Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Spot Foto yang "Instagram Banget" di Istana Panda Taman Safari

Kompas.com - 20/12/2017, 18:05 WIB
Muhammad Irzal Adiakurnia

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Berkunjung ke Istana Panda di Taman Safari Indonesia, Bogor, Jawa Barat belum lengkap jika belum mengunjungi tempat-tempat yang "Instagram banget" atau instagramable. Asyiknya kandang panda berukuran 5.000 meter persegi ini banyak spot unik yang bisa ditemui.

Kandang yang digadang-gadang menjadi yang termewah di dunia untuk panda ini merepresentasikan kondisi alam asli panda, dan budaya China. Berikut KompasTravel sajikan beberapa tempat unik untuk berfoto di Istana Panda Taman Safari Indonesia (TSI) Cisarua, Bogor berdasarkan Visual Interaktif Kompas (VIK) KOMPAS.com terbaru berjudul "Panda, Si Raksasa yang Menggemaskan".

1. Halaman istana yang megah

Di depan atau halaman istana panda, terdapat patung Cai Tao dan Hu Chun. Megahnya istana panda dengan arsitektur budaya tiongkok pun bisa jadi latar foto yang keren.

Anda bisa melakukan ini sebelum masuk, ataupun seusai menelusuri istana panda tersebut.

Seekor panda (Ailuropada melanoleuca) asal China diperlihatkan seusai proses karantina di Istana Panda Indonesia, Taman Safari Indonesia Bogor, Jawa Barat, Rabu (1/11/2017). Sepasang panda, Cai Tao (jantan) dan Hu Chun (betina) yang berasal dari pengembangbiakan di China Wildlife Conservation Association (CWCA) akan diperkenalkan untuk publik pada November 2017 ini.KOMPAS.com/ANDREAS LUKAS ALTOBELI Seekor panda (Ailuropada melanoleuca) asal China diperlihatkan seusai proses karantina di Istana Panda Indonesia, Taman Safari Indonesia Bogor, Jawa Barat, Rabu (1/11/2017). Sepasang panda, Cai Tao (jantan) dan Hu Chun (betina) yang berasal dari pengembangbiakan di China Wildlife Conservation Association (CWCA) akan diperkenalkan untuk publik pada November 2017 ini.
2. Berfoto di dua kandang berbeda

Dalam istana panda, terdapat dua kandang berbeda, yaitu kandang indoor (dalam ruang) dan outdoor (luar ruang). Wisatawan bisa berfoto dengan latar panda, saat mereka berperilaku menggemaskan seperti saat panda makan, main, dan tidur.

Suasana di dalam Istana Panda Indonesia, Taman Safari Indonesia Bogor, Jawa Barat, Rabu (1/11/2017). Sepasang panda, Cai Tao (jantan) dan Hu Chun (betina) yang berasal dari pengembangbiakan di China Wildlife Conservation Association (CWCA) telah selesai menjalani proses karantina dan akan diperkenalkan untuk publik pada November 2017 iniKOMPAS.com/ANDREAS LUKAS ALTOBELI Suasana di dalam Istana Panda Indonesia, Taman Safari Indonesia Bogor, Jawa Barat, Rabu (1/11/2017). Sepasang panda, Cai Tao (jantan) dan Hu Chun (betina) yang berasal dari pengembangbiakan di China Wildlife Conservation Association (CWCA) telah selesai menjalani proses karantina dan akan diperkenalkan untuk publik pada November 2017 ini
3. Berlatar wahana-wahana edukasi panda

Sebelum melihat panda, wisatawan akan dikenalkan dengan seluk-beluk panda. Di wahana edukasi ini, ada pemandangan yang unik, mulai dari ruangan berbentuk goa, rumah sakit panda, juga miniatur alam panda yang bisa jadi latar berswafoto.

Para pengunjung berpose di pinggir tebing Istana Panda Indonesia, Taman Safari Indonesia Bogor, Jawa Barat, Rabu (1/11/2017). Sepasang panda, Cai Tao (jantan) dan Hu Chun (betina) yang berasal dari pengembangbiakan di China Wildlife Conservation Association (CWCA) telah selesai menjalani proses karantina dan akan diperkenalkan untuk publik pada November 2017 iniKOMPAS.com / ANDREAS LUKAS ALTOBELI Para pengunjung berpose di pinggir tebing Istana Panda Indonesia, Taman Safari Indonesia Bogor, Jawa Barat, Rabu (1/11/2017). Sepasang panda, Cai Tao (jantan) dan Hu Chun (betina) yang berasal dari pengembangbiakan di China Wildlife Conservation Association (CWCA) telah selesai menjalani proses karantina dan akan diperkenalkan untuk publik pada November 2017 ini

4. Gardu pandang

Salah satu spot alam yang disiapkan Taman Safari Indonesia untuk berfoto di Istana Panda ialah gardu pandang. Foto Anda akan semakin instagenic dengan latar Gunung Gede Pangrango.

Kue berbentuk panda menjadi salah satu menu makanan yang ada di restoran Istana Panda Indonesia, Taman Safari Indonesia Bogor, Jawa Barat, Rabu (1/11/2017). Sepasang panda, Cai Tao (jantan) dan Hu Chun (betina) yang berasal dari pengembangbiakan di China Wildlife Conservation Association (CWCA) telah selesai menjalani proses karantina dan akan diperkenalkan untuk publik pada November 2017 iniKOMPAS.com / ANDREAS LUKAS ALTOBELI Kue berbentuk panda menjadi salah satu menu makanan yang ada di restoran Istana Panda Indonesia, Taman Safari Indonesia Bogor, Jawa Barat, Rabu (1/11/2017). Sepasang panda, Cai Tao (jantan) dan Hu Chun (betina) yang berasal dari pengembangbiakan di China Wildlife Conservation Association (CWCA) telah selesai menjalani proses karantina dan akan diperkenalkan untuk publik pada November 2017 ini

5. Berfoto dengan makanan panda

Tak hanya panda yang menggemaskan, berbagai souvenir dan makanan berbentuk panda pun layak jadi latar berswafoto. Antara lain ada roti panda, cake panda, bakpao panda, hingga bakso panda.

Berbagai macam barang dan suvenir bertema panda ditawarkan di sebuah gerai cendera mata di Istana Panda Indonesia, Taman Safari Indonesia, Cisarua, Bogor, Jawa Barat, Rabu (1/11/2017). Sepasang panda, Cai Tao (jantan) dan Hu Chun (betina) yang berasal dari pengembangbiakan di China Wildlife Conservation Association (CWCA) akan diperkenalkan untuk publik pada November 2017 iniKOMPAS.com/ANDREAS LUKAS ALTOBELI Berbagai macam barang dan suvenir bertema panda ditawarkan di sebuah gerai cendera mata di Istana Panda Indonesia, Taman Safari Indonesia, Cisarua, Bogor, Jawa Barat, Rabu (1/11/2017). Sepasang panda, Cai Tao (jantan) dan Hu Chun (betina) yang berasal dari pengembangbiakan di China Wildlife Conservation Association (CWCA) akan diperkenalkan untuk publik pada November 2017 ini

6. Di sentra souvenir

Selain Anda bisa membelinya, ragam souvenir lucu panda ini juga menarik untuk dijadikan latar berfoto. Di sana ada ratusan boneka panda terpampang di lemari yang bisa menemani Anda berswafoto.

Seekor panda merah (Ailurus fulgens) asal China diperlihatkan di Istana Panda Indonesia, Taman Safari Indonesia Bogor, Jawa Barat, Rabu (1/11/2017). Binatang langka berbulu merah  ini daerah persebarannya berada di Asia Tengah dan juga ditemukan di hutan pegunungan himalaya, Bhutan, India, Laos, Myanmar, dan Nepal.KOMPAS.com / ANDREAS LUKAS ALTOBELI Seekor panda merah (Ailurus fulgens) asal China diperlihatkan di Istana Panda Indonesia, Taman Safari Indonesia Bogor, Jawa Barat, Rabu (1/11/2017). Binatang langka berbulu merah ini daerah persebarannya berada di Asia Tengah dan juga ditemukan di hutan pegunungan himalaya, Bhutan, India, Laos, Myanmar, dan Nepal.

7. Teman-teman panda

Tak hanya giant panda yaitu Chai Tao dan Hu Chun yang bisa Anda ajak berfoto. Mereka punya teman-teman dari satu habitat asal yang tak kalah unik.

Seperti hewan merah lucu yang masih dalam satu famili panda ini, yaitu red panda. Tak hanya red panda, wisatawan bisa melihat takin, dan golden pheasant.

Aktivitas menarik lainnya di Istana Panda Indonesia, dapat Anda lihat di VIK Panda Kompas.com.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com