Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inikah Jembatan Kaca Terpanjang di Dunia?

Kompas.com - 10/01/2018, 07:00 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

Sumber CNN Travel

KOMPAS.com - Jembatan kaca terpanjang di dunia telah dibuka di Hongayu Scenic Area, Provinsi Hebei, China pada akhir 2017. Jembatan dengan panjang 488 meter dan tinggi 218 meter dari permukaan tanah ini siap menguji keberanian para pengunjung.

"Jembatan gantung kaca Hongayu menandai era baru untuk jembatan kaca di China," kata Ketua dari Grup Hebei Baolu, perusahaan yang membuat jembatan gantung Hongayu seperti dikutip dari laman CNN Travel.

(Baca juga : China Resmikan Jembatan Kaca Terpanjang dan Tertinggi di Dunia)

Proyek konstruksi selama tiga tahun Jembatan Hongayu, mengklaim beberapa rekor dunia. Diantaranya jembatan kaca terpanjang, jembatan kaca dengan transparansi terbaik, dan jembatan gantung khusus pejalan kaki paling menakjubkan. 

Jembatan Hongayu memiliki lebar empat meter dengan 1.077 lapis panel kaca setebal empat sentimeter. Jembatan ini dapat dinaiki oleh 2.000 orang sekaligus tetapi jumlah maksimal pengunjung yang boleh berjalan bersamaan di jembatan adalah 500-600 orang.

Pengunjung tampak ngeri saat berada di jembatan kaca gantung Hongayu di China. CNN Travel Pengunjung tampak ngeri saat berada di jembatan kaca gantung Hongayu di China.
Untuk menaiki jembatan ini pengunjung harus menggunakan sarung khusus alas kaki agar kaca tidak lecet. Bagi pengunjung yang tidak sanggup melanjutkan perjalanan di tengah jembatan, ada petugas yang akan menuntun pengunjung tersebut.

China terkenal sebagai negara yang mengedepankan wisata dari struktur bangunan, seperti jembatan kaca. Sebelum Jembatan Hongayu, ada jembatan kaca di East Taihang Scenic Area.

(Baca juga : Berani Melintasi Jembatan Kaca di China Ini?)

Jembatan dengan panjang 266 meter yang berada di Provinsi Hebei ini terkenal mengerikan. Saat pengunjung berjalan di atas jembatan kaca, kacanya akan terdengar dan tampak retak dari efek tiga dimensi. Panjang jembatan tersebut

Ada juga jembatan kaca tertinggi di Zhangjiajie Grand Canyon, yang tergantung 300 meter di atas permukaan tanah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber CNN Travel
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com