Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Siap-siap Kebun Raya Terluas Akan Dibuka Tahun Ini di Kuningan

Kompas.com - 03/01/2018, 15:24 WIB
Muhammad Irzal Adiakurnia

Penulis

KUNINGAN, KOMPAS.com - Tidak lama lagi Indonesia resmi membuka wahana konservasi ex situ terbesar, dan terluas. Namanya Kebun Raya Kuningan (KRK), Jawa Barat, dengan luas 156 hektar.

"Nanti kebun raya ini yang pertama kali murni buatan Indonesia 'zaman now' karena yang sudah berdiri kan warisan kolonial," ujar Bupati Kuningan, Acep Purnama saat dikunjungi KompasTravel bersama Kementerian Pariwisata di rumah dinasnya, Sabtu (23/12/2017).

Pembangunan KRK ini telah dimulai sejak 2014, di Desa Padabeunghar, Kecamatan Pasawahan, Kabupaten Kuningan, Provinsi Jawa Barat. Lokasinya yang berbatasan dengan Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC), membuatnya unik.

"Vegetasinya amat beragam nanti, ada yang khas dari Gunung Ciremai," kata Acep Purnama.

Baca juga : Menengok Makam Para Pemimpin Zaman Kolonial di Kebun Raya Bogor

Selain itu, memiliki jenis bebatuan besar yang menghiasi banyak sudut di sana. Berbagai jenis batuan indah bisa jadi destinasi foto, maupun wisata edukasi. Hal tersebut jadi salah satu keunikan di KRK ini.

Kebun Raya Kuningan di Jawa Barat seluas 156 hektar.KOMPAS.COM/MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIA Kebun Raya Kuningan di Jawa Barat seluas 156 hektar.
Acep mengatakan pada 2015 lalu kawasan wisata tersebut sempat coba dibuka. Namun karena masih banyak yang perlu dibangun, maka tahun 2016 ditutup kembali.

"Di 2017 pertengahan sempat dibuka lagi dengan nama KRK, ternyata pengunjung membeludak sampai-sampai pada rusak tanamannya. Sekarang pun kita masih membangun, tapi desakan untuk dibuka besar," ujar Acep.

Baca juga : 5 Tempat Ikonik dan Wajib Dikunjungi di Kebun Raya Bogor

Menurutnya kurangnya persiapan dan masih terpusatnya wisatawan ke beberapa lokasi, membuat lokasi tersebut riskan rusak. Alhasil belum genap satu bulan, ia langsung menutup kembali KRK, untuk lebih dipersiapkan.

Ia menargetkan di awal tahun 2018 inilah kebun raya terbesar itu bisa dibuka. "Rencana pembukaan setelah tahun baru namun masih akan dibincangkan lagi. Menunggu segala kesiapan operasional," katanya.

Dalam kesempatan sama, Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Kuningan, Jaka Chaerul mengatakan halangannya tinggal menyiapkan sumber daya manusia (SDM) operasional. SDM tersebut dibutuhkan di tiap fasilitas, seperti cottage, kantor LIPI, taman-taman, hingga kafe.

Kebun Raya Kuningan di Kabupaten Kuningan, Jawa Barat seluas 156 hektar.KOMPAS.COM/MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIA Kebun Raya Kuningan di Kabupaten Kuningan, Jawa Barat seluas 156 hektar.
Namun saat terakhir dihubungi KompasTravel, Sabtu (29/12/2017) ia menyatakan masih merapatkan soal retribusi tiket masuk untuk KRK. Ia belum bisa memastikan kapan tepatnya pembukaan KRK tersebut.

"Belum final, sedang dikonsultasikan masalahnya perda retribusi KRK. Dasar hukum mejual karcisnya, sedang dalam evaluasi gubernur (Jawa Barat). Demikian sementara masalahnya," kata Jaka dalam pesan singkat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com