Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Surga Wisata Kuningan di Balik Gunung Ciremai

Kompas.com - 28/12/2017, 19:41 WIB
Muhammad Irzal Adiakurnia

Penulis

KUNINGAN, KOMPAS.com - Belum berkunjung ke Kuningan, kalau Anda belum mampir ke kawasan Gunung Ciremai. Di sana lah "surga wisata"nya Kuningan, Jawa Barat.

Di kaki Gunung Ciremai, puluhan air terjun, dan bumi perkemahan bersanding apik. Belum lagi perbukitan, tebing-tebing batuan cantik, desa wisata yang ramah, hingga adanya hewan endemik jadi aset amat berharga.

Jika Anda berkunjung lewat Kecamatan Cigugur, di sana bisa mampir ke lebih dari enam destinasi wisata alam. Mulai dari Curug Putri, Curug Landu, Jurang Landu, Bumi Perkemahan Ipukan, Desa Palutungan, Taman Cisantana, Tenjo Laut dan masih banyak lainnya.

Baca juga : 6 Aktivitas Wisata di Cibulan Selain Berenang dengan Ikan Dewa

Sedangkan jika lewat Kecamatan Paswahan, juga akan menemukan deretan obyek wisata yang tak kalah memesona. Mulai dari Cipaniis-Singkup, Desa Wisata Cibuntu, Batu Luhur, Bukit 1000 Bintang, hingga Kebun Raya Kuningan yang baru akan resmi dibuka 2018.

Asyiknya mayoritas wisata di sini cukup terjangkau. Rata-rata tiket masuknya Rp 15.000 - 20.000, kecuali Bukit 1000 Bintang. Anda harus masuk menggunakan paket wisata jeep mulai dari Rp 350.000.

Curug Putri, salah satu destinasi wisata di Desa Cisantana, Kecamatan Cigugur. Destinasi ini termasuk salah satu dataran tinggi Kuningan, Jawa Barat.KOMPAS.COM / MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIA Curug Putri, salah satu destinasi wisata di Desa Cisantana, Kecamatan Cigugur. Destinasi ini termasuk salah satu dataran tinggi Kuningan, Jawa Barat.
Jadi dalam satu trip, di dua hari satu malam saja Anda bisa mencoba berbagai destinasi wisata alam yang berbeda-beda.

Baca juga : 6 Obyek Wisata Sekitar Gunung Ciremai Kuningan

Seperti di Kecamatan Cigugur, pagi hari Anda bisa masuk Balong Cigugur untuk berenang bersama ikan endemik Kuningan yang jinak. Lalu berwisata ke Taman Cisantana, malamnya menginap di Buper Ipukan. Pagi hari, berburu sunrise di Palutungan, dan menyegarkan diri di Curug Putri sebelum berkemas pulang.

Gugusan "surga wisata" ini masuk ke kawasan konservasi Taman Nasional Gunung Ciremai, seluas 15.500 hektar atau 115 km persegi, di mana 89,3127 km persegi masuk wilayah Kabupaten Kuningan dan 69,279 km masuk Majalengka.

********************

Mau merasakan liburan seru ke pulau cantik yang kaya budaya, keindahan bahari dan alam pegunungan selama 4 hari 3 malam? Ikuti photo competition "Unforgettable Journey". Hadiah sudah termasuk tiket pesawat, transportasi lokal, hotel, dan beragam aktivitas seru. Tak lupa, menangkan hadiah smartphone OPPO F5! Klik link ini.

–– ADVERTISEMENT ––

 
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com