Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pantai Tempat Jokowi Cuci Muka Ternyata Lokasi Selancar Kelas Dunia

Kompas.com - 09/01/2018, 20:00 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Pantai Nemberala di Kabupaten Rote Ndao, Pulau Rote, Nusa Tenggara Timur, menjadi sorotan setelah Presiden  Joko Widodo membasuh wajahnya dengan air laut di sana. 

"Ini air laut Indonesia bagian paling selatan. Kita bisa merasakan segarnya, asinnya," ujar Presiden kepada wartawan, Selasa (9/1/2018).

(Baca juga: Bersandal Jepit, Jokowi ke Pantai Nemberala dan Basuh Wajahnya dengan Air Laut)

Pantai Nemberala merupakan salah satu destinasi wisata unggulan di Pulau Rote. Sejak lama, Pantai Nemberala dikenal pantai dengan ombak kelas dunia.

Pada 2016, Pantai Nemberala menyabet penghargaan Anugerah Pesona Indonesia sebagai juara pertama kategori tempat berselancar terpopuler.

Paul Rainbow (45), turis asal Australia, menyapu pantai Nemberala, Rote Ndao, NTT, Jumat (18/5/2013). Kegiatan ini dilakukan setiap sore hari, saat pantai itu kotor. Penduduk lokal tak peduli terhadap kebersihan pantai itu,
KOMPAS/KORNELIS KEWA AMA Paul Rainbow (45), turis asal Australia, menyapu pantai Nemberala, Rote Ndao, NTT, Jumat (18/5/2013). Kegiatan ini dilakukan setiap sore hari, saat pantai itu kotor. Penduduk lokal tak peduli terhadap kebersihan pantai itu,
Sejak lama ombak di Pantai Nemberala menjadi magnet para peselancar dunia. Posisi tersebut mengalahkan Nusa Lembongan, Bali, yang berada di peringkat kedua dan Pantai Plengkung, Banyuwangi, yang berada di peringkat ketiga.

Ombak laut di Pantai Nemberala bisa mencapai ketinggian 7 meter pada Agustus sampai Oktober. Tak heran, banyak ajang kejuaraan selancar dunia yang menjadikan Pantai Nemberala sebagai lokasi perlombaan.

(Baca juga: Jokowi Menginap Semalam di Pulau Paling Selatan di Indonesia)

Selain ombak, pasir putih Pantai Nemberala juga menjadi pesona tersendiri. Pada sore hari, tampak pemandangan senja nan indah di Pantai Nemberala. Lokasi pantai juga terkenal bersih karena banyak resor dan restoran bertaraf internasional di sekitar pantai.

Presiden Joko Widodo saat berjalan di Pantai Nemberala, Rote Ndao, NTT, Selasa (9/1/2018).Fabian Januarius Kuwado Presiden Joko Widodo saat berjalan di Pantai Nemberala, Rote Ndao, NTT, Selasa (9/1/2018).
"Pantai Nembrala berpasir putih, bersih dengan pemandangan sunset sangat indah. Selain itu, pantai ini masih agak sepi dan kita tidak diganggu para pedagang seperti di Pantai Kuta, Bali. Ombaknya juga banyak dan cukup menantang sehingga para turis yang ke Pulau Rote ini sebagian besar tujuan utamanya adalah berselancar. Pokoknya rekomendasi bangetlah!" tulis seorang wisatawan dari Jakarta, Youngainee, di situs pengulas wisata, TripAdvisor.

(Baca juga : Jokowi: Saya Presiden Pertama yang Datang ke Pulau Rote)

Pantai Nemberala dapat ditempuh 1 jam berkendara dari Bandar Udara DC Saudale, Rote. Ada banyak akomodasi, mulai dari resort taraf internasional sampai homestay di sekitar Pantai Nemberala.

******************

Mau merasakan liburan seru ke Pulau Bali? Kali ini liburannya gratis dan ke destinasi anti-mainstream! Selama empat hari tiga malam, seluruh biaya peserta sudah ditanggung. Termasuk tiket PP Jakarta-Bali, transportasi lokal, hotel, konsumsi, dan beragam aktivitas seru. Juga raih kesempatan memenangkan hadiah smartphone OPPO F5.

Caranya mudah, ikuti photo competition 'Unforgettable Journey'. Klik link ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com