Catat! Ini 6 Tempat untuk Melihat Bunga Rafflesia Arnoldii - Kompas.com

Catat! Ini 6 Tempat untuk Melihat Bunga Rafflesia Arnoldii

Muhammad Irzal Adiakurnia
Kompas.com - 09/01/2018, 15:05 WIB
Bunga Rafflesia arnoldii mekar di hutan Cagar Alam Taba Penanjung, Kabupaten Bengkulu Tengah, Bengkulu, Rabu (15/5/2013). Setiap kali ada bunga rafflesia yang mekar di hutan yang dibelah Jalan Raya Bengkulu-Kepahiang itu selalu menarik perhatian wisatawan dan warga yang melintas. Diperlukan upaya perlindungan habitat rafflesia yang serius dari pemerintah agar bunga terbesar di dunia itu tidak punah.KOMPAS/ADHITYA RAMADHAN Bunga Rafflesia arnoldii mekar di hutan Cagar Alam Taba Penanjung, Kabupaten Bengkulu Tengah, Bengkulu, Rabu (15/5/2013). Setiap kali ada bunga rafflesia yang mekar di hutan yang dibelah Jalan Raya Bengkulu-Kepahiang itu selalu menarik perhatian wisatawan dan warga yang melintas. Diperlukan upaya perlindungan habitat rafflesia yang serius dari pemerintah agar bunga terbesar di dunia itu tidak punah.

JAKARTA, KOMPAS.com - Salah satu puspa langka asli Indonesia, Rafflesia arnoldii kini sudah 25 tahun menjadi ikon Bunga Nasional Indonesia, Selasa, (9/1/2017). Bunga raksasa ini tergolong langka dan tidak semua orang pernah melihat dalam semasa hidupnya.

Selain langka, bunga ini juga sangat sulit dikembangbiakan. Butuh suasana dan tempat yang khusus dengan nutrisi yang tetap agar puspa langka ini bisa berkembang biak.

Beberapa kawasan konservasi di Indonesia berhasil menumbuhkan bunga ini walaupun dalam rentan waktu yang sangat lama. Namun, uniknya ada tempat-tempat tertentu di alam yang justru jadi favorit bunga ini tumbuh dengan cepat.

(Baca juga : Google Doodle Tampilkan Bunga Rafflesia Arnoldii, Mengapa?)

Berikut KompasTravel rangkum, tempat-tempat di mana wisatawan bisa melihat bunga rafflesia. Namun, dengan catatan bunga Rafflesia arnoldii sedang dalam masa-masa mekar.

Bunga Rafflesia arnoldii mekar di hutan Cagar Alam Taba Penanjung, Kabupaten Bengkulu Tengah, Bengkulu, Rabu (15/5/2013). Setiap kali ada bunga raflesia mekar di hutan yang dibelah Jalan Raya Bengkulu-Kepahiang itu selalu menarik perhatian wisatawan dan warga.  KOMPAS/ADHITYA RAMADHAN Bunga Rafflesia arnoldii mekar di hutan Cagar Alam Taba Penanjung, Kabupaten Bengkulu Tengah, Bengkulu, Rabu (15/5/2013). Setiap kali ada bunga raflesia mekar di hutan yang dibelah Jalan Raya Bengkulu-Kepahiang itu selalu menarik perhatian wisatawan dan warga.

1. Kebun Raya Bogor

Di Kebun Raya Bogor (KRB) yang terletak di Jalan Ir H Juanda, punya koleksi beberapa bunga rafflesia, termasuk Raflesia arnoldii, dan Rafflesia patma.

Tiga jenis Rafflesia yang ada di KRB ialah Rafflesia patma yang merupakan endemik Jawa Barat, Rafflesia arnoldii endemik Sumatera, dan Rafflesia rochussenii yang banyak ditemukan di Jawa dan Sumatera.

Bunga Rafflesia terakhir mekar di KRB pada 2 Juni 2010. Sebelumnya, pada zaman kolonial terakhir tumbuh pada tahun 1929.

Untuk masuk mengunjungi KRB, Anda bisa membeli tiket Rp 14.000 untuk wisatawan lokal, dan Rp 25.000 untuk wisatawan asing. KRB buka mulai pukul 07.30-17.00 WIB.

Sebuah bunga Rafflesia Arnoldii di Bengkulu.Wikipedia Sebuah bunga Rafflesia Arnoldii di Bengkulu.

2. Kebun Raya Cibodas, Cianjur

Kebun Raya Cianjur (KRC) juga punya koleksi puspa- puspa langka Indonesia, termasuk jenis Rafflesia rochussenii. Bunga ini pernah mekar di KRC terakhir pada 1 Juli 2011.

(Baca juga : 6 Perbedaan Harus Diketahui Antara Bunga Bangkai dan Rafflesia)

KRC sendiri berada di Jalan Kebun Raya Cibodas, Kelurahan Sindanglaya, Kecamatan Cipanas, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Tiket masuk ke sini Rp 9.500 per orang untuk dewasa dan anak-anak.

3. Bengkulu

Hutan Bengkulu merupakan salah satu habitat asli Rafflesia ini, terutama jenis Rafflesia arnodii. Keberadaannya di Bengkulu tak hanya di satu tempat, hingga kota ini dijuluki Bumi Rafflesia.

Untuk melihat keindahan bunga ini Anda perlu sedikit menjauh dari Kota Bengkulu karena terletaknya di Kabupaten Kepahiang, tepatnya di Liku 9, Hutan Lindung Taba Penanjung.

Selain itu, bunga Rafflesia arnoldii juga bisa ditemukan di kawasan Hutan Lindung Boven Lais, Kabupaten Bengkulu Utara, yang berjarak 60 kilometer dari Kota Bengkulu. Di sini terkenal dengan jenis Rafflesia gadutensis.

Meski terdapat juga di hutan-hutan Jambi, Garut, dan Pangandaran, tetapi bunga Rafflesia arnoldii amat sering tumbuh di Bengkulu. Bunga Rafflesia arnoldii sendiri dijadikan obyek wisata oleh pemerintah maupun warga setempat.

Bunga Rafflesia arnoldii mekar di Hutan Lindung Bukit Daun Register 5, Kabupaten Kepahiang, Bengkulu, Minggu (9/3/2014). Tidak seperti umumnya raflesia dengan lima kelopak, raflesia ini berkelopak enam. Diperlukan komitmen kuat banyak pihak untuk menjaga habitat asli bunga terbesar di dunia ini.
KOMPAS/ADHITYA RAMADHAN Bunga Rafflesia arnoldii mekar di Hutan Lindung Bukit Daun Register 5, Kabupaten Kepahiang, Bengkulu, Minggu (9/3/2014). Tidak seperti umumnya raflesia dengan lima kelopak, raflesia ini berkelopak enam. Diperlukan komitmen kuat banyak pihak untuk menjaga habitat asli bunga terbesar di dunia ini.

4. Taman Nasional Gunung Leuser (TNGL)

Taman nasional ini yang terletak di Provinsi Sumatra Utara dan Provinsi Daerah Istimewa Aceh. Taman Nasional ini terdapat beberapa flora dan fauna salah satunya flora langka Rafflesia arnoldii.

5. Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS)

Taman nasional ini terletak membentang di empat provinsi yaitu Provinsi Sumatra Barat, Sumatra Selatan, Jambi dan Bengkulu. Flora langka yang jadi kebanggan taman nasional ini juga ialah Rafflesia arnoldii.

Kepala Bidang Teknis dan Konservasi Taman Nasional Bukit Barisan Selatan Muniful Hamid memeriksa kondisi bunga padma atau yang dikenal dengan sebutan Rafflesia arnoldii, Minggu (31/1).

 *** Local Caption *** Kepala Bidang Teknis dan Konservasi Taman Nasional Bukit Barisan Selatan Muniful Hamid memeriksa kondisi bunga padma atau yang biasa dikenal dengan sebutan raflesia arnoldi di Pal 50 Taman Nasional Bukit Barisan Selatan, Minggu (31/1). Bunga padma merupakan salah satu flora nusantara yang menjadi identitas Indonesia.KOMPAS / ANGGER PUTRANTO Kepala Bidang Teknis dan Konservasi Taman Nasional Bukit Barisan Selatan Muniful Hamid memeriksa kondisi bunga padma atau yang dikenal dengan sebutan Rafflesia arnoldii, Minggu (31/1). *** Local Caption *** Kepala Bidang Teknis dan Konservasi Taman Nasional Bukit Barisan Selatan Muniful Hamid memeriksa kondisi bunga padma atau yang biasa dikenal dengan sebutan raflesia arnoldi di Pal 50 Taman Nasional Bukit Barisan Selatan, Minggu (31/1). Bunga padma merupakan salah satu flora nusantara yang menjadi identitas Indonesia.

6. Taman Nasional Bukit Barisan Selatan (TNBBS)

Taman Nasional Bukit Barisan Selatan membentang dari ujung selatan Provinsi Bengkulu sampai ujung selatan Provinsi Lampung. Rafflesia arnoldii termasuk yang sempat tumbuh beberapa kali di taman nasional ini.

Beberapa tempat di Jawa Barat juga merupakan habitat tumbuhnya Rafflesia ini. Namun, kelangsungannya tidak diketahui, atau pernah tumbuh tetapi hanya sesekali dan tidak dikembang biakan seperti di kebun raya.

******************

Mau merasakan liburan seru ke Pulau Bali? Kali ini liburannya gratis dan ke destinasi anti-mainstream! Selama empat hari tiga malam, seluruh biaya peserta sudah ditanggung. Termasuk tiket PP Jakarta-Bali, transportasi lokal, hotel, konsumsi, dan beragam aktivitas seru. Juga raih kesempatan memenangkan hadiah smartphone OPPO F5.

Caranya mudah, ikuti photo competition 'Unforgettable Journey'. Klik link ini.

 

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
PenulisMuhammad Irzal Adiakurnia
EditorWahyu Adityo Prodjo
Komentar

Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM