Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Serunya Mengunjungi Destinasi Wisata Baru, Kebun Raya Kuningan

Kompas.com - 05/01/2018, 07:42 WIB
Muhammad Irzal Adiakurnia

Penulis

KUNINGAN, KOMPAS.com - Menyematkan diri sebagai daerah konservasi, membuat Kuningan mengembangkan wisatanya berbasis lingkungan. Wisata teranyar, Kebun Raya Kuningan merupakan salah satu jawabannya.

Berkunjung ke kebun raya terbesar di Indonesia ini, membuat saya penasaran. Perjalanan yang dilalui pun cukup menantang.

Kebun Raya Kuningan, berada di kaki Gunung Ciremai, tepatnya di Desa Padabeunghar, Kecamatan Pasawahan, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat. Sekitar satu jam 20 menit dari pusat Kota Kuningan, dan 1.5 jam dari Kota Cirebon, tanpa macet.

Baca juga : Siap-siap Kebun Raya Terluas Akan Dibuka Tahun Ini di Kuningan

Anda akan melewati kelokan dan perbukitan di Kecamatan Pasawahan. Namun medan perbukitan itu akan luput oleh panorama-panorama indah yang disuguhkan sepanjang jalan. Mulai pesawahan, perkampungan, hutan lindung, hingga pemandangan kota dari ketinggian.

Ketika sudah terlihat bebatuan vulkanik besar di sisi jalan, berati sudah dekat. Dari gerbang utama, Anda akan ditunjukan jalan menuju parkiran yang cukup jauh jaraknya.

Taman Kuning yang berada di Kebun Raya Kuningan, jadi salah satu spot foto instagenic bagi wisatawan.KOMPAS.COM / MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIA Taman Kuning yang berada di Kebun Raya Kuningan, jadi salah satu spot foto instagenic bagi wisatawan.

Udara sejuk begitu terasa saat sampai di kawasan konservasi teranyar di Kabupaten Kuningan, Minggu (24/12/2017). Inilah Kebun Raya Kuningan (KRK), kebun raya yang disebut terbesar dan terluas di Indonesia, hingga 156 hektar.

Baca juga : Surga Wisata Kuningan di Balik Gunung Ciremai

Obyek wisata yang baru akan resmi dibuka awal 2018 ini masih memiliki banyak lahan kosong. Jauh berbeda dengan seniornya Kebun Raya Bogor yang telah memiliki koleksi yang amat komplet, di sini koleksinya masih dalam tahap "pertumbuhan".

Anda akan akan takjub, sejauh mata memandang yang terlihat pebukitan, pohon-pohon rindang mengitari taman-taman dan zona tematik yang cantik. Seperti Rock Garden, Taman Awi (taman bambu), Taman Endemik Ciremai, dan yang lainnya.

Tidak ada pagar, apalagi suara mesin kendaraan bermotor di batas kawasan konservasi ex-situ (di luar habitat asli) ini. Cuacanya, lebih mirip dengan Kebun Raya Cipanas, Cianjur yang berada di kaki Gunung Gede Pangrango. Sedangkan KRK berada di kaki Gunung Ciremai, ketinggian 870 meter di atas permukaan laut (mdpl).

Kebun Raya Kuningan dengan lokasi yang amat luas, 156 hektar, sehingga masih terdapat banyak lahan kosong.KOMPAS.COM / MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIA Kebun Raya Kuningan dengan lokasi yang amat luas, 156 hektar, sehingga masih terdapat banyak lahan kosong.

Tujuan wisat wan pertama ialah ke tempat parkir, yang tak jauh dari landmark Patung Kuda Kuningan. Menuju patung ini, wisatawan perlu sedikit jalan menanjak. Dari atas patung kuda tersebut kita bisa melihat ke sekeliling 360 derajat KRK.

Setelah dari sana KompasTravel yang ditemani beberapa wisatwan dari Generasi Pesona Indonesia (GenPi) Kuningan, menuruni tangga dan jalan setapak untuk menuju beberapa taman. Salah satunya Taman Kuning yang ramai dijadikan wisatawan berfoto.

Taman yang ditumbuhi khusus bunga-bunga dan buah berwarna kuning ini memang menyita mata. Terlebih kombinasi gundukan batu vulkanik yang menambah kesan artistik.

Selain taman kuning, ada juga ragam fasilitas dan zona-zona tematik unik lainnya. Antara lain, Taman Tematik Mangga, Taman Bambu, Zona Vegetasi Gunung Ciremai, Green House, dan masih banyak lainnya.

Wisatawan sedang berfoto di tangga jalan menuju patung kuda kuningan, di Kebun Raya Kuningan, Jawa Barat, Minggu (24/12/2017). Tempat tersebut jadi salah satu tempat favorit orang untuk berfoto di Kebun Raya Kuningan.KOMPAS.COM / MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIA Wisatawan sedang berfoto di tangga jalan menuju patung kuda kuningan, di Kebun Raya Kuningan, Jawa Barat, Minggu (24/12/2017). Tempat tersebut jadi salah satu tempat favorit orang untuk berfoto di Kebun Raya Kuningan.
Di samping itu juga ada bundaran air mancur, yang dihiasi warna-warni bunga begonia. Di sisi bagian barat KRK, dialiri Sungai Cipari. Salah satu perlintasannya yang berbentuk cekungan juga menjadi situ atau danau alami.

Salah satu ciri khas KRK dibanding kebun raya lain ialah banyaknya bebatuan vulkanik yang besar. Uniknya, batuan tersebut terletak pada posisi yang artistik, bagus untuk spot foto. Lalu persawahan yang berada di sekitar kawasan juga menambah daya tarik KRK sebagai obyek wisata yang alami.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com