5 Destinasi Wisata di Karangasem, Wajib Mampir Kalau ke Bali! - Kompas.com

5 Destinasi Wisata di Karangasem, Wajib Mampir Kalau ke Bali!

Silvita Agmasari
Kompas.com - 11/01/2018, 21:30 WIB
Wisatawan asing berada di Pura Lempuyang, Karangasem, Bali, Kamis (7/12/2017). Menteri Pariwisata Arief Yahya menyatakan pemerintah memangkas target kunjungan wisatawan mancanegara pada tahun ini dari 15 juta menjadi 14 juta wisatawan akibat erupsi Gunung Agung di Bali.ANTARA FOTO/HAFIDZ MUBARAK A Wisatawan asing berada di Pura Lempuyang, Karangasem, Bali, Kamis (7/12/2017). Menteri Pariwisata Arief Yahya menyatakan pemerintah memangkas target kunjungan wisatawan mancanegara pada tahun ini dari 15 juta menjadi 14 juta wisatawan akibat erupsi Gunung Agung di Bali.

JAKARTA, KOMPAS.com - Kabupaten Karangasem terletak di Pulau Bali bagian Timur. Belakangan Kabupaten Karangasem banyak disorot lantaran kondisi Gunung Agung.

Ada banyak tempat wisata spesial di Karangasem yang wajib dikunjungi. Ada wisata gunung, pantai, budaya, dan sejarah yang dapat dieksplor oleh wisatawan.

Inilah daftar tempat wisata di Kabupaten Karangasem, Bali di Bali bagian Timur:

1. Pura Lempuyang Luhur

Semenjak erupsi Gunung Agung, Pura Lempuyang Luhur menjadi semakin diminati. Salah satu sudut paling terkenal dari pura ini adalah gerbang pura yang tampak Gunung Agung langsung.

Jika memotret dari sudut yang benar, maka akan tampak puncak Gunung Agung yang simetris di tengah gerbang pura. Pura Lempuyang Luhur adalah salah satu situs sembahyang penting bagi umat Hindu di Bali.

Dengan demikian, wisatawan harus mematahi aturan setempat seperti dilarang berkata kotor dan berbusana dengan pantas.

2. Bukit Asah

Bukit Asah menjadi tempat yang tepat untuk melihat pemandangan laut, tebing, dan perbukitan hijau. Suasananya sangat tenang dan cenderung sepi pengunjung karena belum banyak diketahui wisatawan.

(Baca juga : Menghirup Kesegaran Bukit Asah di Timur Bali)

Menariknya lagi, di Bukit Asah wisatawan bisa melihat pemandangan matahari terbit di pagi hari dan melihat pemandangan matahari terbenam di sore hari.

Obyek Wisata Tirta Gangga di Karangasem, Bali.KOMPAS.COM/NI LUH MADE PERTIWI F Obyek Wisata Tirta Gangga di Karangasem, Bali.
3. Tirta Gangga

Wisata sejarah lain adalah Titra Gangga, taman istana air yang dibangun oleh Raja Karangasem tahun 1940an. Pada tahun 1963, Tirta Gangga hancur akibat erupsi Gunung Agung. Namun, kemudian dibangun kembali, dan sampai sekarang menjadi taman ari cantik di Karangasem.

(Baca juga : Tirta Gangga, Meniti Batu-batu di Atas Kolam)

4. Bukit Putung

Salah satu wisata yang sedang naik daun di Karangasem. Dari Bukit Putung wisatawan dapat melihat keindahan Bali Timur yang diselimuti tumbuhan hijau dan langsung mengarah ke laut.

Sesekali ada monyet yang bergelantungan di pohon dan dapat dilihat jelas. Dari Bukit Putung juga tampak jelas Pulau Nusa Penida.

Salah satu pintu masuk rumah masyarakat di Desa Tenganan, Bali, yang masih tradisional. Salah satu pintu masuk rumah masyarakat di Desa Tenganan, Bali, yang masih tradisional.
5. Desa Tenganan 

Jika ingin melihat cerminan Bali Aga atau Bali zaman kuno, berkunjunglah ke Desa Tenganan. Leluhur Tenganan dipercaya berasal dari Kerajaan Majapahit.

Sampai saat ini penduduk desa masih memegang teguh peraturan adat yang sudah ada sejak abad ke 11. Peraturan adat tersebut mengatur sistem pemerintahan, hak tanah dan hak sumber daya alam, perkawinan, pendidikan, dan upacara adat.

(Baca juga : Melihat Bali Sesungguhnya di Desa Tenganan)

Selain interaksi dengan penduduk, arsitektur rumah, juga banyak kerajinan tradisional Bali khas di desa ini. Seperti kerajinan lontar dan tenun ikat ganda gringsing yang langka di dunia.

******************

Mau merasakan liburan seru ke Pulau Bali? Kali ini liburannya gratis dan ke destinasi anti-mainstream! Selama empat hari tiga malam, seluruh biaya peserta sudah ditanggung. Termasuk tiket PP Jakarta-Bali, transportasi lokal, hotel, konsumsi, dan beragam aktivitas seru. Juga raih kesempatan memenangkan hadiah smartphone OPPO F5.

Caranya mudah, ikuti photo competition 'Unforgettable Journey'. Klik link ini.

PenulisSilvita Agmasari
EditorWahyu Adityo Prodjo
Komentar

Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM