Taman Satwa Taru Jurug, Destinasi Wisata Baru di Solo - Kompas.com

Taman Satwa Taru Jurug, Destinasi Wisata Baru di Solo

Muhammad Irzal Adiakurnia
Kompas.com - 10/01/2018, 11:14 WIB
Taman Satwa Taru Jurug (TSTJ) yang kini dilengkapi dengan Taman Lampion, menghiasi malam-malam di obyek wisata Solo tersebut.Dinas Pariwisata Solo Taman Satwa Taru Jurug (TSTJ) yang kini dilengkapi dengan Taman Lampion, menghiasi malam-malam di obyek wisata Solo tersebut.

JAKARTA, KOMPAS.com - Tahun 2018 ini ada destinasi wisata buatan yang unik di Solo. Taman Satwa Taru Jurug (TSTJ) yang terkenal dengan Solo Zoo kini juga ramai dikunjungi malam hari dengan ribuan lampionnya.

Taman satwa di siang hari itu, kini punya taman lampion yang menarik di malam harinya. Terdapat ribuan lampion berbagai bentuk yang menghiasi hampir seluruh bagian TSTJ.

Kepala Bidang Pemasaran Dinas Pariwisata Solo, Wahyu Kristina mengatakan wahana ini cocok untuk liburan keluarga. Hal itu, lanjutnya, TSTJ dilengkapi juga beragam wahana permainan.

"Wahana rekreasi keluarga di TSTJ juga dilengkapi dengan beragam aneka wahana permainan seru, terdapat Air Mancur Menari (Dancing Fountain) yang dimainkan setiap pukul 19.00, 20.00 dan 21.00 WIB," ujarnya saat dihubungi KompasTravel, Senin (8/1/2017).

Ribuan lampion tersebut menghiasi gerbang, sepanjang jalan-jalan, taman, hingga wahana permainan di TSTJ. Hiasan-hiasan berbentuk bunga-bunga kecil, hingga bentuk besar seperti pohon, ikan, naga, hiu, dan hewan lainnya hingga 600 lampion besar bisa terlihat.

Menurutnya, satu atraksi yang tidak boleh terlewat di sini ialah dancing fountain atau air mancur menari. Terletak di pusat taman, air mancur ini akan melakukan atraksi-atraksi yang diiringi lagu, dan sorotan lampu warna-warni.

Salah satu pertunjukan uniknya adalah ketika ketinggian air mancur mejulang tinggi hingga 30 meter selama beberapa detik. Lalu, beberapa sorotan laser bergantian menerangi, juga dimeriahkan semprotan api di sekitar air mancur tersebut.

Air mancur menari di Taman Satwa Taru Jurug (TSTJ) yang kini dilengkapi dengan Taman Lampion, menghiasi malam-malam di obyek wisata Solo tersebut.Dinas Pariwisata Solo Air mancur menari di Taman Satwa Taru Jurug (TSTJ) yang kini dilengkapi dengan Taman Lampion, menghiasi malam-malam di obyek wisata Solo tersebut.
Air mancur tersebut juga tak hanya melakukan tarian-tarian sesuai musik. Terkadang air yang menyembur juga jadi water screen sebuah video. Video tersebut mengisahkan cerita-cerita anak.

Selain itu, disediakan pula wahana permainan untuk anak-anak, di antaranya komidi putar, bom bom car dan kereta mini. Lengkap seperti layaknya pasar malam kekinian.

Taman lampion tersebut merupakan hasil kerja sama TSTJ dengan Taman Pelangi. Wahana baru ini secara keseluruhan menggunakan daya listrik sebesar 180 ribu watt. 80 ribu watt di antaranya khusus digunakan untuk dancing fountain.

Tiket masuk Taman Pelangi Rp 20.000 per orang untuk hari Senin-Jumat. Sementara, tiket masuk pada hari libur dan akhir pekan seharga Rp 25.000 per orang.

PenulisMuhammad Irzal Adiakurnia
EditorWahyu Adityo Prodjo
Komentar

Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM