Bagaimana Rasanya Terbang Naik Pesawat Boeing 737 MAX 8? - Kompas.com

Bagaimana Rasanya Terbang Naik Pesawat Boeing 737 MAX 8?

Anggita Muslimah Maulidya Prahara Senja
Kompas.com - 08/01/2018, 18:00 WIB
Pesawat Boeing 737 MAX 8 yang dioperasionalkan oleh Garuda Indonesia, di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Minggu (7/1/2018). KOMPAS.COM/ANGGITA MUSLIMAH Pesawat Boeing 737 MAX 8 yang dioperasionalkan oleh Garuda Indonesia, di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Minggu (7/1/2018).

JAKARTA, KOMPAS.com – Maskapai Garuda Indonesia di awal tahun ini, tepatnya pada tanggal satu Januari 2018 telah mengoperasikan pesawat baru Boeing 737 MAX 8. Pesawat Boeing 737 MAX 8 disebut-sebut memiliki kelebihan dengan lebih irit bahan bakar dan dapat menempuh perjalanan selama kurang lebih tujuh jam.

KompasTravel berkesempatan untuk mencoba pesawat tersebut Minggu (7/1/2018) kemarin. Untuk saat ini B737 MAX 8 hanya melayani rute domestik, yakni Jakarta-Surabaya dan sebaliknya.

(Baca juga : Boeing 737 MAX 8 Garuda Indonesia Baru Melayani Rute Domestik)

Saat berada di ruang tunggu, pesawat telah nampak di parkiran sebelum para penumpang masuk ke dalam pesawat. Dari kejauhan, saya melihat ada yang berbeda pada sayap pesawat.

Di ujung sayap pesawat, nampak seperti terbelah dua, yang satu menjulur ke atas, dan satu lagi ke bawah.

Kursi ekonomi di pesawat Boeing 737 MAX 8 telah dioperasionalkan oleh Garuda Indonesia, di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Minggu (7/1/2018). ARSIP GARUDA INDONESIA Kursi ekonomi di pesawat Boeing 737 MAX 8 telah dioperasionalkan oleh Garuda Indonesia, di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Minggu (7/1/2018).

Sambil menuju ke dalam pesawat, Direktur Utama Garuda Indonesia, Pahala N Mansury menjelaskan bahwa sayap pesawat di desain berbeda dinamakan Scimitar Winglet.

"Desain (ujung sayap pesawat) ini aerodinamis untuk mengurangi efek turbulance," kata Pahala di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Minggu.

(Baca juga : Garuda Indonesia Operasikan Satu Armada Boeing 737 MAX 8)

Saya pun berjalan ke dalam badan pesawat. Di lorong pertama terdapat total delapan kursi bisnis, diantaranya empat di bagian kanan dan empat di bagian kiri.

Adapun kapastitas pesawat baru ini dapat menampung 170 penumpang. Terdiri dari delapan kursi di kelas bisnis, dan 162 kursi kelas ekonomi.

Kursi ekonomi di pesawat Boeing 737 MAX 8 Garuda Indonesia, di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Minggu (7/1/2018). ARSIP GARUDA INDONESIA Kursi ekonomi di pesawat Boeing 737 MAX 8 Garuda Indonesia, di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Minggu (7/1/2018).

Kemudian, hal lain yang saya lihat berbeda adalah pada desain kursi pesawat kelas ekonomi. Warna kursi terdiri dari warna tosca, coklat, dan abu-abu. Jika dilihat sepintas, kursi tersebut nampak lebih tipis.

Terus berjalan ke dalam, saya pun menuju nomor kursi milik saya. Saya pun tak sabar mencoba merasakan kursi yang nampak tipis. Saya pun duduk dan langsung memasang sabuk pengaman.

Baca juga : Ini Alasan Garuda Operasikan Pesawat Boeing 737 MAX 8 Tahun Ini

Meski tipis, ternyata kenyamanan kursi ekonomi di pesawat tersebut tak berkurang. Seperti juga jarak untuk kaki penumpang. Pahala mengatakan, di pesawat B737 MAX 8 ini, jarak antar kursi sekitar 30 inchi. Lalu juga bantal yang menempel di kursi pesawat berbahan dasar kulit.

Inflight entertainment di pesawat Boeing 737 MAX 8 Garuda Indonesia, di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Minggu (7/1/2018). ARSIP GARUDA INDONESIA Inflight entertainment di pesawat Boeing 737 MAX 8 Garuda Indonesia, di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Minggu (7/1/2018).

Tidak hanya itu, saya pun bisa menikmati inflight entertainmet dengan layar yang baru. Layar sentuh yang ada di kursi pesawat pun terasa lebih sensitif, sehingga dapat dengan mudah Anda menyentuh dan mengganti hiburan yang dipilih.

Kemudian, Anda tak perlu khawatir jika baterai ponsel sudah habis, sebab di pesawat ini disedikan tempat untuk mencolok kabel usb yang bisa disambungkan ke ponsel. Anda pun bisa mencharge ponsel Anda selama penerbangan.

Tak lama setelah saya duduk, pesawat pun bersiap untuk lepas landas. Ketika itu, saya merasa proses lepas landas begitu halus. Selama di perjalanan pun, suara bising mesin pesawat pun lebih senyap.

Setelah lampu sabuk mati, saya pun penasaran ingin melihat toilet yang ada di pesawat.

Toilet di pesawat Boeing 737 MAX 8 telah dioperasionalkan oleh Garuda Indonesia, di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Minggu (7/1/2018). KOMPAS.COM/Anggita Muslimah Toilet di pesawat Boeing 737 MAX 8 telah dioperasionalkan oleh Garuda Indonesia, di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Minggu (7/1/2018).

Begitu saya masuk ke dalam toilet, lampu yang semula berwarna biru berubah menjadi lebih terang. Ada yang berbeda, toilet nampak lebih simple. Meski demikian, fasilitas di dalam toilet masih sama, terdapat tisu, sabun pembersih tangan, dan parfum.

Setelah menengok toilet, saya pun kembali duduk di kursi dan menyantap camilan yang dihidangkan.

Tak lama sekitar 1,5 jam menuju Surabaya, pesawat pun akan mendarat. Ketika mendarat, rasanya tak sehalus pada saat lepas landas. Begitu menengok ke luar jendela, terlihat debu yang beterbangan.

Fasilitas inflight entertainment pesawat Boeing 737 MAX 8 telah dioperasionalkan oleh Garuda Indonesia, di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Minggu (7/1/2018). KOMPAS.COM/Anggita Muslimah Fasilitas inflight entertainment pesawat Boeing 737 MAX 8 telah dioperasionalkan oleh Garuda Indonesia, di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Minggu (7/1/2018).

Adapun pesawat B737 MAX 8 yang dioperasionalkan Garuda Indonesia baru ada satu armada. Pahala mengatakan, akan mendatangkan lagi sebanyak 49 pesawat B737 MAX ini di tahun 2020.

(Baca juga : Garuda Pesan 50 Pesawat Boeing 737 MAX 8)

Ke depannya pesawat yang bisa menempuh perjalanan selama kurang lebih tujuh jam ini, akan dioptimalkan dengan melayani rute penerbangan internasional. Namun, Pahala belum menyebutkan secara rinci mengenai rute internasional tersebut.

PenulisAnggita Muslimah Maulidya Prahara Senja
EditorWahyu Adityo Prodjo
Komentar

Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM