Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Libur Akhir Tahun, Kunjungan Wisatawan ke Banyuwangi Naik 200 Persen

Kompas.com - 04/01/2018, 07:29 WIB
Kontributor Banyuwangi, Ira Rachmawati

Penulis

BANYUWANGI, KOMPAS.com - Sejumlah destinasi wisata di Kabupaten Banyuwangi mengalami lonjakan jumlah wisatawan hingga 200 persen pada libur natal dan tahun baru.

Sejumlah lokasi wisata yang menjadi primadona jujugan adalah Bangsring Underwater, Pantai Grand Watudodol, hingga Kawah Ijen.

“Liburan natal dan tahun baru ini, Banyuwangi kembali menjadi destinasi favorit wisatawan Indonesia. Ini telah kami prediksi sebelumnya, makanya kami kemarin menyiapkan sejumlah destinasi untuk menemani wisatawan,” kata Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas.

Baca juga : City Tour di Banyuwangi? Kunjungi Tempat-tempat Ini

Dari data yang ada menyebutkan selama 24 Desember 2017 hingga 1 Januari 2018 Bangsring Underwater dikunjungi sekitar 25.000 wisatawan, Pantai Grand Watudodol 16.000 wisatawan, sementara Gunung Ijen 17.000 wisatawan.

Rumah apung di Bangsring Underwater. Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.KOMPAS.COM/IRA RACHMAWATI Rumah apung di Bangsring Underwater. Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.
“Saya sangat senang Banyuwangi tetap menjadi lokasi pilihan liburan keluarga. Ini menyemangati kami untuk terus membenahi destinasi dan meningkatkan kualitas lokasi wisata. Selain itu, agenda wisata Banyuwangi Festival akan terus kami tingkatkan sebagai pelengkap atraksi bagi wisatawan yang hendak berkunjung ke Banyuwangi. Tiap minggu kami akan menyuguhkan atraksi yang menarik,” kata Anas.

Baca juga : Tukul Arwana: Belum Keliling Dunia kalau Belum ke Banyuwangi

Menurut Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Banyuwangi, MY Bramuda selain di destinasi unggulan tersebut, sejumlah wisatawan juga mengunjungi lokasi wisata baru.

“Banyak wisatawan juga tertarik menjajal destinasi baru yang tidak kalah menarik, seperti wisata alam Green Gumuk Candi Songgon dan Kampung Primitif di Desa Purwodadi Kecamatan Gambiran yang mulai jadi idola,” ujarnya.

Wisatawan sedang bermain air di Pantai Boom Banyuwangi, Jawa Timur yang berhadapan langsung dengan Selat Bali.KOMPAS.COM/IRA RACHMAWATI Wisatawan sedang bermain air di Pantai Boom Banyuwangi, Jawa Timur yang berhadapan langsung dengan Selat Bali.
Meningkatnya arus wisatawan ke Banyuwangi, lanjut Bramuda, tidak hanya didominasi penduduk lokal. Wisatawan yang sengaja datang berlibur ke Banyuwangi juga cukup banyak karena bertepatan dengan libur panjang sekolah. Ini terlihat dari melonjaknya tingkat hunian penginapan di Banyuwangi.

“Tingkat okupansi hotel mencapai 95 persen. Homestay-homestay juga banyak diminati wisatawan. Tidak heran, karena memang long weekend ya, libur natal bersamaan dengan libur anak sekolah,” tambah Bramuda.

******************

Mau merasakan liburan seru ke Pulau Bali? Kali ini liburannya gratis dan ke destinasi anti-mainstream! Selama empat hari tiga malam, seluruh biaya peserta sudah ditanggung. Termasuk tiket PP Jakarta-Bali, transportasi lokal, hotel, konsumsi, dan beragam aktivitas seru. Juga raih kesempatan memenangkan hadiah smartphone OPPO F5.

Caranya mudah, ikuti photo competition 'Unforgettable Journey'. Klik link ini.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com