Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Akhir Pekan, Warga Kampung Tugu Jakarta Gelar Tradisi Mandi-mandi

Kompas.com - 02/01/2018, 20:00 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Warga Kampung Tugu, Jakarta Utara akan menggelar acara Mandi-Mandi pada Minggu (7/1/2018) mulai pukul 12.00 WIB dari Gereja Tugu. Acara Mandi-Mandi merupakan tradisi tahunan yang rutin dilaksanakan oleh warga Kampung Tugu yang terkenal sebagai peranakan Portugis.

"Mandi-Mandi ini acara puncak dari Hari Natal, dan Rabo-Rabo yang diselenggarakan setaip tanggal 1 Januari. Kalau Mandi-Mandi ini jatuh pada Minggu pertama bulan Januari," kata Ketua Ikatan Keluarga Besar Tugu (IKBT) Erni Lissie Michiels (67) saat ditemui KompasTravel, Senin (1/1/2018).

(Baca juga : Jejak Portugis di Kampung Tugu) 

Salah satu kegiatan unik di acara Mandi-Mandi adalah warga Kampung Tugu akan saling mencoreng wajah dengan bedak cair.

Bedak menjadi simbol membersihkan diri dari segala kesalahan untuk memasuki tahun baru. Menurut Erni, Mandi-Mandi adalah puncak perayaan untuk memaafkan kesalahan satu sama lain sepanjang tahun lalu.

Iringan musik Keroncong Tugu akan menambah seru tradisi Mandi-Mandi. Selain itu, kuliner asli Kampung Tugu umumnya akan keluar pada tradisi Mandi-Mandi.

Warga Kampung Tugu merupakan keturunan orang Portugis, yang dijadikan pekerja dan serdadu di zaman Belanda. Ratusan tahun mereka menetap di kawasan Semper, Jakarta Utara, berakulturasi dengan penduduk lokal dan beranak pinak.

(Baca juga : Rabo-rabo, Tradisi Tahun Baru Kampung Tugu Jakarta) 

Kampung Tugu yang terletak di Semper, Jakarta Utara termasuk sebagai salah satu wilayah bersejarah di Jakarta. Tahun 1970, Gubernur DKI Jakarta yang menjabat saat itu, Ali Sadikin menyatakan Gereja Tugu termasuk sebagai Cagar Budaya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com