Akhir Pekan, Yuk Lihat Pameran Lukisan Dua Kutub di Galeri Nasional - Kompas.com

Akhir Pekan, Yuk Lihat Pameran Lukisan Dua Kutub di Galeri Nasional

Anggita Muslimah Maulidya Prahara Senja
Kompas.com - 12/01/2018, 08:00 WIB
Pengunjung sedang melihat hasil foto di pameran Dua Kutub, di Galeri Nasional Indonesia, Jakarta, Kamis (11/1/2018). KOMPAS.COM/Anggita Muslimah Pengunjung sedang melihat hasil foto di pameran Dua Kutub, di Galeri Nasional Indonesia, Jakarta, Kamis (11/1/2018).

JAKARTA, KOMPAS.com – Bingung mengisi waktu akhir pekan di Jakarta? Anda bisa datang ke pameran lukisan hasil karya seniman Masdibyo dan Gigih Wiyono dengan tajuk Dua Kutub di Galeri Nasional Indonesia. Acara tersebut dimulai 10 Januari hingga 21 Januari 2018.

Tajuk tersebut merupakan sebuah pemikiran dari kekuatan dua seniman yang memiliki latar belakang dan disiplin yang berbeda. Masdibyo yang berasal dari Tuban, Jawa Timur dan Gigih Wiyono dari Sukoharjo, Jawa Tengah.

Proses penciptaan karya pun sedikit banyaknya dipengaruhi oleh tradisi masing-masing.

“Dua Kutub hadir membawa pesan kekuatan cinta. Kami menghadirkan spirit yang membawa energi perdamaian dan kasih sayang. Tentang sesamanya, manusia dengan alam dan manusia dengan Tuhan,” kata Gigih saat ditemui di pameran Dua Kutub di Galeri Nasional Indonesia, Jakarta Pusat, Kamis (11/1/2018).

Dalam katalog Dua Kutub, Gigih menjelaskan konten lukisan yang ada pada pameran tersebut mempersoalkan kejadian yang ada di masyarakat, terutama perusakan lingkungan dan alam sekitar.

“Rusaknya mentalitas anak bangsa berupa kian banyaknya korupsi, nepotisme, juga merambah hutan, menghancurkan habitat alam sehingga menimbulkan bencana alam di mana-mana,” tulis Gigih.

Lukisan karya Gigih Wiyono berjudul Suara Rakyat dalam pameran Dua Kutub di Galeri Nasional Indonesia, Jakarta, Kamis (11/1/2018). KOMPAS.COM/Anggita Muslimah Lukisan karya Gigih Wiyono berjudul Suara Rakyat dalam pameran Dua Kutub di Galeri Nasional Indonesia, Jakarta, Kamis (11/1/2018).

Lukisan karya Gigih, dalam pameran Dua Kutub bicara tentang berkah, ibu, daun dan simbol kehidupan lainnya. Tak hanya 23 lukisan, Gigih pun memamerkan hasil karya berupa sembilan patung dalam pameran tersebut.

Sementara, Masdibyo pun memamerkan karyanya yang berkaitan dengan tradisi masyarakat, dengan menghadirkan 30 lukisan.

Beberapa lukisan memiliki judul yakni, Berdoa di Tengah Teror Jakarta, Sarinah. Lalu lukisan lainnya berjudul ‘Koruptor Dibuang ke Laut Diadili, Ikan Laut Dalam.

Jika Anda penasaran melihat cantiknya lukisan karya dua seniman tersebut, bisa mengunjungi Galeri Nasional di Jalan Medan Merdeka Timur Nomor 14, Jakarta Pusat. Dibuka mulai pukul 10.00 WIB hingga 18.00 WIB.

Berikut beberapa foto-foto karya yang bisa Anda lihat di Galeri Nasional.

Hasil karya seni lukis dan patung seniman Gigih Wiyono dalam pameran Dua Kutub, di Galeri Nasional Indonesia, Jakarta, Kamis (11/1/2018). KOMPAS.COM/Anggita Muslimah Hasil karya seni lukis dan patung seniman Gigih Wiyono dalam pameran Dua Kutub, di Galeri Nasional Indonesia, Jakarta, Kamis (11/1/2018).

Lukisan karya Masdibyo berjudul Berdoa di Tengah Teror Jakarta, Sarinah dalam pameran Dua Kutub, di Galeri Nasional Indonesia, Jakarta, Kamis (11/1/2018). KOMPAS.COM/Anggita Muslimah Lukisan karya Masdibyo berjudul Berdoa di Tengah Teror Jakarta, Sarinah dalam pameran Dua Kutub, di Galeri Nasional Indonesia, Jakarta, Kamis (11/1/2018).
Lukisan hasil karya Masdibyo dengan Judul Koruptor Dibuang ke Laut Diadili Ikan Laut Dalam dalam pameran Dua Kutub di Galeri Nasional Indonesia, Kamis (11/1/2018). KOMPAS.COM/Anggita Muslimah Lukisan hasil karya Masdibyo dengan Judul Koruptor Dibuang ke Laut Diadili Ikan Laut Dalam dalam pameran Dua Kutub di Galeri Nasional Indonesia, Kamis (11/1/2018).

 

 

 


PenulisAnggita Muslimah Maulidya Prahara Senja
EditorWahyu Adityo Prodjo
Komentar

Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM