Yuk, Berlibur ke Geopark Ciletuh! - Kompas.com

Yuk, Berlibur ke Geopark Ciletuh!

Kompas.com - 25/12/2017, 10:35 WIB
Geopark Ciletuh di Kabupaten Sukabumi, Jawa BaratDok Pemprov Jawa Barat Geopark Ciletuh di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat

JAKARTA, KOMPAS.com – Berkunjung ke Sukabumi, Taman Bumi Nasional ("Geopark") Ciletuh Palabuanratu mungkin bisa dijadikan salah satu referensi spot wisata untuk berlibur. Tempat ini kian populer karena keindahan alamnya dan batuan alamnya yang dihadirkan di setiap obyek wisata di Geopark Ciletuh.

Terletak di kawasan Ciletuh, Sukabumi, Jawa Barat, Geopark Ciletuh dikenal sebagai salah satu taman batu tertua di Pulau Jawa. Kawasan wisata ini pun telah diresmikan oleh UNESCO sebagai salah satu warisan dunia. Dikembangkan dengan basis konservasi, edukasi, dan pemberdayaan masyarakat, kawasan ini kian ramai dan diminati wisatawan.

Baca juga : Museum Geopark Batur Bali Diharapkan Menjadi Destinasi Wisata

Tak perlu khawatir, karena tempat ini menyajikan berbagai aktivitas alam bebas siap mengisi liburan Anda. Melepas rasa lelah dengan bersantai di pinggir pantai atau melakukan trekking di tengah sejuknya suasana Sukabumi tentu sehat sekaligus seru. Ditambah mengajak keluarga dan teman-teman Anda, tentu liburan akhir tahun Anda terasa mengasyikkan.

Sejumlah wisatawan menikmati salah obyek wisata Geopark Ciletuh Palabuhanratu di Curug Cimarinjung, Desa/Kecamatan Ciemas, Sukabumi, Jawa Barat, Sabtu (22/4/2017).KOMPAS.com/BUDIYANTO Sejumlah wisatawan menikmati salah obyek wisata Geopark Ciletuh Palabuhanratu di Curug Cimarinjung, Desa/Kecamatan Ciemas, Sukabumi, Jawa Barat, Sabtu (22/4/2017).
Kawasan ini memiliki berbagai area wisata yang bisa Anda kunjungi mulai dari pantai hingga air terjun yang cantik. Terdapat kurang lebih sembilan air terjun eksotis di kawasan Geopark Ciletuh yaitu Curug Awang, Curug Tengah, Curug Puncak Manik, Curug Cikanteh, Curug Ngelai, Curug Sodong, Curug Dogdog, Curug Nyelempet, dan Curug Cimarinjung.

Baca juga : Dieng Diusulkan Jadi Geopark Kelas Dunia

Selain air terjun, pengunjung juga bisa mengunjungi obyek wisata lain yang tak kalah cantik seperti Puncak Darma, Pantai Palangpang, dan Tebing Panenjoan.

Dari tebing bebatuan di Panenjoan dan Puncak Darma, pengunjung bisa menikmati pemandangan kawasan geopark dari ketinggian. Terlihat juga Bentang alam Ciletuh menyerupai amfiteater raksasa dengan bentuk seperti tapal kuda yang menghadap ke Samudera Hindia.

Bagi Anda yang berminat berlibur ke Geopark Ciletuh tak perlu khawatir karena kawasan ini juga meyediakan akomodasi dan fasilitas yang bisa Anda manfaatkan mulai dari penginapan hingga penyewaan kendaraan.


EditorI Made Asdhiana
Komentar

Close Ads X