Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

AirAsia Buka Rute Penerbangan Baru Manila-Jakarta

Kompas.com - 10/01/2018, 13:35 WIB
Anggita Muslimah Maulidya Prahara Senja

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com – Maskapai AirAsia membuka rute penerbangan baru dari Manila langsung ke Jakarta dengan penerbangan perdana yang dilakukan pada Selasa (9/1/2018). Rute baru ini akan melayani penerbangan satu kali setiap harinya.

“Kita (AirAsia) ingin semua negara ASEAN connect, AirAsia kan belum ada dari Filipina (langsung) ke Jakarta, harus ke Kuala Lumpur dulu. Kebetulan rute Manila-Jakarta dimulai oleh AirAsia Filipina,” kata CEO Grup AirAsia di Indonesia, Dendy Kurniawan dalam acara perayaan penerbangan perdana rute Manila - Jakarta oleh AirAsia, di Restoran Seribu Rasa, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa malam.

Ia menjelaskan, penerbangan tersebut akan ada setiap harinya dengan waktu tempuh selama kurang lebih empat jam.

Baca juga : AirAsia Rayakan 10 Tahun Penerbangan ke Gold Coast

Sehingga jadwal penerbangan dari Manila pukul 8 pagi waktu setempat dan sampai di Jakarta pukul 11.00 WIB. Kemudian pesawat akan kembali lagi dari Jakarta pukul 11.30 WIB dan tiba di Manila pukul 16.45 waktu setempat.

Sementara itu, pada 19 Januari 2018 AirAsia juga akan membuka rute penerbangan langsung dari Manila ke Denpasar.

“Keduanya ini penerbangan langsung, dan setiap harinya ada satu kali (penerbangan),” kata Dendy.

Jeepney di Kota Manila, Filipina.THINKSTOCKPHOTOS Jeepney di Kota Manila, Filipina.
Dendy mengatakan, jika potensi rute Manila-Jakarta atau pun sebaliknya bagus, maka tidak menutup kemungkinan AirAsia Indonesia membuka rute penerbangan yang sama.

“Kalau nanti potensinya bagus kita bisa tambah jadi double daily, seperti di Bandung lah. Kita lihat nanti, kalau memang akhirnya bisa jadi stimulant market dan demand-nya bagus, kenapa tidak,” kata dia.

Adapun kapasitas penumpang untuk rute Manila-Jakarta dalam satu kali perjalanan dapat menampung 180 penumpang. Sehingga kapasitas per harinya dapat mengangkut dengan total 360 penumpang.

AirAsia juga melayani beberapa rute ke Kuala Lumpur dan Kota Kinabalu di Malaysia serta Singapura dari Manila dan Cebu di Filipina.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com