Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Boeing 737 MAX 8 Garuda Indonesia Baru Melayani Rute Domestik

Kompas.com - 08/01/2018, 15:29 WIB
Anggita Muslimah Maulidya Prahara Senja

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com – Pesawat Boeing 737 MAX 8 yang dioperasionalkan maskapai Garuda Indonesia saat ini, baru melayani penerbangan dengan rute domestik.

Boeing 737 Max 8 seri PK GDA merupakan pesawat B737 MAX 8 pertama dari total 50 pesawat yang dipesan Garuda. Pesawat tersebut tiba pada 26 Desember 2017 dan dioperasikan pada 1 Januari 2018.

“Ini kan masih tahapan awal untuk pesawat ini, masih untuk penerbangan rute Jakarta-Surabaya domestiknya,” kata Direktur Utama Garuda Indonesia, Pahala N Mansury saat ditemui di Bandara Internasional Juanda, Surabaya, Jawa Timur, Minggu (7/1/2018).

Baca juga : Garuda Indonesia Operasikan Satu Armada Boeing 737 MAX 8

Ia menjelaskan, alasan pesawat tersebut masih melayani penerbangan domestik ke Surabaya yakni ingin memastikan jika ada kendala teknik pada pesawat.

“Kita memastikan di kota tersebut ada ketersediaan parkir, teknisi, dan spare part. Surabaya ini station besar untuk GMF dan melayani berbagai maskapai,” katanya.

Baca juga : Ini Strategi Garuda Terbang Langsung Jakarta-London

Meski demikian, Pahala mengatakan ke depannya pesawat B737 MAX 8 ini akan dioperasionalkan melayani penerbangan rute internasional dan memastikan segala persiapan dengan baik.

“Kita mempersiapkan terbang secara internasional. Optimalnya (pesawat B737 MAX 8) terbang di atas empat jam, agar penghematan bahan bakar bisa terasa. Bersamaan dengan waktu dan izin regulator setempat ada satu negara. Kita sedang preview teknis kesiapannya,” ujar Pahala.

Untuk rute internasional, Pahala enggan menjelaskan lebih lanjut. Namun, dia memastikan bahwa rute internasional untuk pesawat B737 MAX 8 dilakukan penerbangan dengan waktu tempuh selama kurang lebih empat hingga enam jam.

Kursi ekonomi pesawat Boeing 737 MAX 8 Garuda Indonesia, di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Aceh, Minggu (7/1/2018). ARSIP GARUDA INDONESIA Kursi ekonomi pesawat Boeing 737 MAX 8 Garuda Indonesia, di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Aceh, Minggu (7/1/2018).
Pesawat B737 MAX 8 yang dioperasikan Garuda Indonesia dirancang sebagai pesawat yang efisien bahan bakar dan nyaman bagi penumpang dengan suasana kabin yang lebih senyap. Kemudian juga pada daya jelajah terbang mulai 340-570 mil laut lebih jauh, menjadi 3.500 mil laut atau 6.500 kilometer.

Selain itu, di pesawat B737 MAX 8 terdapat desain winglet terbaru, yang dinamakan scimitar winglet. Ujung sayap pesawat nampak terbelah dua, yang satu menjulur ke atas dan satu ke bawah.

Kapasitas pesawat tipe ini juga dapat menampung 170 penumpang yang terbagi dua kelas. Delapan penumpang di kursi bisnis, dan 162 kursi ekonomi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com