Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Destinasi Wisata di Karangasem, Wajib Mampir Kalau ke Bali!

Kompas.com - 11/01/2018, 21:30 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kabupaten Karangasem terletak di Pulau Bali bagian Timur. Belakangan Kabupaten Karangasem banyak disorot lantaran kondisi Gunung Agung.

Ada banyak tempat wisata spesial di Karangasem yang wajib dikunjungi. Ada wisata gunung, pantai, budaya, dan sejarah yang dapat dieksplor oleh wisatawan.

Inilah daftar tempat wisata di Kabupaten Karangasem, Bali di Bali bagian Timur:

1. Pura Lempuyang Luhur

Semenjak erupsi Gunung Agung, Pura Lempuyang Luhur menjadi semakin diminati. Salah satu sudut paling terkenal dari pura ini adalah gerbang pura yang tampak Gunung Agung langsung.

Jika memotret dari sudut yang benar, maka akan tampak puncak Gunung Agung yang simetris di tengah gerbang pura. Pura Lempuyang Luhur adalah salah satu situs sembahyang penting bagi umat Hindu di Bali.

Dengan demikian, wisatawan harus mematahi aturan setempat seperti dilarang berkata kotor dan berbusana dengan pantas.

2. Bukit Asah

Bukit Asah menjadi tempat yang tepat untuk melihat pemandangan laut, tebing, dan perbukitan hijau. Suasananya sangat tenang dan cenderung sepi pengunjung karena belum banyak diketahui wisatawan.

(Baca juga : Menghirup Kesegaran Bukit Asah di Timur Bali)

Menariknya lagi, di Bukit Asah wisatawan bisa melihat pemandangan matahari terbit di pagi hari dan melihat pemandangan matahari terbenam di sore hari.

Obyek Wisata Tirta Gangga di Karangasem, Bali.KOMPAS.COM/NI LUH MADE PERTIWI F Obyek Wisata Tirta Gangga di Karangasem, Bali.
3. Tirta Gangga

Wisata sejarah lain adalah Titra Gangga, taman istana air yang dibangun oleh Raja Karangasem tahun 1940an. Pada tahun 1963, Tirta Gangga hancur akibat erupsi Gunung Agung. Namun, kemudian dibangun kembali, dan sampai sekarang menjadi taman ari cantik di Karangasem.

(Baca juga : Tirta Gangga, Meniti Batu-batu di Atas Kolam)

4. Bukit Putung

Salah satu wisata yang sedang naik daun di Karangasem. Dari Bukit Putung wisatawan dapat melihat keindahan Bali Timur yang diselimuti tumbuhan hijau dan langsung mengarah ke laut.

Sesekali ada monyet yang bergelantungan di pohon dan dapat dilihat jelas. Dari Bukit Putung juga tampak jelas Pulau Nusa Penida.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com