Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Pendapat Anak-Anak saat Liburan ke Museum Nasional?

Kompas.com - 06/01/2018, 13:00 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Museum Nasional Indonesia menjadi daftar teratas museum yang harus dikunjungi di Indonesia. Museum yang terletak di Jalan Medan Merdeka Barat Nomor 12, Jakarta Pusat ini memamerkan koleksi bersejarah Indonesia dari berbagai zaman.

Bagi anak-anak, kunjungan ke Museum Nasional juga dapat memperkaya ilmu mengenai Indonesia. Seperti dalam kunjungan Bakti Pemuda untuk Negeri, para finalis Mister Tourism Indonesia 2017 mengadakan kunjungan bersama dengan anak-anak panti asuhan Tebet, Jakarta Selatan, Sabtu (6/1/2018). Anak-anak dari usia 6-15 tahun tampak antusias mendengarkan penjelasan pemandu mengenai koleksi Museum Nasional.

"Saya paling suka yang bagian perahu. Ternyata orang bisa buat perahu seperti itu, pengen naik perahunya," kata Reza (11) yang kagum dengan perahu dari batang pohon Ketapang.

Ada juga Ratna (15) yang berkata bahwa kunjungan ke Museum Nasional sangat bermanfaat untuk pelajarannya di sekolah.

"Berguna banget (untuk pelajaran di sekolah). Saya di sekolah ada belajar tentang Candi Borobudur, tadi di sana ada replikanya. Bagian yang paling saya suka bagian prasejarah, jadi kita tahu zaman sebelum ada tulisan di Indonesia itu seperti apa. Mau balik lagi ke sini, biar lebih lengkap, tadi terlalu cepat penjelasannya" jelas Ratna.

Anak-anak saat melihat koleksi Museum Nasional, Jakarta, Sabtu (6/1/2018).KOMPAS.com / SILVITA AGMASARI Anak-anak saat melihat koleksi Museum Nasional, Jakarta, Sabtu (6/1/2018).

Museum Nasional menarik menurut Mister Education Tourism 2017 Catur Yosh Prastyo karena koleksinya yang lengkap dan menyeluruh.

"Museum Nasional itu kebetulan beberapa kontennya ada di buku pelajaran, jadi ketika anak-anak sudah melihat langsung waktu pelajaran bisa lebih mengerti, lebih ada implementasi untuk pembelajaran," jelas Yosh.

Saat ini Museum Nasional memiliki lebih dari 150.000 koleksi bernilai sejarah zaman prasejarah, koleksi arkeologi, numismatik dan heraldik, keramik, etnografi, sejarah, dan geografi.

Mister Tourism Indonesia sendiri merupakan ajang pencarian putra berbakat dari Yayasan Putra Pariwisata. Selain gelar Mister Tourism Indonesia, ada pula Mister Culture tourism, Education Tourism, Eco Tourism, dan Marine Tourism.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com