Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kota Malang - Gunungkidul Kembangkan Sister City untuk Pariwisata

Kompas.com - 06/01/2018, 19:00 WIB
Markus Yuwono

Penulis


YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta dan Kota Malang, Jawa Timur, akan mengembangkan sister city untuk pengembangan pariwisata dan budaya. Kerjasama ini diharapkan bisa meningkatkan pengembangan pariwisata di kedua wilayah tersebut.

Sekretaris Daerah Kota Malang, Wasto mengatakan, pihaknya mengunjungi beberapa daerah di Yogyakarta yang selama ini dinilai berhasil mengembangkan potensinya. Ia menyebut Sleman yang berhasil mengembangkan Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) komunal yang banyak diterapkan di Kota Malang, tetapi sifatnya masih membebani masyarakat melalui iuran. Sementara di Sleman sudah melibatkan unit usaha.

(Baca juga : Sebagian Besar Wisman ke Kota Malang Menyukai Wisata Heritage)

Untuk Gunungkidul, pihaknya akan bekerjasama melalui sister city, pengembangan pariwisata dan budaya. Kota Malang, menurut dia, sering menggelar even internasional dan nasional, pihaknya memastikan ada satu tempat untuk Kabupaten Gunungkidul menggelar potensi wisatanya.

"Begitu pula sebaliknya, ibu bupati tadi memastikan jika Gunungkidul ada kegiatan kami juga diundang ke sini," katanya ditemui di Bangsal Sewoko Projo, Wonosari, Gunungkidul, Yogyakarta, Jumat (5/1/2018).

Suasana di Pantai Sundak, Gunung Kidul, pada Februari lalu. Warga menikmati keindahan pantai.  KOMPAS/DWI AS SETIANINGSIH Suasana di Pantai Sundak, Gunung Kidul, pada Februari lalu. Warga menikmati keindahan pantai.

Pria asli Kabupaten Gunungkidul ini mengakui perkembangan pariwisata di Gunungkidul meningkat, terutama wisata alam. Sementara di Malang, tidak memiliki wisata sumber daya alam, tetapi melalui kampung tematik, taman wisata, dan berbagai kegiatan baik skala nasional maupun internasional.

"Untuk kemungkinan (Kejasama) lain akan kita jajaki setelah kepala OPD (organisasi Perangkat Daerah) saling bertemu,"ucapnya.

(Baca juga : Pantai Krokoh, Keindahan Gunungkidul yang Belum Terjamah)

Bupati Gunungkidul, Badingah mengatakan, pihaknya akan meningkatkan kerjasama dengan kota Malang karena wilayah tersebut pariwisatanya terus berkembang dengan minim pemanfaatan APBD.

"Kita tidak mampu mengembangkan pariwisata menggunakan APBD, jadi kita akan meniru Kota Malang dan bekerjasama untuk mengembangkan pariwisata,"katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com