Seru! Hotel Ini Tawarkan Main di Sawah hingga Berkuda di Sisi Sungai - Kompas.com

Seru! Hotel Ini Tawarkan Main di Sawah hingga Berkuda di Sisi Sungai

Muhammad Irzal Adiakurnia
Kompas.com - 02/01/2018, 21:10 WIB
Sungai dan pesawahan jadi pemandangan sekaligus atraksi wisata yang bisa dinikmati wisatawan di Sahid Eminence Hotel Convention & Resort Ciloto, Puncak.KOMPAS.COM / MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIA Sungai dan pesawahan jadi pemandangan sekaligus atraksi wisata yang bisa dinikmati wisatawan di Sahid Eminence Hotel Convention & Resort Ciloto, Puncak.

CIANJUR, KOMPAS.com - Berenang, fitness, atau spa di hotel mungkin sudah biasa. Namun, di hotel ini Anda bisa memanen padi, hingga berkuda di sisi sungai.

Beragam atraksi wisata alam dapat anda nikmati di Sahid Eminance Hotel & Resort, Ciloto, Puncak. Uniknya, hotel bintang empat plus ini berada di pinggir persawahan dan bukit.

Saat KompasTravel berkunjung dalam rangkaian acara pergantian tahun, Minggu (31/12/2017), terdapat sungai, lapangan, sawah, hingga area trekking yang bisa dinikmati wisatwan.

Berikut KompasTravel rangkum ragam kegiatan luar ruang yang menarik dilakukan di sana.

Bermain air di sungai kecil Ciloto, jadi salah satu aktifitas wisatawan di Sahid Eminence Hotel Convention & Resort Ciloto, Puncak.KOMPAS.COM / MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIA Bermain air di sungai kecil Ciloto, jadi salah satu aktifitas wisatawan di Sahid Eminence Hotel Convention & Resort Ciloto, Puncak.

1. Bermain di sungai

Persis di sisi barat hotel, terdapat sungai yang membatasi hotel dengan pesawahan. Anak sungai Ciloto ini memiliki lebar lima sampai tujuh meter sehingga relatif cukup aman.

Segar dan jernihnya air di sungai ini, berasal dari Pegunungan Gede Pangrango. Wisatawan bisa bebas bermain air, berendam, juga mencari ikan-ikan kecil bersama keluarga.

Bila debit air relatif besar, wisatawan bisa melakukan river tubing, ataupun body rafting.

Beberapa karyawan Sahid Eminence Hotel Convention & Resort bermain paintball. Olahraga ini jadi salah satu aktifitas wisatawan di Sahid Eminence Hotel Convention & Resort Ciloto, Puncak.Arsip Sahid Eminance Hotel Convention & Resort Beberapa karyawan Sahid Eminence Hotel Convention & Resort bermain paintball. Olahraga ini jadi salah satu aktifitas wisatawan di Sahid Eminence Hotel Convention & Resort Ciloto, Puncak.

2. Panahan dan paintball

Ada lapangan kecil di bagian belakang hotel ini. Di sana, Anda bisa bermain beberapa jenis olahraga seperti memanah.

Dengan biaya Rp 40.000 untuk 10 anak panah, Anda bisa melatih akurasi tembakan dari jarak 10 meter. Ada juga paket komplit Rp 100.000 untuk berbagai jenis olahraga di sana.

Ada dua jenis olahraga paintball yang bisa Anda lakukan di sana, ialah paintball targeting, dan battle berkelompok. Wisatawan bisa membeli tiketnya dengan harga Rp 75.000 untuk targeting, dan Rp 125.000 per orang untuk paintball battle kelompok.

Joging di sela-sela sawah, salah satu aktifitas wisatawan di Sahid Eminence Hotel Convention & Resort Ciloto, Puncak.KOMPAS.COM / MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIA Joging di sela-sela sawah, salah satu aktifitas wisatawan di Sahid Eminence Hotel Convention & Resort Ciloto, Puncak.

3. Joging dan tracking

Perbukitan yang menanjak membuat Anda bisa menikmati pagi dengan berolahraga sambil berjalan kaki. Rutenya mulai dari jalan landai di sekitar sawah dan sungai kemudian melewati kandang rusa untuk menaiki pebukitan.

Bagi yang ingin jalan santai atau joging pun bisa. Karena jala setapak di area pesawahan dan sungai cocok untuk joging sembari menikmati udara segar Puncak. Untuk olahraga ini Anda tidak dikenakan biaya.

4. Berkuda

Anda Hotel Sahid Eminance Hotel & Resort juga Anda bisa melakukannya wisata berkuda. Wisatawan bisa menunggangi kuda dengan tetap dipandu pawangnya.

Rute yang dilalui saat berkuda sejauh 150 meter bolak balik mengitari sisi sungai. Untuk menikmati wahana ini, wisatawan bisa membeli tiketnya Rp 30.000 untuk seekor kuda.

Outbond high rope KOMPAS.COM / MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIA Outbond high rope

5. Outbond
Outbond jadi salah satu aktifitas luar ruang bersama keluarga yang harus Anda coba di sini. Ragam permainannya ada flying fox, dan menyebragi jembatan tali, yang disebut high rope.

Tidak ada batasan usia bagi wisatawan yang ingin menikmati wahana ini. Alat-alat keselamatan seperti helm pun disiapkan oleh pihak hotel. Anda bisa menikmatinya dengan membeli tiket Rp 60.000 satu orang.

Bersantai di saung-saung tengah sawah, salah satu aktifitas wisatawan di Sahid Eminence Hotel Convention & Resort Ciloto, Puncak.KOMPAS.COM / MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIA Bersantai di saung-saung tengah sawah, salah satu aktifitas wisatawan di Sahid Eminence Hotel Convention & Resort Ciloto, Puncak.

6. Panen padi

Satu aktivitas langka yang bisa dilakukan di hotel ini, yaitu memanen padi. Wisatawan bisa memanen padi di pesawahan sisi hotel, bersama para petaninya.

Lahan sawah sekitar satu hektar di sisi barat hotel ini memang dimiliki hotel, dan dikelola warga sekitar. Hasil panen padinya akan dibeli untuk suplai kantin karyawannya.

Wisatawan bisa memanen padi, pada waktu-waktu tertentu saat musim panen. Waktu yang disarankan untuk mencoba aktivitas memanen padi ialah pertengahan bulan Januari, Juli, dan Oktober.

PenulisMuhammad Irzal Adiakurnia
EditorWahyu Adityo Prodjo
Komentar

Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM