10 Menu Don Terbaik di Stasiun Tokyo - Kompas.com
Karaksa Media Partner adalah media online penyedia berita terkini seputar Jepang dari sumber terpercaya, “Japan Walker”. Kami akan menyampaikan berita seputar Jepang terkini dari semua genre, seperti kuliner, produk & tren terbaru, festival musiman, tempat hangout, hidden spot, dan masih banyak lainnya.

10 Menu Don Terbaik di Stasiun Tokyo

Kompas.com - 27/12/2017, 14:47 WIB
Menu yang mendapat peringkat pertama pada kompetisi Don di Stasiun Tokyo, Jepang adalah Kisetsu no Tendon (Akishigure no Uta) dari kedai Tempura Keyaki yang dijual dengan harga 1.800 Yen. Hidangan ini menggunakan bahan-bahan khas musim gugur yang diambil dari laut, gunung, dan perkampungan.KARAKSA MEDIA Menu yang mendapat peringkat pertama pada kompetisi Don di Stasiun Tokyo, Jepang adalah Kisetsu no Tendon (Akishigure no Uta) dari kedai Tempura Keyaki yang dijual dengan harga 1.800 Yen. Hidangan ini menggunakan bahan-bahan khas musim gugur yang diambil dari laut, gunung, dan perkampungan.

KOMPAS.com - Don merupakan salah satu makanan khas Jepang yang terdiri dari semangkuk nasi panas dengan berbagai lauk di atasnya.

Seperti ten- don dengan beragam tempura dan saus, gyu-don dengan irisan daging sapi, katsu-don dengan irisan daging babi, oyako-don dengan telur dan daging ayam, dan lain sebagainya. Menu-menu ini sangat dicintai oleh masyarakat Jepang dari berbagai umur dan kalangan.

Beberapa waktu yang lalu, Stasiun Tokyo mengadakan kompetisi don untuk menentukan 10 don terbaik dari 74 menu don (70 di antaranya merupakan menu dengan edisi terbatas) yang dijual di zona penjualan makanan stasiun ini.

Baca juga : Pegunungan Alpen ala Jepang

Hasil kompetisi yang diadakan untuk kedua kalinya ini telah diumumkan pada hari "Iidon no hi" yang jatuh pada 10 November 2017.

Menu don dinilai dari empat aspek yaitu visual, kelezatan, cost performance, dan originalitas. Dengan 5 poin sebagai nilai tertinggi untuk setiap aspek dan 20 poin sebagai nilai tertinggi secara keseluruhan.

Berikut adalah 10 menu don yang menempati 10 peringkat teratas.

Peringkat 1

Menu yang mendapat peringkat pertama pada kompetisi ini adalah Kisetsu no Tendon (Akishigure no Uta) dari kedai Tempura Keyaki yang dijual dengan harga 1.800 Yen.

Baca juga : Kafe Unik di Tokyo, Berada di Dalam Kontainer

Hidangan ini menggunakan bahan-bahan khas musim gugur yang diambil dari laut, gunung, dan perkampungan. Tidak seperti ten-don pada umumnya yang menggunakan saus khusus don, menu ini menggunakan lemon untuk ikan sanma atau telur ikan ikura di atas ikan salmon.

Menu ini meraih 19.05 point secara keseluruhan dengan nilai rata-rata 4.93 point pada aspek visual dan kelezatan.

"Kami sangat gembira bisa meraih peringkat pertama pada kompetisi kali ini. Ke depannya kami akan tetap berusaha agar bisa membuat menu yang dapat membuat tamu senang," ujar kepala restoran.

Peringkat kedua Kompetisi Don di Stasiun Tokyo, Jepang adalah Kajitsu no En de Teberu-don dari kedai Kajitsuen yang dijual dengan harga 1.080 Yen. Menu ini menggunakan lemon untuk ikan sanma atau telur ikan ikura di atas ikan salmon.
KARAKSA MEDIA Peringkat kedua Kompetisi Don di Stasiun Tokyo, Jepang adalah Kajitsu no En de Teberu-don dari kedai Kajitsuen yang dijual dengan harga 1.080 Yen. Menu ini menggunakan lemon untuk ikan sanma atau telur ikan ikura di atas ikan salmon.

Peringkat 2

Di peringkat kedua ada Kajitsu no En de Teberu-don dari kedai Kajitsuen yang dijual dengan harga 1.080 Yen. Hidangan ini menduduki peringkat pertama pada kompetisi sebelumnya.

Berbeda dengan hidangan lainnya, don ini terdiri atas buah-buahan yang dipotong sedemikian rupa dengan teknik pemotongan khas kedai yang khusus menjual buah-buahan.

Menu ini meraih 19.00 point secara keseluruhan, hanya berbeda 0,05 point dengan peringkat pertama. Hal ini membuktikan bahwa hidangan ini masih tetap populer di kalangan masyarakat.

"Kami sangat berterima kasih karena bisa menempati peringkat kedua pada kompetisi ini. Sejujurnya kami sedikit kecewa karena sebetulnya kami ingin meraih peringkat pertama dua tahun berturut-turut. Ke depannya kami akan mengembangkan ide dan meningkatkan teknik pemotongan buah agar bisa memenangkan kompetisi selanjutnya," ujar kepala restoran.

Peringkat 3

Peringkat ketiga diraih oleh kedai Tsukiji-Sushiko Nagomi dengan menu Hana to Bi no Edomae Hoseki-don dijual dengan harga 2.160 Yen. Hidangan ini menggunakan bahan ikan yang dijual di pasar ikan Tsukiji dan telah diseleksi secara ketat.

Peringkat ketiga pada Kompetisi Don di Stasiun Tokyo, Jepang diraih oleh kedai Tsukiji-Sushiko Nagomi dengan menu Hana to Bi no Edomae Hoseki-don dengan harga 2.160 Yen. Hidangan ini menggunakan bahan ikan yang dijual di pasar ikan Tsukiji.
KARAKSA MEDIA Peringkat ketiga pada Kompetisi Don di Stasiun Tokyo, Jepang diraih oleh kedai Tsukiji-Sushiko Nagomi dengan menu Hana to Bi no Edomae Hoseki-don dengan harga 2.160 Yen. Hidangan ini menggunakan bahan ikan yang dijual di pasar ikan Tsukiji.
Ikan-ikan khas musim gugur yang ditata sedemikan rupa di atas Edomae chirashi (nasi sushi yang dicampur dan dihias dengan beragam bahan makanan) ini berhasil meraih peringkat atas karena menggunakan beragam bahan makanan sebagai topping serta memiliki rasa yang lezat.

Berikut adalah menu don yang menempati peringkat 4 hingga 10.

Peringkat 4: Menu Akiajimansai Magewappa-don dari kedai Okowa Yonehachi (1.188 Yen)
Peringkat 5: Menu Gyugyu-don dari Asakusa Imahan (2.525 Yen)
Peringkat 6: Menu Aki no Oedo-Tendon dari kedai Tempura Tenkiyo (1.800 Yen)
Peringkat 7: Menu Aki no Minori Yuba-don dari kedai Kyo no Obanzai Nomura (700 Yen)
Peringkat 8: Menu Akaishi dari kedai Nishimura Biyori (1.500 Yen, di luar pajak)
Peringkat 9: Menu Bijin-don dari kedai Tokyo Kome BARU Takewaka (580 Yen)
Peringkat 10: Menu Aki no Irodori Sanshoku-don dari kedai Osakana-dokoro Tsukiji Nakashima (1.280 Yen)

Provided by Japan Walker ™ , Walkerplus ™ , Tokyo Walker ™ (10 November 2017)

EditorI Made Asdhiana
Komentar

Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM