

1. UNWTO Video Competition 2017 Region East Asia and Pacific

Video pariwisata Wonderful Indonesia yang bertajuk "The Journey of a Wonderful World" menjadi juara kategori Video Competition 2017 Region East Asia and Pacific, dalam dalam kompetisi video pariwisata dunia.

Baca juga: Bangga! Indonesia Raih 2 Penghargaan di Kompetisi Video Pariwisata Dunia UNWTO

Kompetisi tingkat dunia yang digelar United Nations World Tourism Organization (UNWTO), tersebut digelar di China pada 15 September 2017.

Upacara pemakaman Rambu Solo di Tana Toraja, Sulawesi Selatan.BARRY KUSUMA Upacara pemakaman Rambu Solo di Tana Toraja, Sulawesi Selatan.

2. People's Choice Award UNWTO

Masih dalam satu ajang yang sama, video promosi pariwisata Indonesia juga menyabet kategori lainnya, yaitu People's Choice Award. Kategori ini berarti video tersebut jadi yang terbaik versi pilihan publik melalui sistem vote.

Baca juga: Wonderful Indonesia Sabet Penghargaan di Los Angeles

Video ini menampilkan indahnya pariwisata Indonesia yang diwakili oleh Yogyakarta, Bali, Lombok, Jakarta, Toraja, Raja Ampat, serta Wakatobi. Tak heran, video tersebut berhasil mengalahkan 63 video lainnya dari berbagai negara.

3. Destination of The Year di TTG Travel Awards 2017 

Indonesia dinobatkan sebagai ‘Destination of the Year' dalam ajang penghargaan The 28th Annual TTG Travel Awards 2017, di Bangkok, Thailand, Kamis (28/9/2017).

TTG Travel Awards adalah penghargaan bergengsi bagi industri travel se-Asia Pasifik sejak tahun 1989. Pertama kalinya Indonesia menggeser Thailand, dalam ajang dan kategori tersebut.

Panorama bawah laut Raja Ampat yang terkenal indah.Dok. Kompas TV Panorama bawah laut Raja Ampat yang terkenal indah.

4. Best Destination, Dive's Magazine Travel Award

Indonesia menjadi destinasi terbaik pilihan pembaca Dive's Magazine dalam kategori destinasi selam terbaik dunia, di London, Inggris, Senin (6/11/2017). Dalam kompetisi ini Indonesia mengalahkan rival kelas berat seperti Filipina, Azires, Meksiko, Maldives, Mesir, Bahama, Thailand, Fiji dan Papua Nugini.

5. Best Resort and Spa, Dive's Magazine Travel Award

Selain destinasi terbaik, Indonesia juga meraih juara dalam kategori Dive Center atau Resor Selam Terbaik. Juara dunia dari Indonesia itu adalah Siladen Resort and Spa di Manado, Sulawesi Utara.

Penyelam melintasi rataan ekosistem terumbu karang yang masih sangat bagus di titik selam Mari Mabuk, Tomia, Wakatobi, Sulawesi Tenggara, Rabu (12/4/2017). Alam laut Wakatobi menjadi unggulan wisata bahari nasional yang perlu dikembangkan secara hati-hati agar tidak malah merusak ekosistem terumbu karang setempat.KOMPAS/ICHWAN SUSANTO Penyelam melintasi rataan ekosistem terumbu karang yang masih sangat bagus di titik selam Mari Mabuk, Tomia, Wakatobi, Sulawesi Tenggara, Rabu (12/4/2017). Alam laut Wakatobi menjadi unggulan wisata bahari nasional yang perlu dikembangkan secara hati-hati agar tidak malah merusak ekosistem terumbu karang setempat.
Dive Magazine menulis, Siladen sebagai resor mewah di jantung Taman Nasional Bunaken memang sudah dikenal lama karena kualitas penyelamannya. Berdasar survei online itu, tujuh dari 10 dive center terbaik versi Dive Magazine ada di Indonesia. Selain Siladen di peringkat pertama ada pula Wakatobi di urutan ketiga.

6. Best Destination for Spa & Wealthness

Bali memperoleh penghargaan Best Agent Choice Award dalam kategori Destination for Spa & Wealthness yang diselenggarakan oleh majalah Selling Travel.

Penghargaan diserahkan Editorial Director majalah Selling Travel, Steve Hartridge kepada Asisten Deputi Pengembangan Pasar Eropa, Timur Tengah, Amerika dan Afrika Kementerian Pariwisata, Nia Niscaya dalam satu upacara di London, Selasa (7/11/2017).

Menteri Pariwisata Arief Yahya, Deputi Presiden ASEANTA SAM Cheah, dan Secretary General of ASEANTA Margaret Heng menemani para pemenang The 30th ASEANTA Awards for Excellence 2017, di Jakarta, Selasa (8/8/2017).KOMPAS.COM/MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIA Menteri Pariwisata Arief Yahya, Deputi Presiden ASEANTA SAM Cheah, dan Secretary General of ASEANTA Margaret Heng menemani para pemenang The 30th ASEANTA Awards for Excellence 2017, di Jakarta, Selasa (8/8/2017).

7. 30th ASEANTA Awards

Dalam ajang ini Indonesia memboyong banyak kategori penghargaan. Antara lain kategori Best ASEAN Tourism Photo, Best ASEAN Airlines Program dan Best ASEAN Cultural Preservation Effort.

Pada kategori Best ASEAN Tourism Photo, diraih melalui Agung Prameswara, seorang fotografer muda asal Bali yang memotret pesona keindahan Gunung Bromo.

Lalu dari kategori Best ASEAN Airlines Program dimenangkan oleh maskapai Garuda Indonesia dengan program yang telah menyajikan standar pelayanan terbaik ke 83 destinasi dunia.

Sedangkan kategori Best ASEAN Cultural Preservation Effort juga diperoleh maskapai Garuda Indonesia yang telah menjaga kualitas terbaik di prestasi penerbangan dunia.

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
PenulisMuhammad Irzal Adiakurnia
EditorI Made Asdhiana
Komentar

Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM