Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sebelum Libur Semester Berakhir, Yuk Piknik ke Obyek Wisata di Bandung

Kompas.com - 07/01/2018, 21:05 WIB
WIENDA PUTRI NOVIANTY

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com – Tidak ada salahnya merencanakan liburan sebelum jadwal kuliah kembali menumpuk. Tak ada waktu untuk berpergian jauh keluar kota, Bandung bisa menjadi salah satu alternatif wisata. Selain jaraknya yang tak jauh dari Jakarta, berbagai destinasi wisata juga tersedia di kota kembang.

Bosan dengan hiruk pikuk perkotaan ataupun wisata berbelanja di mal-mal sekitar, bermain di alam bebas bisa menjadi salah satu kegiatannya. Ditemani ademnya suasana Bandung, berikut KompasTravel himpun beberapa spot wisata alam bebas di Bandung:

Taman Hutan Raya Ir. H Juanda di Dago Pakar, BandungKOMPAS.com/Dhanang David Aritonang Taman Hutan Raya Ir. H Juanda di Dago Pakar, Bandung
1. Taman Hutan Raya Ir. Djuanda

Berlokasi di kawasan Dago Pakar, Taman Hutan Raya Ir H Juanda menyajikan berbagai macam destinasi wisata alam yang siap menyegarkan pikiran. Mulai dari menyusuri Goa Jepang dan Goa Belanda, berwisata ke Air Terjun Maribaya, hingga mampir ke kandang berisikan rusa-rusa.

Selain berwisata, Anda juga diajak berolahraga karena untuk mencapai spot-spot tersebut Anda perlu berjalan di dalam hutan dengan trek yang cukup menantang. Sesekali Anda menemui suara burung dan tupai.

Berkumpul dan berkemah bersama kawan di Ranca Upas, Ciwidey, Bandung, Jawa Barat.MAX AGUNG PRIBADI Berkumpul dan berkemah bersama kawan di Ranca Upas, Ciwidey, Bandung, Jawa Barat.
2. Ranca Upas

Berlokasi tak jauh dari Kawah Putih, Ranca Upas terkenal sebagai lokasi camping ground. Di alam terbuka ditemani sejuknya suasana di lembah Kawah Putih, Ranca Upas menjadi lokasi tepat bagi Anda yang ingin menikmati milky way.

Tak usah khawatir, selain menyediakan tempat berkemah, Ranca Upas juga menyediakan kolam air panas, outbound serta penangkaran rusa yang cukup terkenal. Tak ketinggalan, tersedia juga warung-warung yang siap untuk mengisi perut Anda saat lapar.

Situ Patenggang, danau eksotik, Minggu (1/3/2015), di Desa Patengan, Kecamatan Rancabali, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, tampak elok  dengan kondisi khasnya yang meneduhkan dan hening dibalut dengan hawa sangat sejuk. Hamparan kebun teh yang subur dan hijau juga membuat daya tarik tersendiri bagi danau ini.KOMPAS/SAMUEL OKTORA Situ Patenggang, danau eksotik, Minggu (1/3/2015), di Desa Patengan, Kecamatan Rancabali, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, tampak elok dengan kondisi khasnya yang meneduhkan dan hening dibalut dengan hawa sangat sejuk. Hamparan kebun teh yang subur dan hijau juga membuat daya tarik tersendiri bagi danau ini.
3. Situ Patenggang

Selain Ranca Upas, terdapat camping ground yang cukup terkenal di Bandung yakni Situ Patengang. Berlokasi di kaki Gunung Patuha, Situ Patenggang menyajikan pemandangan cantik dengan danau yang eksotis. Permukaan air yang hening ditambah pohon pinus yang menjulang memberikan pesona bagi wisata Situ Patenggang.

Anda bisa melakukan aktivitas berkemah bersama teman-teman Anda. Di temani suasana asri Situ Patenggang dijamin Anda betah berlama-lama di tempat ini. Dengan suhu yang bisa mencapai di bawah 20 derajat celcius, Situ Patenggang menjadi spot yang tepat untuk Anda berlibur bersama teman Anda.

Pengunjung sedang berpose di wahana foto The Lodge Maribaya, Bandung, Jawa Barat. KOMPAS.com/Silvita Agmasari Pengunjung sedang berpose di wahana foto The Lodge Maribaya, Bandung, Jawa Barat.
4. The Lodge Maribaya

The Lodge Maribaya yang berlokasi di Bandung Barat terkenal dengan spot foto ayunan di ketinggian. Tempat ini menjadi obyek wisata “kekinian” karena tempatnya yang cukup instagramable. Mengajak teman-teman Anda berwisata bersama ke The Lodge Maribaya tentu sangat menyenangkan.

Anda akan disambut pemandangan The Lodge Maribaya yang dikelilingi oleh pemandangan alam pegunungan dan bukit yang menyegarkan.

Deni Kusnadi, staf Landscape Dusun Bambu (kiri), dan Ketua Forum Penyelamat Lingkungan Hidup Jawa Barat Thio Setiowekti, beberapa waktu lalu, berjalan di jalan masuk Dusun Bambu, Desa Kertawangi, Cisarua, Bandung Barat, Jawa Barat, yang dirimbuni dedaunan bambu. Bambu yang tumbuh di kiri dan kanan jalan didesain sedemikan rupa agar membentuk terowongan bambu. KOMPAS/SAMUEL OKTORA Deni Kusnadi, staf Landscape Dusun Bambu (kiri), dan Ketua Forum Penyelamat Lingkungan Hidup Jawa Barat Thio Setiowekti, beberapa waktu lalu, berjalan di jalan masuk Dusun Bambu, Desa Kertawangi, Cisarua, Bandung Barat, Jawa Barat, yang dirimbuni dedaunan bambu. Bambu yang tumbuh di kiri dan kanan jalan didesain sedemikan rupa agar membentuk terowongan bambu.
5. Dusun Bambu

Lahan yang dulunya sempat terbengkalai beberapa tahun kemarin telah disulap menjadi destinasi wisata Dusun Bambu. Berlokasi di Desa Kertawangi, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bandung Barat, tempat ini menjadi spot wisata dengan taman hutan yang hijau dan asri.

Berbagai aktivitas bisa Anda lakukan selama berkunjung ke Dusun Bambu. Mulai dari mengabadikan foto, trekking, hingga menyantap makanan di dalam sarang burung. Ayo berlibur sebelum liburan akhir semester berakhir!

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com