Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Libur Akhir Tahun, Yuk Bertualang ke Taman Nasional Bali Barat

Kompas.com - 22/12/2017, 10:58 WIB
WIENDA PUTRI NOVIANTY

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.comBali selalu menjadi salah satu destinasi favorit para turis lokal maupun mancanegara. Hal tersebut tak terelakkan dari spot wisata hingga budayanya yang sukses menarik para wisatawan. Di Bali, mulai dari Denpasar, Kuta, hingga Ubud sudah dipastikan akan ramai oleh wisatawan yang hendak menghabiskan akhir tahun.

Namun bagi Anda yang ingin merasakan suasana baru di Bali, mengunjungi bagian ujung barat Pulau Bali tentu sangat direkomendasikan. Terutama bagi Anda yang gemar bertualang di alam bebas. Alasannya bagian barat Bali yang masih menyediakan banyak destinasi wisata alam yang cantik dan terawat.  

Baca juga : Serunya Menyeberang dari Banyuwangi ke Pulau Menjangan Bali

Di Taman Nasional Bali Barat, Anda akan dimanjakan pemandangan rimbunnya hutan lebat, jernihnya air laut, indahnya hamparan pantai, hingga pegunungan menghijau. Dilansir dari situs resmi pesona Indonesia, Taman Nasional Bali Barat merupakan habitat burung elok jalak bali yang diketahui sebagai spesies endemik Pulau Bali.

Taman nasional ini memiliki luas 19.002,89 ha. Di sini Anda dapat menikmati beragam jenis flora dan fauna liar, termasuk yang berstatus langka, dilindungi maupun yang keberadaannya masih melimpah. TNBB sendiri memang dikenal sebagai kawasan pelestarian alam yang dikelola dengan sistem zonasi.

Pulau Menjangan di Taman Nasional Bali Barat.BARRY KUSUMA Pulau Menjangan di Taman Nasional Bali Barat.
Taman ini dilengkapi dengan perpaduan lengkap antara dua ekosistem yakni darat dan laut. Ekosistem darat meliputi ekosistem hutan mangrove, hutan pantai, hutan musim, hutan hujan dataran rendah, evergreen, savana, dan ekosistem river rain forest. Sedangkan tipe ekosistem laut meliputi ekosistem coral reef, padang lamun, pantai berpasir, perairan laut dangkal dan perairan laut dalam.

Yang membuat TNBB semakin spesial karena taman nasional ini menjadi rumah terakhir untuk spesies endemik Pulau Bali yakni jalak bali. Dilihat dari sejarahnya berdirinya TNBB ini, burung jalak bali dapat dikatakan sebagai salah satu alasan dibentuknya TNBB ini.

Selain jalak bali yang terkenal, TNBB ini juga dihuni lebih dari 17 jenis mamalia serta 160 jenis burung dan berbagai jenis reptil dan ikan. Tak ketinggalan berbagai flora beragam juga menghiasi TNBB. Terdapat sekitar 176 jenis flora tumbuh liar di TNBB.

Tak ketinggalan berbagai spot wisata nan cantik bertebaran di kawasan Taman Nasional Bali Barat. Mulai dari Pulau Menjangan, Pura Teluk Terima, Teluk Brumbun.

Pulau Menjangan di Taman Nasional Bali Barat, Kabupaten Jembrana, Bali.KOMPAS.COM/IRA RACHMAWATI Pulau Menjangan di Taman Nasional Bali Barat, Kabupaten Jembrana, Bali.
“Untuk aktivitas favorit para wisatawan itu biasanya snorkeling, diving, trekking dan bird watching. Untuk menjalani aktivitas tersebut wisatawan menyambangi Menjangan, Semenanjung Prapat Agung, Labuan Lalang, Klatak dan Cekik,” kata Agus Ngurah selaku Kepala Balai TNBB saat dihubungi KompasTravel, Rabu (20/12/2017).

Berbagai akomodasi dan fasilitas tersedia di TNBB, mulai dari pemandu wisata, pondok jaga, pondok wisata, menara pandang, jalan setapak hingga penyewaan peralatan selam dan speedboat guna memudahkan wisatawan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com