Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tahun Baru, 10 Museum dan Tempat Wisata Ini Tetap Buka

Kompas.com - 01/01/2018, 12:50 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

 

JAKARTA, KOMPAS.com - Berwisata saat tahun baru, tampaknya jadi kebiasaan bagi masyarakat Indonesia. Khusus masyarakat Jakarta dan sekitar, kabar baiknya masih banyak tempat wisata yang beroperasional. Museum juga dapat menjadi alternatif wisata edukasi yang cocok untuk disambagi bersama keluarga.

Dari data Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi DKI Jakarta, yang ditampilkan oleh Instagram Kementerian Pariwisata, berikut daftar museum dan tempat wisata yang tetap beroperasional pada 1 Januari 2018:

1. Museum Wayang

Museum Wayang terletak di Jalan Pintu Besar Utara Nomor 23, Jakarta Barat. Lokasinya berada di Kota Tua, sebelah kiri Museum Fatahillah. Ada lebih 4.000 koleksi wayang dan boneka dari seluruh dunia yang dapat dilihat di Museum Wayang.

2. Museum Seni Rupa dan Keramik

Masih berada di kawasan Kota Tua Jakarta, ada Museum Seni Rupa dan Keramik. Letaknya ada di sebelah kiri dari Museum Fatahillah. Museum ini memajang keramik lokal dan internasional, serta lukisan dari karya pelukis ternama Indonesia seperti Raden Saleh. Museum ini beralamat di Jalan Pos Kota, Jakarta Barat.

3. Museum Sejarah Jakarta (Museum Fatahillah)

Museum yang menempati gedung Balai Kota zaman Belanda ini memuat kronologis sejarah Jakarta. Ada banyak benda kuno, peta, dan foto yang menceritakan tentang sejarah Jakarta. Museum ini menjadi bangunan terbesar di area Kota Tua Jakarta. Alamat museum ini berada di Jalan Taman Fatahillah Nomor 1, Jakarta Barat

Museum Bahari Jakarta.Kompas.com/Silvita Agmasari Museum Bahari Jakarta.

4. Museum Bahari

Museum Bahari terletak di Jalan Pasar Ikan Nomor 1, Jakarta Utara. Di museum ini pengunjung dapat mengenal sejarah mengenai bahari Indonesia. Terdapat alat transportasi, replika kapal perang, dan kronologis sejarah mengenai bahari.

Museum Bahari merupakan tembok terakhir Batavia dan dulu digunakan sebagai gudang rempah. Di sebelah Museum Bahari terdapat Menara Syahbandar yang dulu adalah gedung tertinggi di Batavia.

Museum Nasional atau lebih dikenal dengan Museum Gajah di Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat.KOMPAS.com/ZICO NURRASHID Museum Nasional atau lebih dikenal dengan Museum Gajah di Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat.

5. Monumen Nasional

Bangunan lambang kota Jakarta yang terletak di derah Gambir, Jakarta Pusat ini memang menjadi salah satu destinasi wisata andalan Ibu Kota. Terdapat museum, wisata melihat rusa, lapangan olahraga, air mancur menari, tempat bersantap, dan belanja oleh-oleh di Monumen Nasional.

6. Museum Djoang '45

Museum yang sering disebut Gedung Djoang'45 ini terletak di Jalan Menteng Raya Nomor 31, Jakarta Pusat. Gedung yang pada zaman Belanda difungsikan sebagai hotel, memamerkan miniatur perjuangan Indonesia. Selain itu uga ada mobil dinas resmi Presiden dan Wapres RI pertama.

Suasana Museum Taman Prasasti di Jakarta Pusat, Kamis (29/1/2015).KOMPAS/RADITYA HELABUMI Suasana Museum Taman Prasasti di Jakarta Pusat, Kamis (29/1/2015).

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com